PROSES PENGOLAHAN KELAPA SAWIT MENJADI CPO - husnuls492.com

PROSES PENGOLAHAN KELAPA SAWIT MENJADI CPO

 

PROSES PENGOLAHAN KELAPA SAWIT MENJADI CPO


husnuls492.com - Kita tahu, Indonesia kaya akan hasil alamnya, salah satunya hasil alam kelapa sawit, kita tahu kelapa sawit banyak dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.






Bagaimana proses pengolahan kelapa sawit menjadi CPO?

Apa sih singkatan dari CPO. CPO merupakan singkatan dari Crude Palm Oil yang berarti minyak sawit  mentah. Untuk menjadi CPO terdapat proses pengolahan dari kelapa sawit terlebih dahulu. Ini sebenarnya adalah hal umum yang banyak dilakukan oleh para pembisnis kelapa sawit untuk memproduksi hasil pohon kelapa sawit berupa tandan buah yang segar kemudian segera dikirim ke pabrik.


Baca Juga :

CARA MENBAHKAN FONT DI KOMPUTER ATAU LAPTOP DI WINDOWS 10

 

Berikut Proses Kelapa Sawit Menjadi CPO

Proses Buah Sawit Dikirim ke Pabrik

Proses pengolahan kelapa sawit diawali dengan proses panen, setelah pengumpulan kemudian di bawa ke pabrik kelapa sawit biasa disebut dengan istilah PKS. Setelah sesampainya di pabrik terdapat beberapa bagian stasiun yang masih-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Apa saja stasiun tersebut ini beberapa stasiun yang berperan pada alur proses pengolahan minyak kelapa sawit

1.   Loading Ramp merupakan tempat untuk menerima dan mengumpulkan buah yang sudah diambil dari kebun.

2.      Sterilizer merupakan tempat untuk perebusan tandan buah.

3. Thresher merupakan tempat selanjutnya setelah buah direbus, dimana disini buah akan diputar atau dilontarkan untuk memisahkan brondolan dari janjangan.

4.      Press & Digester merupakan tempat untuk melumat sekaligus mengekstrak brondolan supaya minyak bisa diambil sarinya saja.

5.      Clarifikasi merupakan tempat pemurnian minyak yang sudah diekstraksi.

 

Tadi kita bahas tempat stasiun pengolahan kelapa sawit nah sekarang kita bahas prosesnya melalui 5 tahapan berikut.

 

Pertama, Pengumpulan Buah

Untuk proses ini terjadi di stasiun loading ramp. Disini buah akan dipilih lalu dikirimkan ke stasiun berikutnya untuk proses perebusan.

 

Kedua, Perebusan Buah

Perebusan di lakukan di stasiun Sterilizer, buah segar dari loading ramp akan di masukkan pada vessel lalu direbus dengan kriteria suhu dan waktu yang sudah ditentukan. Tujuan dari perebusan ini untuk memanaskan buah sawit supaya nantinya buah bisa dengan mudah melepaskan bagian brondolannya dari janjangan. Apabila buah segar sudah matang, selanjutnya akan dihantarkan menggunakan mesin yang disebut conveyor.

 

Ketiga, Pemisahan Brondolan

Buah akan masuk ke stasiun thresher dimana buah yang telah matang akan diputar menggunakan mesin. Putaran ini akan menyebabkan buah terlontar sehingga menyebabkan brondolan bisa terlepas dari janjangan. brondolan dan janjangan ini akan dikirimkan secara terpisah ke stasiun berikutnya. Brondolan akan di proses di stasiun press & digester sedangkan janjangan akan

dibawa ke empty bunch.

 

Di stasiun empthy bunch janjangan masih diproses untuk diambil sisa minyak. Proses pengambilan sisa minyak ini dilakukan dengan cara melumat janjangan sampai kering.

Nah sisa janjangannya yang sudah kering akan dibawa keluar pabrik untuk dibuang atau bisa diproses kembali untuk dijadikan pupuk.

 

Keempat, Pelumatan Brondolan

Di stasiun ini brondolan akan menerima proses lebih lanjut yaitu untuk diekstraksi. Untuk mesin yang digunakan ada beberapa mesih yang digunakan mesin tersebut memiliki  tujuan yang sama yaitu untuk melumakan brondolan supaya minyak bisa menghasilkan minyak. Namun hasil minyaknya masih kotor sehingga dibutuhkan proses selanjutnya yakni pemurnian.

 

Kelima Pemurnian

Proses terakhir adalah pemurnian minyak. Di stasiun clarifikasi minyak akan dimurnikan dengan menggunakan beberapa mesin sehingga bisa di dapat hasil minyak yang bersih. Untuk beberapa mesih menggunakan prinsip putaran dan gravitasi sehingga dalam proses ini ilmu fisika akan sangat berfungsi.

 

 

0 Response to "PROSES PENGOLAHAN KELAPA SAWIT MENJADI CPO"

Post a Comment

Anda mungkin menyukai postingan ini :