Bentuk-Bentuk Multikulturalisme


Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Kali ini saya akan membahas Artikel Tentang Bentuk-Bentuk Multikulturalisme. Pembaca yang budiman. Keragaman struktur budaya dalam masyarakat menjadikan multikulturlisme terbagi menjadi beberapa bentuk yaitu multikulturalisme Isolasi, Multikulturalisme Akomodatif, Multikulturalisme Otonomi, Multikulturalisme Kritikal/Interaktif, Multikulturalisme Kosmopolitan.

Bentuk-bentuk Multikulturalisme


Berikut penjelasan Bentuk-Bentuk Multikulturalisme.


1. Multikulturalisme Isolasi

Masyarakat jenis ini, biasanya menjalankan hidup secara otonom dan terlibat dalam interaksi yang saling mengenal satu sama lain. Kelompok tersebut pada dasarnya menerima keragaman, namun pada saat yang sama berusaha mempertahankan udaya mereka secara terpisah dari masyarakat umumnya lainnya.

2. Multikulturalisme Akomodatif 

Masyarakat ini memiliki kultur dominan yang membuat penyesuaian- penyesuaian dan akomodasi-akomodasi tertentu bagi kebutuhan kultural kaum minoritas.Masyarakat ini merumuskan dan menerapkan undang-undang hukum dan ketentuan yang sensitif secara kultur, dan memberikan kebebasan kepada kaum minoritas untuk mengembangkan dan mempertahankan budayanya, sebaliknya, kaum minoritas tidak menentang kultur dominan.

3. Multikulturalisme Otonomi

Adalah Kelompok-kelompok kultural utama yang berusaha mewujudkan kesetaraan (equality) dengan budaya dominan dan menginginkan kehidupan otonom dalam kerangka politik yang secara kolektif dapat diterima. Prinsip dari multicultural ini adalah mempertahankan cara hidup mereka masing-masing yang memiliki hak-hak sama dengan kelompok dominan. 

Mereka juga menentang kelompok dominan dan berusaha menciptakan suatu masyarakat agar semua kelompok bias sama. 

4. Multikulturalisme Kritikal / Interaktif

Jenis multikulturalisme ini terjadi pada masyarakat plural. Mereka tidak terlalu ingin kehidupan otonom mereka lebih ingin pada menuntut  penciptaan kultur kolektif yang menegaskan perspektif-perspektif distingtif mereka. Kelompok dominan dalam hal ini tentunya menolak, bahkan berusaha secara paksa menerapkan budaya dominan mereka dengan mengorbankan budaya kelompok-kelompok minoritas. 

5. Multikulturalisme Kosmopolitan

Kelompok ini berusaha menghapuskan segala macam batas-batas kultur tujuannya untuk menciptakan masyarakat yang setiap individunya tidak lagi terikat dengan budaya tertentu. Bisa juga sebaliknya menjadi individu bebas dengan kehidupan lintas kultural untuk mengembangkan kehidupan kultural masing-masing. 

Demikian Pembahasan saya tentang Bentuk-Bentuk Multikulturalisme semoga menambah khazanah pengetahuan Anda.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb. 

1 Response to "Bentuk-Bentuk Multikulturalisme "

  1. Izin ya admin..:)
    Hanya Ada di DEWALOTTO semua bisa jadi jutawan jadi tunggu apa lagi yukkk...
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete