TINGKATAN PRAMUKA SIAGA


Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas Artikel Tentang Tingkatan Pramuka Siaga. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Tingkatan Pramuka Siaga. Tingkatan ini untuk tingkatan umur yang berumur 7 sampai 10 Tahun. Kenapa dinamakan tingkatan pramuka siaga karena sesuai dengan sejarah menyiagakan diri untuk tercapainya kemerdekaan Indonesia yang di naungi budi utomo tahun 1908 sebagai tonggak perjuangan bangsa Indonesia.

Tingkatan Pramuka Siaga


Pramuka siaga memiliki beberapa tanda kehormatan pertama dwi satya (janji pramuka siaga) yang kedua Dwi Darma (ketentuan moral siaga) Adapun isi dari tanda  kehormatan dwi satya.

Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh
Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Indonesia
Dan mengikuti tata krama keluarga
Setiap hari berbuat kebajikan
Adapun isi dari tanda kehormatan Dwi Darma
Siaga berbakti kepada ayah dan ibudanya
Siaga berani dan tidak berputus Asa

Pelajaran yang dapat kita ambil dari dua tanda kehormatan di atas Moral yang harus ada pada seseorang pramuka tingkatan siaga dalam bertingkah laku di lingkungan masyarat. Jadi kalau kita selaku masyarakat melihat seorang pramuka tingkat penggalam yang tidak sesuai dengan tanda kehormatan siaga. Maka dia belum bisa dikatakan pramuka siaga.

Pramuka siaga mempunyai satuan terkecil dan terbesar, untuk satuan terkecilnya disebut barung dan untuk satuan besarnya disebut perindukan. Untuk barung jumlah anggotanya 10 orang yang di ketuai oleh barung yang dipilih oleh anggota barung itu sendiri. Masing-masing ketua barung akan memilih pemimpin utama yang disebut sulung,Untuk satuan  perindukan terdiri dari beberapa barung yang di pimpin oleh sulung.

Menjadi pramuka siaga Kita harus memenuhi syarat kecakapan umum, kecakapan umum yang harus dipenuhi oleh seorang siaga ada 3 kecakapan yang harus di penuhi.

Mula
Bantu
Tata

Tanda kecakapan umum di kenakakan pada lengan baju sebelah kiri di bawah tanda barung, Bentuk Tanda kecakapan untuk siaga berbentuk janur bentuk ini diambil dari kebiasaan para pahlawan bangsa untuk menandakan pangkat seseorang. Tidak hanya syarat kecakapan umum menjadi seorang siaga juga harus memenuhi syarat kecakapan khusus dan itu wajib. TKK di pasang di lengan baju sebelah kanan yang membentuk setengah lingkaran di sekelilingnya tanda kwarda dengan puncak menghadap ke bawah.

Mungkin hanya itu saja penjelasan yang dapat saya berikan untuk Tingkatan Pramuka Siaga.

Semoga Artikel ini bermanfaat bagi penulis dan pembaca.


Wassalamu’alaikum Wr.Wb.  

1 Response to "TINGKATAN PRAMUKA SIAGA"


  1. Suntuk tidak tau mau kemana yuk segera bermain bersama dan menangkan peluang hadiah hanya di DEWALOTTO segera buktikan sendiri ya all...
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete