BERIKUT JENIS-JENIS MOUSE DAN FUNGSINYA - husnuls492.com

BERIKUT JENIS-JENIS MOUSE DAN FUNGSINYA

 

BERIKUT JENIS-JENIS MOUSE DAN FUNGSINYA

 

Mouse merupakan salah satu aksessories yang harus ada pada setiap perangkat komputer. Sekarang kita bisa menemukan beragam mouse yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

 

Bagi Anda seorang gamers mungkin berbeda dengan anda yang cuma pake komputer untuk ngetik aja. Maka dari itu produsen mouse membuat mouse disesuaikan dengan kebutuhan orang-orang yang berbeda.

 

BERIKUT JENIS-JENIS MOUSE DAN FUNGSINYA



Soal harga lumayan bervariasi mulai dari yang masih terjangkau hingga harganya yang lumayan menguras kantong.

 

Kita langsung saja ke pembahasan apa saja jenis-jenis maouse dan fungsinya.

 

Mouse tidak hanya satu jenis saja, mouse memiliki jenis dan ragam yang banyak sekali, ada 8 jenis Mouse yang ada dipasaran indonesia.

 

1. Mechanical Mouse

Mouse jenis ini punya kompnen yang mirip sekali dengan bola di bagian bawahnya. Bagian ini tidak hanya jadi pajangan saja tapi bisa kita gerakan ke segala arah. Saat kita gerakan maka sensor yang ada di bagian dalam mouse tersebut dapat mendeteksi arah pergerakan bola dan memberi isyarat ke monitor dengan gerakan yang sama.

 

Mouse jenis ini populer dan banyak ditemui di sekitaran tahun 2008 lalu. Untuk sekarang jenis mouse ini sudah mulai jarang ditemui di pasaran.

 

2. Optomechanical Mouse

Jenis mouse ini hampir sama cara kerjanya dengan maouse diatas, selain punya komponen yang mirip dengan bola ternyata mouse ini punya sinar yang merepresentasikan posisi koordinat pointer yang muncul di monitor.

 

Kelebihan dari Optomechanical Mouse ini dibandingan mechanical mouse adalah tipe ini punya keakuratan yang lebih tinggi.

 

 

3. Optical Mouse

Jenis mouse ini tidak memiliki komponen yang mirip dengan bola seperti mouse sebelumnya, tapi mouse ini sudah menggunakan sinar laser untuk mendeteksi pergerakan mouse. Teknologi pada mouse ini membuat kinerja mouse ini jauh lebih presisi dibanding kedua tipe mouse yang sudah kita bahas tadi.

 

4. Bus Mouse

Mouse jenis ini sudah bisa terhubung ke PC kamu via bus technology dan pastinya mouse ini dipake pertama kali saat waktu diluncurkannya komputer IBM untuk umum. Mouse ini bisa terhubung ke PC melalui perangkat bus yang sudah terintegrasi di ISA add-in card.

 

5. Serial Mouse

Meski jenis mouse ini sudah jarang atau mungkin sudah tidak kelihatan lagi. Namun mouse jenis ini sempat populer di awal-awal masa penggunaanya. Mouse ini dapat terkoneksi ke PC dengan cara kamu sambungkan via serial port. Yang mana port tersebut adalah sebuah media komunikasi digital yang sinyalnya dikirimkan dengan sistem bit per bit.

 

Port yang paling umum digunakan adalah port berjenis D dengan jumlah 9 pin (DB9M) yang umumnya bisa kamu lihat dibagian belakang motherboard komputer kamu masing-masing.

 

6. PS/2 Mouse

Mouse jenis ini pertama kali dikenalkan ke umum pada tahun 80 an lalu dan sempat booming pada tahun 1987. Namun untuk sekarang PS/2 ini sudah jarang dijumpai

 

7. USB Mouse

Mouse jenis ini sama seperti mouse versi sebelumnya, untuk USB ini mempunyai sedikit perbedaan di bagian port-nya. Untuk mouse ini sudah pake port USB untuk menghubungkan ke PC.

 

Mouse jenis ini pertama kali diproduksi pada tahun 90 an dan masih digunakan hingga sekarang.

 

8. Wireles Mouse

Sekarang hampir semua teknologi yang dulunya pake kabel dan punya sangkut pautnya sama komputer sekarang sudah berevolusi ke jalur wireles, termasuk mouse. Semua hal yang sudah berhubungan dengan teknologi wireles sudah tidak lagi membutuhkan kabel untuk menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya.

 

 

Fungsi Mouse

Dari sekian banyak mouse yang sudah kita bahas ternyata mouse memiliki fungsi yang beragam.

Berikut merupakan fungsi mouse adalah :

 

1. Untuk memindahkan kursor mouse

Fungsi yang pertama ini untuk memindahkan pointer mouse pada layar komputer atau laptop.

 

2. Point

Setelah mouse digerakan kamu bisa menunjukan sesuatu kepada pengguna lain Misalnya dalam game kamu bisa menggunakan mouse untuk mengarahkan objek.

 

3. Open or execule a program

Setelah kamu memindahkan kursor ke bagian ikon folder atau objek lain, klik atau klik dua kali objek tersebut maka akan langsung membuka dokumen dan menjalankan program tersebut.

 

Masih banyak lagi fungsi mouse, cuma yang saya bahas cuma tiga.

 

Terima kasih telah membaca semoga bermanfaat.

0 Response to "BERIKUT JENIS-JENIS MOUSE DAN FUNGSINYA"

Post a Comment

Anda mungkin menyukai postingan ini :