DAMPAK POSITIF GAME ONLINE BAGI ANAK

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan menjelaskan Artikel Tentang Dampak Positif Game Online Bagi Anak. Pembaca yang budiman. Game online pada awal kemunculannya hanya bisa di mainkan 2 orang kini dengan semakin pesat perkembangan internet dan jaringan game online sudah bisa di mainkan 100 orang secara bersama-sama. Game online sekarang ini tidak hanya di mainkan oleh anak-anak tetapi juga game online sudah di mainkan oleh orang dewasa tidak hanya untuk menghilangkan jenuh semata game oleh orang dewasa sudah di jadikan sebagai mata pencaharian. Pembaca yang budiman pada kesempatan kali yang akan saya bahas adalah dampak positif game online bagi anak. Tujuannya agar kita bisa mempunyai batasan terhadap anak-anak dalam bermain game online.


Bagaimana Sejarah Perkembangan Game Online ? 

Pembaca yang budiman. Perkembangan game online sekarang ini tidak lepas dari perkembangan komputer dan jaringan komputer. Jika dulu kita bermain game online dengan skala kecil sampai menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang. Perkembangan game online saat ini tidaklah sama seperti ketika game online diperkenalkan untuk pertama kalinya. Pada saat muncul pertama kalinya tahun 1960, komputer hanya bisa dipakai untuk 2 orang saja untuk bermain game. Lalu munculah komputer dengan kemampuan Time- Sharing sehingga pemain yang bisa memainkan game tersebut bisa lebih banyak dan tidak harus berada di satu ruangan yang sama. 

Baca Juga :
Apa Pengertian Game Online ?

Pembaca yang budiman. Game online berasal dari dua kata, yaitu game dan online. Game adalah permainan dan online adalah terhubungan dengan internet. Jadi game online adalah game yang terhubung dengan koneksi internet atau LAN sehingga permainanya dapat terhubung dengan pemain lainnya yang memainkan permainan yang sama. 
Apa Dampak Positif Game Online ?

1. Penggunaan Bahasa Inggris 
Pembaca yang budiman. Permainan yang cukup popular di kalangan anak-anak adalah Game Online dan Game Konsol. Permainan ini biasanya dibuat oleh perusahaan luar negeri yang menggunakan Bahasa Inggris. Saat memainkannya, anak secara tak langsung diharuskan untuk menguasai Bahasa Inggris agar bisa menyelesaikan tantangannya. Ini adalah cara yang menyenangkan bagi anak untuk belajar bahasa, karena tidak membebani mereka untuk duduk diam dan belajar. 

2. Melatih Logika 

Pembaca yang budiman. Game bergendre strategi. Saat bermain. anak-anak harus menggunakan berbagai strategi untuk memenangkan game tersebut. Permainan bisa membantu melatih penggunaan logika, menganalisas, dan memecahkan masalah yang dihadapi. 

3. Melatih Kemampuan Spasial

Pembaca yang budiman. Melalui permainan, kemampuan spasial anak yang berhubungan dengan kecerdasan gambar dan visualisasi akan terasah atau terlatih. Kemampuan ini akan berpengaruh dengan kemampuan berhitung anak-anak. Selain itu, permainan juga akan membantu penggunaan motorik halus anak. 

4. Pengenalan Teknologi

Pembaca yang budiman. Game online dan Game Konsol secara tak langsung akan mengajarkan anak untuk lebih memahami teknologi informasi yang sedang berkembang sekarang ini.

5. Kemampuan Membaca

Pembaca yang budiman. Bagi anak yang belum lancar membaca, Game Konsol bisa jadi alat bantu yang tepat untuk membantu anak belajar membaca. Beberapa game ada yang bersifat edukasi dan bisa membantu anak untuk belajar dengan cara yang lebih asyik. Selain itu, saat bermain anak juga diharuskan membaca setiap perintah yang diberikan oleh tokoh game dan narrator game. Maka, secara tak langsung anak bisa belajar membaca dan mengeja secara signifikan. 

6. Stimulasi Otak

Pembaca yang budiman. Para pemain bisa membuat permainan sendiri sesuai dengan yang diinginkannya. Hal ini akan membantu stimulasi otak dan proses berpikir untuk menciptakan skenario yang panjang dan rumit sebagai bagian dari pengembangan kreativitas mereka.

7. Mengembangkan Imajinasi

Pembaca yang budiman. Permainan bisa membantu anak untuk mengembangkan imajinasi mereka. Anak bisa menggunakan imajinasi ini untuk menyeimbangkan berbagai kejadian game dan diaplikasikan di dunia nyata.

8. Belajar Ekonomi

Pembaca yang budiman. Banyak game yang mengajarkan anak nilai-nilai ekonomi, misalkan permainan berbelanja, mengatur restoran, dan lain-lain. Permainan ini mengajarkan nilai uang dengan cara mendapatkan uang dan menukarkannya dengan objek atau barang yang bisa memfasilitasi dalam bermain game tersebut.

9. Meningkatkan Interaksi Keluarga

Pembaca yang budiman. Game tidak hanya bisa dimainkan oleh anak, tapi juga orang tua. Tak ada salahnya untuk sesekali bergabung dengan anak untuk bermain bersama. Kebersamaan saat bersenang-senang ini akan meningkatkan keakraban dan interaksi dalam keluarga. 

Demikian Artikel Tentang Dampak Positif  Game Online Bagi Anak

Semoga bermanfaat bagi pembaca dan penulis khususnya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.


1 Response to "DAMPAK POSITIF GAME ONLINE BAGI ANAK"

  1. Silahkan bermain Tebak ANGKA bersama kami di DEWALOTTO kami juga menyediakan permainan SBOBET, IBCBET dan SABUNG AYAM
    langsung daftar dan bermain minimal depo hanya 20 rb saja silahkan ADD WA +85569312579 Terima Kasih admin...:)

    ReplyDelete