TIPS BELAJAR EFEKTIF UNTUK HADAPI UJIAN NASIONAL KELAS 6 - husnuls492.com

TIPS BELAJAR EFEKTIF UNTUK HADAPI UJIAN NASIONAL KELAS 6

 TIPS BELAJAR EFEKTIF UNTUK HADAPI UJIAN NASIONAL KELAS 6

 

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul, pada kesempatan kali ini Saya akan membahas tips belajar efektif untuk hadapi ujian nasional kelas 6, pembaca yang budiman, kunci kesuksesan kita semua sudah tahu pastinya yaitu belajar dengan rajin,saat kita masih sekolah, terkadang kita merasakan jenuh dan bosan saat belajar, sebenarnya hal itu bias kita atasi kalau kita tahu cara belajar yang asyik dan menyenangkan, hal itu sangat penting apabila kita akan menghadapi ujian nasional kelas 6, berikut penulis berikan tips belajar efektif untuk hadapi ujian nasional kelas 6.


TIPS BELAJAR EFEKTIF UNTUK HADAPI UJIAN NASIONAL KELAS 6


Saat pandemi covid 19, kegiatan belajar mengajar biasanya kita lakukan di sekolah, untuk menjaga siswa terpapar virus covid 19 maka kegiatan belajar mengajar di pindahkan ke rumah masing-masing tentunya belajar di lakukan secara online, namun bagaimana jika siswa akan menghadapi ujian kelulusan pertamanya seperti kelas 6, maka supaya hasil belajarnya menjadi efektif dan membuat siswa bisa menjawab soal saat ujian nasional tentunya harus melakukan sebuah kegiatan belajar yang efektif dan mengasyikan supaya materi pelajaran mudah untuk di pahami oleh siswa.

1. Membuat jadwal belajar yang rutin

Hal pertama yang harus kalian lakukan supaya kegiatan belajar efektif kalian harus membuat jadwal belajar yang rutin, dalam hal ini Anda buat jadwal rutin belajar dalam seminggu secara rutin tidak perlu lama-lama yang terpenting kegiatan belajar efektif dan efisien.

2. Memahami kisi-kisi soal ujian

Jika waktu ujian nasional sudah dekat Anda tidak harus membaca semua buku tapi yang harus anda lakukan memahami kisi-kisi soal ujian atau kompetensi kelulusan saja, dalam hal ini Anda hanya mempelajari materi yang akan keluar saat ujian, sehingga Anda bisa lebih fokus dan belajar menjadi lebih efektif.

3. Berlatih dengan soal ujian tahun lalu

Dalam hal ini untuk memberi gambaran seperti apa bentuk soal ujian nasional kelas 6, Anda bisa meminta soal ujian tahun lalu, dan Anda bisa berlatih mengisinya supaya pas ujian Anda tidak kaget.

4. Membuat Ringkasan

Hal yang ampuh saat akan menghadapi ujian, Anda bisa membuat ringkasan dari mata pelajaran yang akan di ujikan dengan membuat ringkasan Anda akan lebih mudah untuk mencerna dan memahami pelajaran tersebut.

5. Menjaga kesehatan

Menjaga kesehatan sangat penting, jangan sampai Anda memporsil belajar tanpa memikirkan kesehatan Anda akibatnya bila kesehatan Anda tidak dijaga di takutkan pas ujian nasional Anda tidak bisa ikut serta, jadi yang harus Anda lakukan belajarlah yang bijak, jangan sampai Anda belajar terlalu keras sehingga mengganggu kesehatan Anda.

6. Mencari suasana nyaman saat belajar

Kenyamanan saat belajar itu penting supaya materi pelajaran mudah untuk di tangkap, Anda bisa melakukan belajar di tempat yang bersih, harum dan sambil mendengarkan musik kesukaan Anda.

7. Hindari melakukan hal yang tidak bermanfaat

Menghindari melakukan hal yang tidak bermanfaat itu perlu Anda lakukan saat waktu ujian nasional semakin dekat seperti menonton tv terlalu lama, main game, nongkrong dengan teman terlalu lama, prioritaskanlah belajar, supaya Anda sukses saat ujian nasional.

8. Luangkan waktu bersantai

Belajar juga harus di imbangi dengan bersantai tujuannya supaya otak Anda kembali pres seperti Anda bisa jalan-jalan bersama teman ke tempat yang indah dan jangan lupa untuk berdoa sebelum ujian. Yaa

 

Demikian tips belajar efektik untuk hadapi ujian nasional kelas 6

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb. 

0 Response to "TIPS BELAJAR EFEKTIF UNTUK HADAPI UJIAN NASIONAL KELAS 6"

Post a Comment

Anda mungkin menyukai postingan ini :