CARA MENGATASI KERUGIAN DALAM BISNIS AGAR TIDAK BANGKRUT

 CARA MENGATASI KERUGIAN DALAM BISNIS AGAR TIDAK BANGKRUT


Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas cara mengatasi kerugian dalam bisnis agar tidak bangkrut, pembaca yang budiman bisnis atau usaha tidak bisa lepas dari kerugian apabila kita selaku pengelola bisnis tidak hati-hati. Untuk kerugiannya bisa kecil maupun besar, karena itu selaku pembisnis atau pengusaha perlu kiranya untuk memahami resiko yang kemungkinan terjadi dalam bisnis. Dalam artikel ini akan saya bahas cara mengatasi kerugian dalam bisnis agar tidak bangkrut. 


CARA MENGATASI KERUGIAN DALAM BISNIS AGAR TIDAK BANGKRUT


Resiko bisnis yang kita tahu mungkin bisa membuat kita menjadi takut namun kita juga harus bukan berarti semua resiko bisnis menjadi penghalang rencana dalam memulai bisnis. Nah disini ada tips dan trik untuk berhasil memulai bisnis supaya kita sukses. 


Berikut pembahasan tentang cara mengatasi kerugian dalam bisnis agar tidak bangkrut. 

Modal

Modal menjadi penting saat kita berbisnis hal itu tidak hanya modal awal saat kita mulai berbisnis, tapi modal saat operasional atau bisnis sedang berjalan. Anda sebagai pelaku bisnis harus selalu ingat bahwa dalam kurun setengah bulan Anda belum balik modal maka Anda bisa mengalami bangkrut. 

Anda jangan anggap remeh kerugian yang di awali saat kita memulai usaha atau bisnis tanpa adanya tindakan, Anda selaku pelaku bisnis harus segera mengambil langkah untuk meningkatkan kinerja. Karena semakin cepat tindakan korektif Anda maka semakin cepat juga kerugian yang anda bisa di minimalisir. 


Manajemen yang buruk 

Penyebab kerugian yang tidak bisa di pungkiri lagi yaitu karena manajemen yang buruk, jika manajemen buruk Anda jangan berharap bisnis bisa berjalan dengan baik, tanpa Anda memperbaiki manajemen tersebut menjadi lebih baik. Anda harus sadar bahwa bisnis yang berhasil, bisnis tersebut memiliki sistem managemen atau perencanaan bisnis yang baik. Oleh karena itu untuk mengatasinya penting bagi Anda untuk melakukan perencanaan yang matang terlebih dahulu tentang pola pengelolaan bisnis yang baik, dalam hal ini Anda perlu melakukan riset.  


Perencanaan yang salah 

Dalam hal ini Anda perlu melihat kembali rencana Anda dalam hal penentuan produk pasar sasaran dan metode pemasaran. Apabila tidak melakukan perencanaan yang tidak pas atau tepat maka hal itu akan menjadi masalah di kemudian hari, perencanaan yang salah seperti saat Anda menetapkan target penjualan yang terlalu besar, apabila hal itu tidak sesuai kenyataan Anda bisa kecewa, untuk mengatasi hal tersebut Anda perlu melakukan diskusi terlebih dahulu dengan teman Anda yang berhasil dalam melakukan bisnis atau mencari informasi baik di internet atau di buku-buku. 


Produk yang salah 

Dalam hal ini Anda perlu untuk memahami kondisi pasar Anda jangan menjual produk yang tidak sesuai dengan pasar Anda seperti ini Anda menjual makanan yang pedas yang padahal penduduk yang suka makanan yang manis, maka dari itu Anda perlu tahu minat dari konsumen Anda dalam hal ini Anda akan mudah dalam menawarkan produk Anda. 


Metode Pemasaran yang tidak efektif

Kalau Anda sudah menemukan produk yang tepat bagi konsumen Anda selanjutnya untuk mengatasi kerugian dalam hal metode pemasaran yang tidak efektif. Anda harus menggunakan metode promosi yang tidak memakan anggaran besar atau menghabiskan waktu Anda. 


Melakukan Evaluasi 

Dalam hal berbisnis Anda perlu melakukan evaluasi, evaluasi biasa dilakukan di akhir dalam menjalankan bisnis. Jika Anda dalam berbisnis melakukan kesalahan Anda dapat melakukan perbaikan dalam hal ini Anda jangan tunggu sampai Anda mengalami kerugian yang besar baru Anda melakukan evaluasi. Alangkah baikya melakukan evaluasi secara teratur atau bisa Anda terapkan saat Anda tidak mengalami kerugian. 


Membuat Rencana 

Jika dalam tahap evaluasi Anda menemukan masalah baik kecil maupun besar, Anda segera melakukan tindakan sebagai rencana untuk menanggulangi kerugian dalam bisnis. Hal ini bertujuan untuk peningkatan dalam berbisnis. Rencana yang baik yang dibuat dan disusun untuk memperbaiki masalah hal ini merupakan tindakan antisipasi yang benar untuk diterapkan. 


Demikianlah cara mengatasi kerugian dalam bisnis agar tidak bangkrut

Semoga bermanfaat 

Wassalamu’alaikum Wr.Wb. 


0 Response to " CARA MENGATASI KERUGIAN DALAM BISNIS AGAR TIDAK BANGKRUT"

Post a Comment