CONTOH SURAT PERMOHONAN RELAKSASI PEMBAYARAN ANGSURAN FASILITAS PEMBIAYAAN

CONTOH SURAT PERMOHONAN RELAKSASI PEMBAYARAN ANGSURAN FASILITAS PEMBIAYAAN


Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan menjelaskan surat permohonan relaksasi pembayaran angsuran fasilitas pembiayaan. Wabah covid 19 semakin hari semakin banyak yang terjangkit, dampat dari covid 19 sendiri membuat sendi-sendi perekonomian menjadi terganggu, karena jika kita memaksakan untuk melakukan kegiatan ekonomi di luar resiko kita terpapar covid 19 semakin besar, untuk itu pemerintah menghimbau kepada masyarakat untuk tetap di rumah dan menjaga jarak, tapi untunglah pemerintah memberikan keringanan untuk pembayaran angsuran, tentunya hal tersebut harus sesuai prosedur dengan membuat surat permohonan, beriktu ini adalah contoh surat permohonan relaksasi pembayaran angsuran fasilitas pembiayaan.


CONTOH SURAT PERMOHONAN RELAKSASI PEMBAYARAN ANGSURAN FASILITAS PEMBIAYAAN


Contoh.


Kepada Yth.
PT BCA Finance
Wisma BCA Pondok Indah Lantai 2
Jl. Metro Pondok Indah No. 10
Jakarta Selatan 12310

Perihal : Permohonan Relaksasi Pembayaran Angsuran Fasilitas Pembiayaan

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya pandemi Virus Corona (COVID-19) di Indonesia yang mempengaruhi kemampuan pembayaran angsuran fasilitas pembiayaan, kami selaku Debitor PT BCA Finance(selanjutnya disebut “Debitor”) dengan ini mengajukan permohonan relaksasi pembayaran angsuran fasilitas pembiayaan (selanjutnya disebut “Relaksasi Pembayaran”) dengan data sebagai berikut :
No. KTP/NIK                                         :
Nomor Perjanjian Pembiayaan       :
Nama Debitor                                      :
Alamat                                                   :
No HP/ No Whatsapp                         :
Alamat Email                                       :
Pekerjaan                                             :

Mengajukan permohonan sebagai berikut:


 A.       Permohonan Relaksasi Pembayaran :
1.       PT BCA Finance (selanjutnya disebut “BCAF”) dapat menyetujui relaksasi pembayaran angsuran dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada BCAF.
2.       Atas permohonan Relaksasi Pembayaran tersebut, BCAF akan menginformasikan hasil keputusannya melalui email yang Debitor berikan ke BCAF.
3.       Debitor wajib untuk menyerahkan dokumen-dokumen pendukung yang dipersyaratkan oleh BCAF dan/atau disurvey oleh BCAF jika diperlukan.

B.      Syarat dan Ketentuan Relaksasi Pembayaran :
Atas permohonan Relaksasi Pembayaran tersebut, Debitor dengan ini menyatakan dan menjamin bersedia mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku pada BCAF, antara lain :
1.     Bahwa sebagai akibat dari adanya relaksasi pembayaran, maka jangka waktu pembiayaan akan bertambah sesuai dengan jangka waktu yang disetujui oleh BCAF. Dengan demikian tanggal berakhir angsuran sebagaimana diatur dalam Pasal 14 Perjanjian Pembiayaan akan berubah.
2.    Debitor berjanji dan mengikatkan diri untuk tunduk pada ketentuan sebagai berikut :
a.     Tidak terdapat tunggakan pembayaran angsuran, denda dan kewajiban lainnya sampai dengan tanggal 2 Maret 2020.
b.     Menandatangani Addendum/Perubahan Perjanjian Pembiayaan beserta dokumen-dokumen terkait lainnya sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku pada BCAF, termasuk namun tidak terbatas pada perubahan tanggal berakhir angsuran sebagaimana ketentuan butir B angka 1 diatas.
c.     Bahwa apabila dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender sebelum Masa Relaksasi Pembayaran berakhir, Debitor tidak menandatangani Addendum/Perubahan Perjanjian Pembiayaan sebagaimana ketentuan butir B angka 2 huruf b diatas, maka Debitor dianggap lalai dalam memenuhi kewajiban pembayaran angsuran fasilitas pembiayaan dan dengan demikian BCAF berhak untuk melaksanakan hak-haknya berdasarkan Perjanjian Pembiayaan.
Demikian permohonan kami, surat ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari Perjanjian Pembiayaan beserta setiap perubahan dan/atau perpanjangannya.


 Pemohon :
Menyatakan telah mengetahui bahwa pemberian kebijakan relaksasi ini hanya diberikan kepada Debitor yang usahanya terdampak sesuai arahan OJK, dan dengan ini Saya menyatakan informasi yang Saya berikan dalam form ini adalah informasi yang benar dan lengkap serta Saya bersedia bertanggung jawab secara hukum apabila dikemudian hari terbukti memberikan informasi yang tidak benar. Saya dengan ini memberi kuasa kepada PT Bank Central Asia Tbk (“BCA”) dan/atau PT BCA Finance (“BCA Finance”) untuk menghubungi pihak manapun guna memperoleh dan melakukan verifikasi atas keterangan yang diperlukan sehubungan permohonan relaksasi ini.





 


.....................................................................                                                                                                          
Nama :                          Tanggal :      /       /2020   



Hal di atas ada catatan bahwa pemberian kebijakan relaksasi ini hanya di berikan kepada debitor yang usahanya terdampak.

Semoga contoh surat permohonan relaksasi konsumen terdampak covid 19 dapat membantu.


Wassalamu’alaikum Wr.Wb.                                                                




0 Response to "CONTOH SURAT PERMOHONAN RELAKSASI PEMBAYARAN ANGSURAN FASILITAS PEMBIAYAAN"

Post a Comment