MANFAAT BENGKUANG DAN CARA PENGGUNAAN BENGKUANG UNTUK MENYEMBUHKAN PENYAKIT

Assalamu'alaikum Wr.Wb. 

Bertemu lagi dengan Saya Husnul .Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan Artikel Tentang Manfaat Bengkuang dan Cara Penggunaan Bengkuang untuk Menyembuhkan Penyakit. Pembaca yang budiman. Indonesia sebagai zamrud khatulistiwa memiliki beragam jenis tumbuhan. Nenek moyang bangsa kita telah pandai memanfaatkan potensi alam ini sejak ratusan tahun yang lalu. Banyak manfaat dalam bengkuang menunjukan bahwa bengkuang tidak hanya enak dinikmati sebagai bahan pangan. tetapi juga bermanfaat sebagai obat.

Baca Juga : 9 Manfaat Asam Jawa untuk Tubuh Manusia

Bagaimana sejarah Bengkuang ?

Pembaca yang budiman. Tanaman bengkuang berasal dari daerah Amerika Tengah dan Selatan, khususnya daerah Meksiko. Pembaca yang budiman. Awalnya tanaman bengkuang dianggap sebagai obat - obatan oleh suku Aztec, terutama karena manfaatnya bijinya. Oleh bangsa Spanyol bengkuang disebarkan ke daerah Filipina. Kedatangan bangsa Spanyol ke Asia pada abad ke-17 tersebut mempunyai andil besar dalam menyebarkan tanaman bengkuang, hingga ke seluruh negara Asia dan Pasifik. 

Pembaca yang budiman. Tanaman bengkuang masuk ke Indonesia dari Manila melalui Ambon. Berawal dari Ambon, bengkuang kemudian dibudidayakan di seluruh pelosok negeri ini. Pembaca yang budiman. Sentra produksi bengkuang saat ini adalah Jawa, Madura, dan di beberapa daerah lain, terutama di dataran rendah.

Baca Juga : Manfaat dan Khasiat Buah Atap (Kolang-Kaling) untuk Kesehatan Tubuh dan Kandungan Buah Atap (Kolang-Kaling)

Pembaca yang budiman. Dengan kondisi berbagai iklim, khususnya tropis basah, bengkuang dapat beradaptasi dan tumbuh dengan baik. Keberadaan tanaman bengkuang yang dapat memfiksasi nitrogen membuat suplai nitrogen bagi tanaman lada tercukupi, sehingga tidak perlu penanaman unsur nitrogen dari luar (berupa pupuk urea).


 Sumber Gambar : Fimela.com

Pembaca yang budiman. Dalam kehidupan sehari-hari yang disebut bengkuang adalah umbi (Cormus) dari tanaman bengkuang (Pachyrrhizus). Bengkuang biasanya dikonsumsi dalam bentuk segar utuh atau sebagai bagian dari rujak, asinan, manisan, salad, koktail atau jus. 

Bagaimana Penggunaan Bengkuang untuk menyembuhkan Penyakit ?

Pembaca yang budiman. Menurut literatur yang mencatat pengalaman secara turun temurun dari berbagai Negara dan daerah, Bengkuang dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

1. Obat Wasir

Pembaca yang budiman. Wasir terjadi karena gangguan aliran darah di sekitar dubur sehingga pembuluh darah melebar dan membengkak. Tidak semua penderita wasir memerlukan pengobatan medis, yakni mereka yang mengeluh pendarahan, adanya tonjolan dan gatal-gatal. Dengan bengkuang dapat membantu mengatasi wasir karena kandungan serat. Karena salah satu fungsi serat yaitu membantu memperlancar saluran pencernaan dan pengeluran feses sehingga tidak sulit dan tidak menimbulkan rasa sakit serta mengurangi penekanan ketika mengelurkannya.


2. Mengobati Demam 

Pembaca yang budiman. Demam terjadi karena adanya suatu mekanisme pertahanan tubuh (respon imun) terhadap zat asing (bibit penyakit yang telah dilemahkan) yang masuk ke dalam tubuh. Pembaca yang budiman. Adanya benda asing tersebut akan merangsang sistem pertahanan tubuh, sehingga akan merangsang aktivitas sel imunitas (sel makrofag dan limfosit T) untuk mengurangi zat asing tersebut dengan meningkatkan proteolisis yang menghasilkan asam amino yang berperan untuk pembentukan anti bodi atau sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh menjadi resisten dan kuat menghadapi bibit penyakit. Namun efek sampingnya tubuh secara otomatis akan mengeluarkan pirogen (zat penyebab demam).  Bengkuang yang mempunyai sifat kimiawi yang berkhasiat mendinginkan dapat digunakan untuk menurunkan demam. Umbi bengkuang dapat dimakan secara langsung maupun dibuat dalam bentuk jus yang diminum pagi dan sore.

3. Mengobati Diabetes Mellitus 

Pembaca yang budiman. Diabetes melitus atau yang sering dikenal dengan nama kencing manis merupakan penyakit yang tidak pandang bulu. Semua kalangan dapat mengidap penyakit ini, baik kaya maupun miskin, remaja muda maupun orang tua. Pembaca yang budiman. Gaya hidup terutama pola makan yang beralih ke makanan yang serba instan dan praktis dapat memicu terjadinya dibetes melitus. 

Pembaca yang budiman. Selain perubahan gaya hidup dan pola makan, faktor genetik juga berperan terhadap timbulnya penyakit kencing manis atau Diabetes. Pembaca yang budiman Melitus merupakan penyakit yang bersifat kronis (menahun) yang terjadi akibat kekurangan insulin absolut atau relatif. 

Pembaca yang budiman. Tandanya dengan meningkatnya konsentrasi glukosa di dalam darah. Selain itu juga mempengaruhi metabolisme protein dan lemak di dalam tubuh. Penyakit Diabetes tidak dapat disembuhkan tetapi dapat dikendalikan. 

Pembaca yang budiman. Dengan mengonsumsi bengkuang dapat mempertahankan kenormalan kadar gula dalam darah. Serat makanan yang terdapat dalam bengkuang berperan dalam menurunkan kadar gula dalam darah karena diserap secara perlahan dan tidak semuanya diubah menjadi glukosa. Dengan demikian serat pada bengkuang dapat mengendalikan gula darah para penderita Diabetes. 

4. Mengobati Sariawan

Pembaca yang budiman. Sariawan merupakan gejala erosi pada kulit mulut, yakni dinding dalam pipi atau lidah. Penyebabnya adalah kekurangan vitamin C, alergi atau penurunan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C dalam bengkuang yang bertindak sebagai antioksidan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penderita sariawan. 

5. Efek Menopause (Sebagai fitoestrogen Alami) 

Pembaca yang budiman. Bagi kaum wanita, kehadiran fitoestrogen sangat diperlukan untuk mempertahankan kualitas hidup diusia tua. Ketika seorang wanita memasuki masa menopause dimana hormon estrogen tidak lagi berproduksi tubuh atau hanya diproduksi dalam jumlah yang relatif kecil, sehingga ada kecendrungan wanita mengalami kemunduran fisik, diantaranya kulit lebih cepat mengeriput serta organ tulang mulai rapuh dan mudah patah. Oleh karena itu makanan yang mengandung fitoestrogen harus diusahan tersaji dalam menu hidangan setiap hari. 

Pembaca yang budiman. Bengkuang mengandung fitoestrogen baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang sudah memasuki masa menopause agar keluhan yang terjadi pada masa menopause dapat dihindarkan dan akan menjadi wanita yang semakin tua semakin segar dan lebih menarik. 

6. Menurunkan Kolestrol 

Pembaca yang budiman. Kandungan air dan serat dalam bengkuang dapat membantu menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Selain serat dan kadar air yang tinggi, kandungan vitamin C  dalam bengkuang yang berfungsi sebagai antioksidan juga dapat membantu dalam proses penurunan kadar kolestrol dalam darah. 

7. Mengobati Gangguan Asam Lambung

Pembaca yang budiman. Gangguan asam lambung merupakan salah satu penyakit yang terjadi karena pola hidup dan pola makan yang berubah. Gangguan ini biasanya banyak terjadi pada mereka yang sibuk bekerja sehingga seringkali melalaikan waktu makan. 

Pembaca yang budiman. Ahli naturopati menyarankan untuk mengkonsumsi bengkuang segar yang dimakan dalam bentuk biasa tanpa sambal atau garam. Karena sifat umbinya yang dingin serta sifat alkali bengkuang yang cepat menyerap asam lambung yang berlebih. 

8. Mengobati Penyakit Biri-Biri

Pembaca yang budiman. Penyakit Biri-Biri akibat kekurangan vitamin B1 (Thiamin). Caranya yaitu dengan mengupas bengkuang, lalu cuci bersih kemudian diparut atau di jus dengan menggunakan jus ekstraktor. Sebaiknya diminum pada waktu pagi hari atau siang hari setelah makan. 

9. Dapat Menjaga Kekebalan Tubuh

Pembaca yang budiman. Bengkuang merupakan salah satu jenis bahan pangan yang memegang peranan penting dalam menjaga dan meningkatkan kekebelan tubuh. Kandungan vitamin C dan beberapa phytonutrien yang terdapat dalam bengkuang dapat membuat sistem kekbelan tubuh terjaga. sehingga terhindar dari berbagai serangan penyakit.


Kesimpulan 

Pembaca yang budiman. Bengkuang tidak hanya berkhasiat untuk mempercantik diri, tetapi juga dapat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti mengatasi penyakit kulit, diabetes, demam, eksim, sariawan, dan wasir serta mampu menjaga kekebelan tubuh. 

Demikian Artikel Tentang Manfaat Bengkuang dan Cara Penggunaan Bengkuang untuk Menyembuhkan Penyakit.
Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb. 

0 Response to "MANFAAT BENGKUANG DAN CARA PENGGUNAAN BENGKUANG UNTUK MENYEMBUHKAN PENYAKIT"

Post a Comment