CARA MENANAM SAYURAN HIDROPONIK DENGAN STYROFOAM

 CARA MENANAM SAYURAN HIDROPONIK DENGAN STYROFOAM

 

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul, pada kesempatan kali ini Saya akan membahas tentang cara menanam sayuran hidroponik dengan Styrofoam, pembaca yang budiman sekarang ini banyak orang yang membudidayakan sayuran hidroponik, hal itu karena menanam sayuran hidroponik sangat mudah dan hasilnya pun menjanjikan, kemudahan menanam sayuran ini kita tidak perlu mempunyai halaman yang luas, bagi kita yang hanya mempunyai halaman rumahpun itu sudah cukup.




Keuntungan yang bisa kita dapat hasil panen yang kita dapatkan lebih bersih dan tentunya aman untuk kita konsumsi,

Berikut cara menanam sayuran hidroponik dengan Styrofoam

Pertama, Persiapan

Kita tahu untuk melakukan sesuatu kita harus melakukan persiapan terlebih dahulu, begitupun dengan menanam sayuran hidroponik kita harus melakukan persiapan, kita harus mempersiapkan peralatan terlebih dahulu seperti box buah Styrofoam anda bisa menyesuaikan mau yang baru atau yang bekas, plastik mulsa, potongan kain flanel dan netpot, alat – alat tersebut nantinya kita jadikan media untuk menanam.

Kedua, Proses Pembuatan

Setelah kita melakukan persiapan dengan menyediakan alat-alatnya selanjutnya kita melakukan proses pembuatan, kita lapisi terlebih dahulu bagian dalam bawah box, dengan menggunakan plastik mulsa agar tidak bocor. Kemudian kita menggunakan solasiban plastik untuk mengisolasi setiap lapisan plastik tersebut. Lalu kita harus pastikan setiap sudut box bagian luar yang telah dilapisi plastik mulsa tersebut.

Ketiga, Melubangi tutup box buah

Dalam hal ini untuk jarak lubanya kita sesuaikan dengan jenis sayuran apa yang akan kita tanam seperti untuk menanam sayur packcoy atau sawi sendok dapat kita beri jarak lubang 1 dan lubang lainnya sekitar sekitar 25 cm. Untuk jumlahnya sendiri kita sesuaikan dengan besar boxnya, untuk melubanginya kita bisa menggunakan kawat yang telah di lingkari. Untuk ukuran diameternya kawatnya bisa kita sesuaikan dengan netpot yang digunakan.

Keempat, Pemindahan terhadap bibit sayuran hidroponik

Untuk pemindahannya sendiri di lakukan pada bibit sayuran hidroponik yang sudah dilakukan penyemaian, sebelum kita melakukannya terlebih dahulu memasang kain flannel yang nantinya akan seperti sumbu, setelah itu kita masukkan bibit satu persatu kedalam netpot. Lalu kita letakan netpot di box buah yang sebelumnya telah di lubangi.

Demikian pembahasan tentan cara menanam sayuran hidroponik dengan Styrofoam

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb. 

0 Response to "CARA MENANAM SAYURAN HIDROPONIK DENGAN STYROFOAM"

Post a Comment