MANFAAT BUAH KESEMEK DAN EFEK SAMPING BUAH KESEMEK

Assalamu'alaikum Wr.Wb. 

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan menjelaskan Artikel Tentang Manfaat Buah Kesemek dan Efek Samping Buah Kesemek. Pembaca yang budiman. Asal muasal buah kesemek berasal dari China dan menyebar luas kejepang pada zaman purba dan dibudidayakan di negara Jepang. Pada masa kolonial buah kesemek di bawa ke eropa selatan dan Amerika serikat (kalifornia). 

Baca Juga : 


Apa Pengertian Buah Kesemek ?

Pembaca yang budiman. Buah kesemek bermarga Diospyros buah ini termasuk jenis buah-buahan. Buah kesemek mempunyai nama ilmiah Diospyros kaki. Buah kesemek ini mempunyai banyak sebutan  buah kaki,oriental persimmon, dan apel Jawa. Buah ini banyak tumbuh di daerah pulau jawa. 



Pembaca yang budiman buah kesemek mempunyai ciri kalau buah itu masih muda berwarna hijau muda, dan berwarna oranye saat sudah matang. Buah kesemek mengandung zat tanin yang berpengaruh pada rasa sepat pada saat muda namun ketika akan matang rasa sepat itu menjadi hilang seiring dengan berkurangnya pengaruh zat tanin tersebut dan mempunyai rasa manis saat matang. 

Apa Saja Kandungan Gizi Pada Buah Kesemek ? 

Kalori (kcal) 126, Jumlah Lemak,0,4 g, Kolestrol 0 mg, Natrium 1 mg, Kalium 310 mg,Jumlah karbohidrat 34 mg, protein,0,8 g,Vitamin A 0%, Kalsium 27 mg, Vitamin D 0%, Vitamin B12 0 mg, Vitamin C 66 mg, Zat besi 2,5 mg,Vitamin B6 0%, Magnesium 0%. 


Apa Saja Manfaat Buah Kesemek ?

1. Menambah Stamina 

Pembaca yang budiman. Keadaan tubuh yang mudah loyo dan tidak bertenaga anda tidak usah kwatir anda konsumsi saja buah kesemek entah di konsumsi langsung atau anda olah menjadi jus. Buah kesemek mengandung Vitamin B yang bermanfaat sebagai sumber energi yang baik bagi tubuh dan untuk meningkatkan metabolisme tubuh. 

2. Merawat Fungsi Hati

Pembaca yang budiman. Organ vital yang penting dalam tubuh adalah fungsi hati untuk itu harus dijaga. Cara menjaga fungsi hati adalah dengan rutin mengonsumsi buah kesemek karena buah kesemek mengandung antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas. 

3. Mencegah Penyakit Menular 

Pembaca yang budiman. Buah kesemek mengandunga zat anti inflamasi seperti polifenol,fitokimia, dan katekin yang bermanfaat menjaga tubuh dari serangan penyakit menular. 

4. Menurunkan Retensi Air 

Pembaca yang budiman. Buah kesemek mempunyai efek diuretik yang bermanfaat menurunkan dan menghilangkan retensi air dan menambah volume urin yang kelura dari ginjal. Manfaat berikutnya dari buah kesemek adalah mencegah terbuang nya mineral esensial saat proses buang air kecil. 

5. Mengobati Diabetes 

Pembaca yang budiman. Buah kesemek bermanfaat untuk mengontrol gula darah di dalam tubuh. Bagi penderita Diabetes buah kesemek mampu memberikan efek kenyang lebih lama karena serat yang terkandung dalam buah kesemek. Manfaat memberikan efek kenyang lebih lama berlaku untuk penderita Diabetes tipe2  karena sering merasakan lapar. 

6. Mengatasai Cegukan

Pembaca yang budiman. Buah kesemek mampu menghilangkan cegukan. Cegukan terjadi karena kontraksi diafragma. Para ahli di tiongkok percaya bahwa buah kesemek mampu menghilangkan cegukan. 

7. Mengatasi Stres

Pembaca yang budiman. Pekerjaan yang banyak tidak bisa kita pungkiri adalah penyebab seseorang menjadi stres, untuk mengatasi hal tersebut anda coba mengonsumsi buah kesemek karena dalam buah kesemek terdapat kandungan gula dan potassium yang bermanfaat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, menjadi seseorang bertenaga dan tidak mudah lelah karena keduanya adalah pemicu perasaan stres. 

8. Membuat Awet Muda 

Pembaca yang budiman. Buah kesemek mampu membuat kulit awet muda, karena terkandung vitamin C dan beta karoten pada buah kesemek yang membantu kekencangan kulit sehingga lembut dan bercahaya. 

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Pembaca yang budiman. Penyakit jantung adalah penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi manusia karena penyakit ini sangat mematikan. Mari kita jaga kesehatan jantung kita agar tidak terkena penyakit jantung caranya adalah dengan mengonsumsi buah kesemek karena kandungan zat antioksidan yang berfungsi untuk detoksifikasi racun ditambah serat yang berguna untuk memperlancar aliran darah ke area organ jantung. 

10. Mencegah Stroke 

Pembaca yang budiman. Bila aliran darah tidak lancar ke otak akan memicu penyakit stroke. Agar anda tidak terkena penyakit stroke anda segera mengonsumsi buah kesemek karena buah kesemek dipercaya dapat mencegah resiko penyakit stroke 50%. 

Apa Efek Samping Buah Kesemek ?

Pembaca yang budiman. Buah kesemek disamping mempunyai banyak manfaat buah kesemek juga memiliki efek samping yang harus kita waspadi berikut efek samping buah kesemek.

1. Kandungan Tanin yang Tinggi

Buah kesemek mengandung polifenol yang memberikan efek rasa pahit, sepat juga kelat. Zat ini dapat membuat darah menjadi menggumpal dalam tubuh. akibatnya nutrisi dalam tubuh kita berubah menjadi racun untuk tubuh. Kandungan ini ada pada buah kesemek yang belum matang maka hindarilah memakan buah kesemek yang mentah. 

2. Diare

Pembaca yang budiman. Buah kesemek walaupun baik untuk pencernaan akan tetapi mengonsumsi buah kesemek dalam keadaan perut kosong akan mengakibatkan diara. Maka anda harus pastikan sebelum makan buah kesemek perut anda harus sudah di isi nasi. 

3. Gula 

Pembaca yang budiman. Buah kesemek yang matang memiliki kandungan gula yang tinggi. Maka untuk penderita diabetes harus membatasi memakan buah kesemek karena dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah atau gula darah tinggi. 

4. Tekanan Darah Turun

Pembaca yang budiman. Mengonsumsi buah kesemek memang akan menurunkan tekanan darah secara signifikan hal ini memang baik untuk penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, tetapi jika kita berlebihan mengonsumsi buah kesemek akan mengakibatkan resiko hipotensi yang tentu saja akan membahayakan bagi kesehatan, terutama pada tekanan darah. 

Kesimpulan

Buah kesemek bermarga Diospyros buah ini termasuk jenis buah-buahan. Buah kesemek mempunyai nama ilmiah Diospyros kaki. Buah kesemek ini mempunyai banyak sebutan  buah kaki,oriental persimmon, dan apel Jawa. Buah ini banyak tumbuh di daerah pulau jawa. 

Manfaat Buah Kesemek 

1. Menambah Stamina 
2. Merawat Fungsi Hati
3. Mencegah Penyakit Menular 
4. Menurunkan Retensi Air 
5. Mengobati Diabetes 
6. Mengatasai Cegukan
7. Mengatasi Stres
8. Membuat Awet Muda 
9. Menjaga Kesehatan Jantung
10. Mencegah Stroke

Efek Samping Buah Kesemek 

Pembaca yang budiman. Buah kesemek disamping mempunyai banyak manfaat buah kesemek juga memiliki efek samping yang harus kita waspadi berikut efek samping buah kesemek.

1. Kandungan Tanin yang Tinggi
2. Diare
3. Gula 
4. Tekanan Darah Turun

Demikian Artikel Tentang Manfaat Buah Kesemek dan Efek Samping Buah Kesemek 

Semoga bermanfaat bagi pembaca dan khususnya bagi penulis. 

Wassalamu'alaikum Wr.Wb. 







1 Response to "MANFAAT BUAH KESEMEK DAN EFEK SAMPING BUAH KESEMEK "

  1. dewa kemenangan hanya ada di dewalotto dengan peluang menang dan beragam jenis permainan mendorong anda supaya bisa memainkan permainan kami
    yuk silahkan kunjungin ya hnya di dewalotto :)
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete