KEUTAMAAN PUASA DAUD

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas Keutamaan Puasa Daud. Puasa sunnah yang dikerjakan selang-seling, sehari puasa sehari tidak adalah puasa Daud dan puasa ini derajat puasa yang paling tinggi. Pembaca yang budiman. Dalam menjalankan puasa Daud seorang muslim harus memperhatikan hadist-hadist dan hukum-agama yang lainnya. Misalnya ketika memasuki Ramadhan,maka dengan pasti dia tidak dapat melakukan puasa Daud,karena dia harus berpuasa Ramadhan yang hukumnya wajib.



Pembaca yang budiman. Puasa Daud adalah puasa yang di sukai oleh Allah Rasullah Bersabda yang diriwayatkan dari Abdullah bin 'Amr bin Al'Ash, "Sebaik-baik shalat di sisi Allah adalah shalatnya Nabi Daud'alaihis salam. Dan sebaik-baiknya puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau shalat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di sepernamnya. Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya.

Baca Juga :


Pembaca yang budiman. Bila kita melaksanakan puasa Daud itu sama dengan kita berpuasa separuh tahun karena sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa. Puasa Daud adalah sebaik-baiknya puasa.Bahkan lebih utama dari pada puasa sepanjang tahu. Namun kita jangan sampai melalaikan puasa yang wajib seperti puasa ramadhan.

Melaksanakan puasa Daud tidak boleh beniat dengan puasa lainnya, baik yang sunnah maupun yang fardu, seperti puasa nadzar, misalnya.

  • Ketika memasuki hari-hari yang diharamkan untuk berpuasa. sudah pasti dia sama sekali tidak boleh melakukan puasa pada hari itu, seperti dua hari raya dan hari-hari tasyriq. Dia harus meninggalkan puasa pada hari itu. Dia tidak boleh berpuasa dengan alasan melakukan puasa Daud. 
  • Ketika misalnya dia melaksanakan ibadah haji, maka pada hari Arafah dia justru disunnahkan untuk tidak berpuasa ketika sedang melaksanakan wukuf di Arafah Mengapa ? karena itulah petunjuk Rasullah SAW ketika beliau melaksanakan ibadah haji. Tidak karena berpinsip melaksanakan puasa Daud, kemudian tetap berpuasa pada hari itu, karena hari itu adalah pas hari giliran untuk puasa bagiannya. Demikian seterusnya,kita harus memperhatikan hadist-hadist dan dalil-dalil yang lainnya. Tidak hanya mengambil sebuah hadist, kemudian mengesampingkan hadist-hadist yang lainnya, atau bahkan mencampakkannya sama sekali. 
  • Karena secara teori puasa jenis ini adalah puasa yang terbaik, maka tidak apa-apa baginya jika tidak berpuasa pada hari-hari yang disunnahkan yang lainnya, seperti puasa hari senin dan kamis. puasa hari Arafah, Hari Asyura' dan lain-lain. Karena dia telah melakukan yang terbaik, maka puasa Daud baginya telah mencukupi semua puasa sunnah yang lainnya. itu makna puasa Daud sebagai puasa terbaik. 

Demikian Artikel Tentang Keutamaan Puasa Daud.

Semoga bermanfaat bagi pembaca dan penulis khususnya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.






1 Response to "KEUTAMAAN PUASA DAUD "

  1. Wahh ini dia kami memberikan hadiah gede nyata dan BONAFIT dengan bergabung dengan kami hanya di DEWALOTTO proses cepat pelayanan ramah yukk...
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete