KURMA MAKANAN IDEAL MEMBERIKAN BERBAGAI NUTRISI PENTING BAGI TUBUH

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan menjelaskan Artikel Tentang Kurma Makanan Ideal Memberikan Berbagai Nutrisi Penting Bagi Tubuh. Pembaca yang budiman. Kita tahu buah kurma adalah buah yang dikonsumsi oleh masyarakat timur tengah. Buah kurma tumbuh di daerah kering di arab. Buah kurma mempunyai banyak manfaat untuk tubuh karena terdiri dari protein, serat dan elemen termasuk boron, kobalt, tembaga, fluor,magnesium,mangan,selenium, oleh sebab itu saya mengambil judul artikel saya Kurma Makanan Ideal Memberikan Berbagai Nutrisi Penting Bagi Tubuh. 

Pembaca yang budiman. Kurma adalah salah satu buah yang cukup istimewa di hadapan umat islam. Bentuk pohon kurma itu berukuran sedang dan mempunyai ukuran ketinggian berkisar antara 15-25 meter. Pembaca yang budiman. Buah kurma berbentuk lonjong. Buah kurma pada umumnya mempunyai panjang sekitar 3-7 meter dengan dan berdiameter 1-3 cm. Kalau masih muda, buah kurma biasanya berwarna merah cerah agak kekuning-kuningan, tergantung jenis kurmanya. 


Apa Pengertian Buah Kurma ?

Pembaca yang budiman. Kurma, (Arab : تمر Tamr; nama latin Phoenix dactylifera) adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Walaupun tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan. Pembaca yang budiman. Tanaman buah kurma kemungkinan berasal dari tanah sekitar Teluk Persia (Iran). Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. 




Pembaca yang budiman. Daun kurma memiliki panjang sekitar 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk muda ; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m. 

Apa Saja Jenis-Jenis Buah Kurma ?

Pembaca yang budiman. Kurma ini hanya tumbuh di tanah Madinah (Saudi Arabia) dan inilah kurma pavorit Nabi Muhammad SAW. Warnanya hitam, tekstur lembut, tidak manis dan cita rasanya hampir mirip seperti kismis. 

Pembaca yang budiman berikut jenis-jenis buah kurma : 

1. Kurma Sekki

Kurma Sekki ini mempunyai dua warna. Bagian atasnya berwarna kuning-kuningan dan bagian bawahnya berwarna kecoklatan. Bagian berwarna kuning lebih keras sedikit dibandingkan coklat yang lebih empuk dan kenyal. Rasanya tidak terlalu manis dan tidak tawar. 

2. Kurma Barhi

Kurma barhi yang bertekstur lembut seperti durian ini berwarna coklat merah. Rasa manis sedang-sedang saja dan ada sedikit rasa caramel.

3. Kurma Kholas

Kurma kholas berwarna coklat terang keemasan dan mirip seperti kurma barhi. Teksturnya empuk dan hanya ada citarasa coffe caramel. Kemanisannya juga di kadar yang sedang.

4. Kurma Khidri

Kurma khidri berwarna merah maron gelap. Teksturnya lebih kering dan kenyal dan tidak terlalu manis.

5. Kurma Mactoumi

Kurma mactoumi berwarna sedikit kemerahan. Permukaannya agak keripuk dan kenyal tetapi rasanya manis.

6. Kurma Sukari

Kurma sokari berwarna kuning kecoklatan. Tekstur kenyal lembut tetapi ada juga jenis yang keras. Ia yang kelihatan sedikit kering dan manis ini paling disukai di Arab Saudi.

7. Kurma Siraj

Kurma siraj berwarna kecoklatan kemerahan yang bentuk lonjong. Tekstur lembut dan rasa manis sedang.

8. Kurma Majol

Kurma majol berwarna coklat. Rasanya sangat manis dan kenyal dan mudah merekah. Ia juga mudah didapatkan dengan harga yang tidak terlalu mahal.

9. Kurma Monief

Kurma monief berwarna coklat terang, ukurannya tidak begitu besar, rasanya manis sedang dan memiliki tekstur yang lembut. 


Apa Saja Nutrisi Penting Bagi Tubuh ?

Pembaca yang budiman. Allah SWT telah melebihkan kurma dari buah-buahan yang lain. Allah menyebutkannya dalam Al-Qur'an dalam 20 tempat yang berbeda dengan memakai lafaz pohon kurma;an Nakhl an-Nakhiil dan an-Nakhlah. Kurma mendapat tempat istimewa dalam Al-Qur'an dan sebenar-benarnya perkataan adalah Kalamullah (Al-Qur'an Al-Karim). Allah telah menetapkan bahwasannya pohon kurma ada di bumi, kemudian Allah mengutamakannya dengan menyebutkan ciri-ciri pohon dan buah ini :

ِفِيْهَا فَاكِهَةَ وَالنَّحْلُ ذَاتُ اْلاَكمَام

"Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang memiliki kelopak mayang. " (Q.S. Ar-Rahman :11).

Pembaca yang budiman. Kurma sangat dianjurkan bagi perampuan yang hamil dan yang akan segera melahirkan. Bahkan Allah memerintahkan Maryam binti Imran untuk memakan buah kurma ini ketika ia sedang nifas. 

Pembaca yang budiman. Kurma mengandung hormon bitosin yang membantu gerak peristalik dalam jaringan darah dan rahim. Dalam kurma juga terdapat serat makanan, zat besi dan hidrat arang, niasin, dan mineral kalsium. Kurma juga mengurangi tekanan darah. Kurma sungguh bermanfaat bagi wanita hamil dan ibu-ibu yang menyusui secara alami. 

Pembaca yang budiman. Daging buah kurma meningkatkan kesehatan janin di dalam perut ibu, mencegah ibu dari rasa lemah, dan memperbanyak air susu bergizi tinggi. Kurma mengandung 2.2 % protein, juga berisi banyak jenis vitamin A,B1, dan B2. Protein-protein ini melindungi tubuh dari serangan penyakit dan infeksi, menunjang sel-sel tubuh memperbaharui diri, dan menyeimbangkan cairan-cairan tubuh. 

Pembaca yang budiman. Kurma juga mengandung banyak mineral yang esensial bagi tubuh (seperti potassium, sodium,kalsium,besi,mangan, dan tembaga). Kurma tidak mengandung kolestrol, tapi mengandung lemak. Daging buah kurma secara khusus bermanfaat bagi mereka yang hidup dalam kawasan di mana kebun-kebun pepohonan ini tumbuh merata. Protein dan gula dari buah kurma merupakan sumber gizi yang paling utama bagi penduduk gurun pasir. 

Kesimpulan

Kurma adalah salah satu buah yang cukup istimewa di hadapan umat islam. Bentuk pohon kurma itu berukuran sedang dan mempunyai ukuran ketinggian berkisar antara 15-25 meter. Pembaca yang budiman. Buah kurma berbentuk lonjong. Buah kurma pada umumnya mempunyai panjang sekitar 3-7 meter dengan dan berdiameter 1-3 cm. Kalau masih muda, buah kurma biasanya berwarna merah cerah agak kekuning-kuningan, tergantung jenis kurmanya. 

Daging buah kurma meningkatkan kesehatan janin di dalam perut ibu, mencegah ibu dari rasa lemah, dan memperbanyak air susu bergizi tinggi. Kurma mengandung 2.2 % protein, juga berisi banyak jenis vitamin A,B1, dan B2. Protein-protein ini melindungi tubuh dari serangan penyakit dan infeksi, menunjang sel-sel tubuh memperbaharui diri, dan menyeimbangkan cairan-cairan tubuh. 

Demikian Artikel Tentang Kurma Makanan Ideal Memberikan Berbagai Nutrisi Penting Bagi Tubuh
Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.



1 Response to "KURMA MAKANAN IDEAL MEMBERIKAN BERBAGAI NUTRISI PENTING BAGI TUBUH"

  1. Kini DEWALOTTO hadir lebih lengkap lohh dengan beragam permainan seperti :
    TOGEL, BOLA, POKER, SLOT GAMES, SABUNG AYAM, TEMBAK IKAN, BATU GONCANG dll
    kami sajikan untuk anda semua dan proses cepat yang kami tawarkan untuk melayanin anda 24 jam penuh
    silahkan yukk bergabung dengan kami hanya dengan modal 20rb saja
    anda bisa memenangkan uang puluhan bahkan ratusan juta rupiah dengan nyata lohh
    silahkan di coba peruntungan anda bersama kami pendaftaran gratis modal 20ribu saja yukk di add WA : +855 69312579
    link daftar : http:// www.dewalotto.club

    ReplyDelete