KENAPA TANGGAL 22 OKTOBER DIPERINGATI SEBAGAI HARI SANTRI NASIONAL - husnuls492.com

KENAPA TANGGAL 22 OKTOBER DIPERINGATI SEBAGAI HARI SANTRI NASIONAL

 Assalamu'alaikum Wr.Wb.

husnuls492.com _ Apa itu santri ? Santri adalah sebutan bagi para pelajar yang sedang mendalami ilmu agama islam dan secara khusus memajukan kehidupan berbangsa serta bernegara bagi masyarakat indonesia. 

Di negara kita tercinta Indonesia terdapat hari untuk memberikan penghormatan bagi santri yang kita sering dengan dengan Hari Santri Nasional yang sering kita peringati setiap tanggal 22 Oktober setiap tahunnya, yang melatar belakangi kenapa diperingati hari santri bermula dari usulan masyarakat pesantren yang ingin menjadikan tanggal ini sebagai pengingat dan penghormatan kepada santri dalam memperjuangkan kemerdekaan indonesia. 


KENAPA TANGGAL 22 OKTOBER DI PERINGATI SEBAGAI HARI SANTRI


Hari santri sendiri awalnya di usulkan pada tanggal 1 Muharam saat kunjungan calon Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada saat itu beliau mengunjungi pondok pesantren Babussalam yang berlokasi di Jawa Timur pada tanggal 27 Juni 2014. Kemudian ada usulan dari PBNU untuk hari santri, mengusulkan tanggal 22 Oktober untuk memperingati hari santri, Hari santri di peringati sebagai bentuk pengakuan terhadap kontribusi para santri dalam sejarah Indonesia. 

Kenapa tanggal 22 Oktober ini di pilih sebagai hari santri ? Tanggal ini dipilih untuk memperingati peristiwa penting dalam perjuangan para santri dan masyarakat sipil dalam melawan penjajah dari pihak sekutu. Pada tanggal 22 Oktober 1945, sebuah kelompok pejuang santri bersama rakyat lainnya. melakukan perlawanan heroik di kota surabaya kepada pasukan sekutu yang mencoba menguasai kembali wilayah Indonesia. Pertempuran ini kita kenal dengan "Pertempuran Surabaya" dan merupakan simbol perlawanan dari para santri dan pejuang indonesia terhadap penjajah dimana hal tersebut menyebabkan Jenderal Mallaby dan ribuan pasukan Inggris tewas. Puncaknya yaitu pertempuran pada 10 November 1945. 

Penetapan tanggal ini didasari oleh peran ulama dan santri dalam perjuangan kemerdekaan serta pembangunan bangsa dengan mengacu pada resolusi jihad 22 Oktober 1945 yang dilakukan oleh Hadratus Syekh KH Hasyim Asy'ari, ulama dan pahlawan nasional dengan menggerakan Indonesia dari para penjajah. 

Apakah ada masalah saat penetapan hari santri ?

Penetapan hari santri nasional sempat memunculkan beberapa penolakan dengan alasan khawatir akan terjadi perpecahan dari kalangan yang bukan santri sehingga Presiden Joko Widodo yang saat itu menjabat sebagai presiden RI menetapkan tanggal 22 Oktober 2015 menjadi hari santri melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015.

Itulah tadi alasan kenapa tanggal 22 oktober di peringati sebagai hari santri nasional 

semoga bermanfaat

Wassalamu'alaikum Wr.Wb. 

0 Response to "KENAPA TANGGAL 22 OKTOBER DIPERINGATI SEBAGAI HARI SANTRI NASIONAL "

Post a Comment

Anda mungkin menyukai postingan ini :