CARA MENINGKATKAN MINAT BACA BUKU - husnuls492.com

CARA MENINGKATKAN MINAT BACA BUKU

 

CARA MENINGKATKAN MINAT BACA BUKU

 

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Membaca buku membuat kita menjadi lebih berpengetahuan, kita bisa mendapatkan informasi yang belum kita tahu dari membaca buku. Membaca buku tidaklah mudah, kebanyakan orang akan merasakan jenuh saat membaca buku, itupun yang saya rasakan sudah dapat dua lembar mulai tuh merasakan jenuh. Padahal kita belum mendapatkan informasi atau kita belum dapat pengetahuan dari buku yang kita baca, tapi kita sudah merasakan jenuh.

Sering gak kita pergi keperpustakaan disana kita sering melihat orang yang membaca buku dan kelihatannya mereka asik banget, tapi saat kita coba lakukah hal tersebut ko beda gitu yah baru juga satu lembar sudah jenuh, Apa yang dengan cara membaca kita dengan orang yang tadi kita lihat yang kelihataannya asik sekali membaca. Pastinya ada trik agar membaca menjadi asik dan membuat kita hobi baca buku.


Meningkatkan minat baca buku


Bagaimana sih cara meningkatkan hobi baca buku, Oke kali saya akan berbagi yaa tips cara meningkatkan minat baca buku, cara ini adalah cara agar hobi saya dengan membaca semakin meningkat, jika ada yang kurang setuju mangga, tapi jika ingin dipraktekan juga silahkan.

1. Informasi Apa yang ingin kamu dapatkan

Sebelum membaca buku, kamu harus Tanya dulu Kediri kamu saya butuh informasi apa, dan buku apa yang sekiranya memberikan informasi tersebut. Setelah kamu dapatkan jawaban itu barulah kamu membaca buku tersebut, itu yang saya lakukan.

2. Jangan membaca buku disaat kamu sedang cape

Jika sebelumnya kamu sudah bekerja dan kamu langsung membaca buku, hal itu tidak efektif kamu pasti akan merasakan ngantuk dan kamu tidak akan mendapat informasi dari buku yang kamu baca. Baiknya kamu tidur dulu dapat satu jam atau dua jam baru kamu mandi dan baca buku.

3. Terapkan Rumus 5 W + 1 H

Apa itu rumus 5 W + 1 H, itu pernah diajarkan di mata pelajaran bahasa indoensia kamu pasti pernah membaca buku tapi ko gak dapat informasi apa-apa, nah itu terjadi karena kamu tidak tahu cara membaca yang efektif, membaca yang efektif itu kamu harus bertanya dan mencari jawaban di buku yang kamu baca, supaya kamu mendapatkan informasi kamu bisa menerapkan rumus 5 W + 1 H. Apa saja sih 5 W + 1 H itu.

What = Apa

Who = Siapa

When = Kapan

Why = Kenapa

Where = Dimana

How = Bagaimana

Misalkan nih kamu sedang membaca buku sejarah, saat kamu membaca ada satu kalimat begini. Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, nah setelah kamu membaca kalimat tersebut kita tahu kan kalimat tersebut merupakan kalimat informasi supaya bisa otak kita menangkat informasi tersebut kita tambahkan pertanyaans sebelumnya yang kita ambil dari rumus 5W + 1 H. Pertanyaanya beginai Pada tahun berapa Indonesia merdeka ? Jawabannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Nah dengan begitu informasi terekam tuh diotak, begitu seterusnya untuk saling mengaitkan selalu diawali dengan pertanyaan.

 

4. Jadikan membaca itu sesuatu yang penting

Kalau kita sudah menanamkan dalam diri kita membaca itu penting, maka jika kita tidak membaca sehari saja kita akan merasakan kerugian, karena kita tidak dapat informasi baru.

 

Itulah tadi cara saya agar meningkatkan minat baca buku. Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

0 Response to "CARA MENINGKATKAN MINAT BACA BUKU"

Post a Comment

Anda mungkin menyukai postingan ini :