TUJUAN DAN HIKMAH PUASA RAMADHAN


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bertemu lagi dengan saya Husnul, pada kesempatan yang baik ini saya akan membahas artikel yang berjudul Tujuan dan Hikmah Puasa Ramadhan. Puasa dilakukan dengan menahan diri dari makan dan minum dan dari segala perbuatan yang bisa membatalkan. Puasa dimulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan niat sesuai perintah dalam kitab suci umat islam Al-Qur’an.

Sumber Gambar : republika.co.id



Tujuan Puasa
Tujuan berpuasa adalah agar tercapai ketakwaan. Ibadah puasa yang dikerjakan dengan sebenarnya akan menghantarkan seseorang pada ketakwaan. Sedangkan ketakwaan adalah penghantar seseorang mendapatkan kesuksesan/keberhasilan yang hakiki. Maka tujuan inti dan utama berpuasa adalah mecapai ketakwaan. Sedangkan manfaat lain yang akan dirasakan, seperti manfaat secara fisik terhadap tubuh atau manfaat bagi kehidupan bermasyarakat, itu adalah efek tambahan yang mengikuti Allah SWT Berfirman :

أَيَّامًا مَعْدُوْدَاتٍ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيْضًا أَوْ عَلىَ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلىَ الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ وَأَنْ تَصُوْمُوا خَيْرٌلَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya :  Pada hari – hari tertentu.Barangsiapa yang sakit atau safar, maka mengganti di hari lain.Bagi orang yang mampu, maka ia membayar fidyah memberi makan orang miskin.Barang siapa   yang  dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan (membayar kelebihan), maka itulah yang baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika   kamu mengetahui. (QS.AL- BAQOROH:184).

Hikmah Puasa

Hikmah puasa itu sendiri adalah melatih manusia agar untuk sabar dalam menjalani hidup. Maksud dari sabar yang tertera dalam Al-Qur’an adalah gigih dan ulet seperti yang dimaksud dalam Surat Ali’Imran ayat 146.

وَكَأَيِّنْ مِنْ نَبِيٍّ قَاتَلَ مَعَهُ رِبِّيُوْنَ كَثِيْرٌ فَمَا وَهَنُوالِمَا أَصَابَهُمْ فِي سَبِيْلِ اللهِ وَمَا ضَعُفُواوَمَااسْتَكاَنُوا وَاللهُ يُحِبُّ الصَّابِرِيْنَ

Artinya : Dan berapa banyaknya nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlahbesar dari pengikut(Nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karenabencana yang menimpa mereka dijalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh) Allah menyukai orang-orang yang sabar.

Isi kandungan ayat diatas
Banyak sekali nabi terdahulu yang berperang bersama sejumlah besar dari sahabat-sahabatnya mereka itu tidak menjadi lemah akibat apa yang menimpa mereka berupa luka-luka dan kematian,sebab itu adalah di jalan Allah SWT mereka ,dan mereka pun tidak patah semangat dan tidak pula tunduk menyerah kepada musuh mereka. Mereka itu sanggup bersabar menghadapi apa yang menimpa mereka.Dan Allah menyukai orang-orang yang bersabar.

Diantara hikmah dan faedah saum selain untuk menjadi orang yang bertakwa adalah sebagai berikut :
1.  Pendidikan/latihan rohani,
    ·  Mendidik jiwa agar dapat menguasai diri
    ·  Mendidik nafsu agar tidak senantiasa dimanjakan dan dituruti
    ·  Mendidik jiwa untuk dapat memegang amanat dengan sebaik-          baiknya
    ·  Mendidik kesabaran dan ketabahan.

2. Perbaikan pergaulan
Orang yang berpuasa akan merasakan segala kesusahan fakir miskin yang banyak menderita kelaparan dan kekurangan. Dengan demikian akan timbul rasa suka menolong kepada orang-orang yang menderita.

3. Kesehatan
Ibadah Puasa Ramadahan akan membawa faedah bagi kesehatan rohani dan jasmani jika pelaksanaannya sesuai dengan panduan yang telah ditetapkan, jika tidak maka kasihnya tidak seberapa , malah mungkin ibadah puasa kita sia-sia saja. Allah berfirman :

يَابَنَي اَدَمَ خُذُوازِيْنَتَكُمْ عِنْدَ كُلُّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُواوَلاَتُسْرِقُوا أِنَّهُ لاَيُحِبُّ اْلمُسْرِقِيْنَ

Artinya : Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. (Al-A’Raaf 7:31)

Manfaat Puasa 

Setiap perintah dan larangan Allah tidak ada yang sia-sia. Seluruhnya memiliki hikmah dan kemaslahatan. Kemaslahatan ini tidak hanya dirasakan di dunia, tetapi juga dirasakan kelak di akhirat. Demikian pula ibadah puasa ada banyak manfaat mengerjakannya. Berikut manfaat puasa :
·   Meningkatkan kualitas (Iman)
·   Menghapus kesalahan
·   Mengendalikan syahwat
·   Memperbanyak sedekah
·   Menyempurnakan ketaatan
·   Meningkatkan rasa syukur
·   Mencegah diri dari perbuatan maksiat,

Bulan Ramadhan merupakan wadah untuk memperbaiki kualitas keimanan dan ketakwaan. Pada bulan ini dibuka pintu ampunan dan kebaikan seluas-luasnya. Dalam hadist Rasullah bersabda :
“Bila bulan Ramadhan telah dating, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup. Dan setan dibelenggu, (HR.Bukhari)

Selain ajang peningkatan iman dan takwa, puasa juga dapat menghapus dosa manusia. Rasullah SAW bersabda : “Siapa yang puasa di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan keikhlasan, maka dosanya diampuni, “(HR.Bukhari).

Kesimpulan

Melalui ibadah puasa, manusia bisa merasakan kelaparan dan rasa haus yang dirasakan oleh orang-orang miskin. Sehingga dengan perasaan tersebut mereka terdorong untuk memperbanyak sedekah. Hikmah dan manfaat puasa ini tidak hanya dirasakan didunia, tetapi juga dirasakan kelak di akhirat. Manfaat puasa meningkatkan kualitas iman, menghapus kesalahan, mengendalikan syahwat, memperbanyaksedekah,menyempurnakan ketaatan, mengingkatkan rasa syukur, dan mencegah diri dari perbuatan maksiat.”

Demikian artikel saya kali ini semoga bermanfaat bagi pembaca umumnya dan khususnya bagi penulis.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.




1 Response to "TUJUAN DAN HIKMAH PUASA RAMADHAN"

  1. dewa kemenangan hanya ada di dewalotto dengan peluang menang dan beragam jenis permainan mendorong anda supaya bisa memainkan permainan kami
    yuk silahkan kunjungin ya hnya di dewalotto :)
    ADD WA +855 888765575 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete