KERJAAN BANYAK LAPTOP MALAH LEMOT, TENANG BERIKUT CARA MENGATASI LAPTOP LEMOT PADA WINDOWS 7,8,10 - husnuls492.com

KERJAAN BANYAK LAPTOP MALAH LEMOT, TENANG BERIKUT CARA MENGATASI LAPTOP LEMOT PADA WINDOWS 7,8,10

 

KERJAAN BANYAK LAPTOP MALAH LEMOT, TENANG BERIKUT CARA MENGATASI LAPTOP LEMOT PADA WINDOWS 7,8,10

 

Saat kerjaan kantor banyak, ditambah harus secepat mungkin dibereskan, malah laptop lemot pastinya itu sangat menjengkelkan, tenang kali ini saya akan bagikan cara mengatasinya untuk Anda.


CARA MENGATASI LAPTOP LEMOT PADA WINDOWS 7,8,10



 

Laptop lambat bisa jadi karena banyak faktor, penyebab laptop lemot ada beberapa hal

- Spesifikasi perangkat rendah

- Banyak cache / file sampah yang tersimpan

- Terlalu banyak aplikasi yang terinstall

- Anti virus tambahan (smadav, avira dll) yang terus berjalan

- Terkena virus

- Salah instal aplikasi / program

- Penyimpanan penuh

- Perangkat RAM cuma 2 GB/ dibawahnya

- Processor dibawah Ci3 (Dual core, core 2 duo, celeron dll)

- Sistem operasi yang dipakai

 

Nah, itu tadi diatas adalah penyebab laptop lambat atau lemot.

Lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Tadi atas salah satu penyebab laptop lambat karena spesifikasi perangkat rendah, jadi kalau laptop kamu memiliki speknya rendah itu bisa jadi faktor utamanya. Nah kamu harus bisa mengukur kinerja laptop kamu jika kamu tidak memaksa laptop mu untuk bekerja berat. Maka kondisi laptop mu akan baik-baik saja.

Untuk lebih jelasnya. Jika kamu punya laptop dengan spek rendah kamu jangan instal aplikasi yang terlalu berat misalnya aplikasi photoshop, corel atau aplikasi edit video. Jika kamu paksakan maka pasti laptop mu akan menjengkelkan kalau untuk microsoft office okelah masih bisa.

 

 

Penyebab laptop mu lambat atau lemot, bisa jadi banyak sampah di recyle bin, Saat kita menghapus file biasanya menumpuk di recyle bin sehingga kapasitas penyimpanan hardist ada di partisi disk C, untuk mengatasinya kita bisa membersihkannya dengan bantuan aplikasi cc cleaner atau bisa menggunakan diskclean up (bawaan windows)

 

Penyebab selanjutnya karena banyak aplikasi yang terinstal, jika memang jarang kamu pakai alangkah baiknya kamu uninstal saja, jika kamu butuh lagi tinggal instal ulang lagi, untuk meng uninstalnya sendiri cukup mudah kamu hanya perlu ke menu start lalu pilih default program lalu kamu pilih programs and features nanti akan muncul aplikasi yang kamu instal di laptop mu tinggal kamu pilih saja yang mana yang akan kamu unistal, setelah kamu memilihnya kamu pilih uninstal.

 

Lakukan perawatan pada komponen hardware secara rutin

Umumnya hal ini sering terlupakan. Bisa karena kamu tidak tahu maka bagaimana selusinya kamu bisa membawanya ke bengkel komputer untuk membersihkan komponen-komponen (kipas,motherboard dll) yang ada di dalam laptop lakukan ini 1 tahun sekali.

 

Scan virus secara rutin bisa jadi laptop mu lemot karena virus. Virus sendiri membuat laptop bekerja keras karena selalu aktif di belakang layar. Sehingga saat anda menggunakannya akan lemot. Jika anda menggunakan windows silahkan anda scan dengan aplikasi anti virus bawaan yaitu windows defender.

 

Ram yang kecil terkadang membuat laptop lemot saat anda update ke versi terbaru, karena saat anda update ke versi terbaru akan ada fitur tambahan yang tersedia, jika laptop anda tidak siap mending menggunakan versi lama saja agar kinerja laptop tetap stabil.

 

Instal ulang sistem operasi kalau laptop lemot bisa dikarenakan oleh file sistem error hal yang bisa kita lakukan dengan menginstal ulang sistem operasinya. Jika tida bisa kita bisa membawanya ke bengkel komputer terdekat atau bisa kita buka tutorial di youtube

 

Upgrade RAM Laptop lemot bisa jadi RAM yang kurang memadai, Umumnya saat anda beli laptop baru RAM paling hanya 2 GB atau 4 GB. namun pekerjaan yang anda lakukan sangat berat maka sangat disarankan untuk update ram setidaknya 8 GB.

 

Itulah tadi tips mengatasi laptop lemot semoga bermanfaat.

 

 

0 Response to "KERJAAN BANYAK LAPTOP MALAH LEMOT, TENANG BERIKUT CARA MENGATASI LAPTOP LEMOT PADA WINDOWS 7,8,10"

Post a Comment

Anda mungkin menyukai postingan ini :