MANFAAT KULIT BUAH MANGGIS UNTUK KESEHATAN DAN KANDUNGAN YANG TERDAPAT DALAM KULIT BUAH MANGGIS

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Artikel Tentang Manfaat Kulit Buah Manggis untuk Kesehatan dan Kandungan yang Terdapat dalam Kulit Buah Manggis. Pembaca yang budiman. Manggis (Garcinia mangostana L) adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang di yakini berasal dari Kepulauan Nusantara. Buah Manggis tidak hanya buahnya saja yang enak dan bermanfaat, tapi kulitnya juga memiliki manfaat. 

Pembaca yang budiman. Manggis berkerabat dengan kokam, asam kandis dan asam gelugur, rempah bumbu dapur dari tradisi boga india dan Sumatera. 

Apa saja bagian-bagian dari Buah Manggis ?

Pembaca yang budiman. Manggis merupakan tumbuhan dioceus dengan tinggi tanaman mencapai 6-25 m, berdaun rapat (rimbun), duduk daun berlawanan, tangkai daun pendek, daunnya tebal serta lebar. Pohon tegak lurus dengan percabangan simetri membentuk kerucut. Semua bagian tanaman mengeluarkan eksudat getang kuning apabila dilukai (Verheij 1997;Ashari 2006; Osman dan Milan 2006).

Baca Juga : Buah Jambu Buah Biji Banyak Manfaat

Ada 3 bagian dari kulit buah :

1. Daging Buah

Pembaca yang budiman. Bunga manggis bersifat unisex dioecious (berumah dua), akan tetapi hanya bunga betina yang dijumpai, sedangkan bunga jantan tidak berkembang sempurna (rudimeter), yaitu tumbuh kecil kemudian mengering dan tidak dapat berfungsi lagi, oleh karena itu buah manggis dihasilkan tanpa penyerbukan (Mulyani 2000).



Pembaca yang budiman. Buah manggis berbentuk bulat atau elips, dengan berat bervariasi antara 75-150 g. Mempunyai 4-8 segmen dan setiap segmen mengandung satu bakal biji diselimuti oleh aril (salut biji)berwarna putih, empuk dan mengandung sari buah. Tidak semua bakal buah dalam segmen dapat berkembang menjadi biji. Umumnya 1-3 bakal biji yang berkembang menjadi biji yang berwarna coklat dengan panjang 2-2,5 cm, lebar 1,5-2 cm dan tebalnya antara 0,7-1,2 cm, berbentuk dari jaringan nuselar dan dihasilkan secara klonal karena bersifat apomiksis. 
Pembaca yang budiman. Bagian buah yang dapat dimakan (edible portion) pada manggis adalah sekitar 25-30%. Dalam 100 g daging buah terdapat air sebanyak 79.2-84.9% karbohidrat sebanyak 14.3-19,8. protein sebanyak 0.5-0.7%, lemak 0,10-0 8% dan serat sebanyak 0.3-5.1%. Buah manggis mengandung vitamin C sebanyak 1.0-66.0%. Kulit buah manggis bagian dalam kaya akan kulit pektin, kafekin, tannin dan xanthonim. 

2. Getah Kuning

Pembaca yang budiman. Daging buah manggis yang terkena getah kuning menempel ke kulit buah dan menimbulkan rasa yang pahit. Selain di daging buah, getah kuning ini juga muncul di kulit buah, yang akan mengeras seiring dengan bertambahnya umur simpan buah manggis yang telah di panen. Tipe saluran getah kuning pada bunga, buah, tangkai buah, batang dan daun manggis adalah saluran kanal yang bercabang yang terdiri dari dinding tebal dan tipis, mengandung selulosa, substansi pektat dan hemiselulosa. Saluran getah kuning pada buah dijumpai pada bagian eksokarp, mesokarp, mesokrap, endokarp, dan aril. 

3. Kulit Buah

Pembaca yang dibudiman. Tekstur atau kekerasan kulit buah bergantung pada tebalnya kulit luar, kandungan total zat padat atau kadar pati yang di kandung buah. Buah-buahan dengan kulit luar yang tebal memiliki nilai kekerasan yang lebih tinggi daripada buah dengan kulit luar yang tipis atau kulit luar menjadi satu dengan kulit tengahnya.

Pembaca yang budiman. Tekstur kulit buah bergantung pada ketegangan, ukuran, bentuk dan keterikatan sel-sel, adanya jaringan penunjangan dan susunan tanamannya. Ketegangan disebab oleh tekanan isi sel pada dinding sel, dan bergantung pada konsentrasi zat-zat osmotic aktif dalam vakuola, permeabilitas protoplasma dan elastisitas dinging sel. 

Apa Kandungan dari Kulit Buah Manggis ?

Pembaca yang budiman. Selain rasa yang manis dan penampilannya yang enak dilihat, buah Manggis juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan bahkan di beberapa negara, sudah sejak lama buah manggis ini dijadikan sebagai bahan terapi maupun obat alternatif.

Pembaca yang budiman. Dikalangan masyarakat tradisional sendiri, buah Manggis dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti sariawan, disentri,amandel,dengan kemampuan anti peradaban atau anti inflamasi yang dimilikinya.

Pembaca yang budiman. Penilitian ilmiah menyebutkan bahwa kulit buah Manggis sangat kaya anti oksidan, terutama xanthone, tanin, asam fenolat maupun antosianin. Dalam kulit buah Manggis juga mengandung air sebanyak 62,05%, lemak 0,63%,protein 0,71%, dan juga karbohidrat sebanyak 35,61%.

Apa saja zat-zat yang terkandung dalam kulit manggis ?

1. Xanthone

Pembaca yang budiman. Antioksidan yang terdapat dalam kulit buah Manggis dengan kadar yang tinggi ini memiliki sifat yang baik dan bermanfaat bagi tubuh, seperti anti peradangan, anti diabetes, anti kanker, anti bakteri , anti jamur, anti plasmodial, dan mampu meningkatkan kekebelan tubuh, hepatoproktir.

2. Tanin

Pembaca yang budiman. Tanin senyawa lain yang terkandung dalam kulit buah Manggis, memiliki aktifitas antioksidan yang mampu menghambat enzim seperti DNA topoisomerase,anti diare,hemostatik, anti hemoroid dan juga menghambat pertumbuhan tumor.

3. Anti - Inflamasi (Peradangan)

Pembaca yang budiman. Kulit buah Manggis memiliki kemampuan sebagai anti-inflamasi (anti peradangan). Untuk membuktikan hal itu, penelitian yang dilakukan adalah dengan memakai mangostin dari ekstrak etanol 40% yang memiliki aktifitas penghambatan terhadap pelepasan nistamin dan sintesis prostagladin E2 sebagai perantara inflamasi. Pembaca yang budiman. Kandungan ekstrak etanol dalam kulit Manggis mampu meredam radikal bebas secara kuat.

4. Anti Kanker

Pembaca yang budiman. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kandungan xanthone dalam kulit buah manggis mampu berperan sebagai senyawa anti kanker. Kulit buah Manggis memiliki sifat antiproliferasi untuk bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, selain juga mampu menghancurkan sel kanker.

Kesimpulan

Pembaca yang budiman. Kulit buah manggis dapat mencegah berbagai penyakit, seperti kerapuhan tulang, mencegah penyakit alzheimer dan mencegah penyakit kanker dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit pula seperti kanker hati dan mengobati tekanan darah tinggi.

Demikian Artikel Tentang Manfaat Kulit Buah Manggis Untuk Kesehatan dan Kandungan yang terdapat dalam kulit buah manggis.
Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.


1 Response to "MANFAAT KULIT BUAH MANGGIS UNTUK KESEHATAN DAN KANDUNGAN YANG TERDAPAT DALAM KULIT BUAH MANGGIS"


  1. Suntuk tidak tau mau kemana yuk segera bermain bersama dan menangkan peluang hadiah hanya di DEWALOTTO segera buktikan sendiri ya all...
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete