TANDA - TANDA WAKTU SHOLAT 5 WAKTU

Assalamu'alaikum Wr.Wb. 


Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas Artikel Tentang Tanda-Tanda Waktu Sholat 5 Waktu. Pembaca yang budiman. Kita sehari semalam melaksanakan sholat lima waktu yaitu sholat dzuhur,ashar,magrib,isya dan shubuh. Sholat adalah amal ibadah yang pertama kali akan dihisab apabila sholatnya baik maka baik pula amal ibadahnya, apabila shalatnya buruk maka buruk pula amalnya. Waktu sholat dalam sehari sangat bervariasi sesuai tempat atau waktu. Shalat dalam islam sangat bervariasi sesuai tempat atau lokasi. Hal ini disebabkan waktu shalat dalam islam sangat ditentukan. 

Pembaca yang budiman. Waktu shalat secara umum ditentukan oleh beberapa hal sebagai faktor penentu seperti letak geografis, waktu atau tanggal, dan ketinggian sehingga menghasilkan urutan waktu shalat mulai dari pagi sampai malam. Shalat adalah tiang agama dalam islam yang wajib dikerjakan oleh seorang muslim, karena ibadah shalat lima waktu ini salah satu dari rukun islam yang kedua dan merupakan shalat yang hukumnya fardhu ain atau wajib.



Pembaca yang budiman. Shalat di wajibkan kepada muslim yang sudah baligh atau dewasa kecuali anak kecil yang belum baligh atau wanita yang sedang hamil, haid dan nifas. Allah SWT menurunkan perintah sholat ketika peristiwa Isra'Mi'raj hal ini sangat jelas dalam Al-Qur'an. Sholat 5waktu mempunyai Tanda-tanda waktu dalam pelaksanaanya berikut adalah tanda-tanda pelaksanaanya. 

1. Sholat Shubuh

Waktu Shubuh diawali dari munculnya fajar shaddiq, yakni cahaya putih yang melintang di bagian timur dan waktu shubuh berkahir ketika ditandai dengan terbitnya matahari. Pelaksanaan Sholat lima waktu diawali dari munculnya fajar shaddiq, yakni cahaya putih yang melintas di bagian timur dan waktu sholat shubuh berakhir dengan ditandi terbitnya matahari. 

2. Shalat Dzuhur 

Sholat Dzuhur dilaksanakan ketika matahari telah condong ke arah bagian barat, dan berakhir ketika masuk waktu ibadah sholat ashar dan berakhir waktunya ketika bayangan suatu benda telah sama panjang dengan benda itu. 

3. Shalat Ashar 

Waktu mengerjakan sholat Ashar ketika panjang bayangan benda melebihi panjang benda itu sendiri. Imam Hanafi menentukan waktu sholat Ashar dimulai jika panjang bayangan benda dua kali lebih panjang benda itu sendiri, dan waktu berakhir sholat Ashar saat terbenam matahari. 

4. Sholat Maghrib

Waktu Shalat Magrib saat terbenam matahari, dan berakhir dengan masuknya shalat Isya. 

5. Sholat Isya

Shalat Isya di mulai saat cahaya merah (Syafaq) di langit bagian barat dan akn berakhir hingga terbit fajar shaddiq keesokan harinya. Kita sebagai seorang muslim harus berperan dalam memberi nasehat berupa dakwah baik secara langsung maupun tidak langsung. 

Demikian Artikel Tentang Tanda-Tanda Waktu Sholat 5 Waktu.

Semoga bermanfaat bagi pembaca dan penulis khususnya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

1 Response to "TANDA - TANDA WAKTU SHOLAT 5 WAKTU "

  1. Suntuk tidak tau mau kemana yuk segera bermain bersama dan menangkan peluang hadiah hanya di DEWALOTTO segera buktikan sendiri ya all...
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete