TIPS MENGATASI RASA MUAL DAN MUNTAH SAAT HAMIL

 TIPS MENGATASI RASA MUAL DAN MUNTAH SAAT HAMIL

 

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul, pada kesempatan kali ini Saya akan membahas tips mengatasi rasa mual dan muntah saat hamil, kita sebagai wanita tentunya merasa bahagia saat kita hamil itu artinya kita akan jadi calon ibu, tapi saat hamil pertama kali kita pastinya akan merasakan rasa mual dan muntah  atau sering disebut morning sickness.


TIPS MENGATASI RASA MUAL DAN MUNTAH SAAT HAMIL


Penyebab morning sickness di sebabkan meningkatkan hormon yang melonjak pada tubuh wanita selama kehamilan, gejala morning sickness tidak hanya terjadi pada pagi hari, namun bisa terjadi kapan saja, namun gejala tersebut tidak berbahaya bagi bunda dan janin.

Gejala ini biasanya sembuh pada minggu ke 12, kecuali kalau cukup parah hingga menyebabkan dehidrasi yang cukup parah yang menyebabkan bunda mengalami penurunan berat badan yang signifikan. Bagi para calon ibu pastinya mencari-cari tips mengatasi rasa mual dan muntah saat hamil,.

Berikut di bawah ini tips mengatasi rasa mual dan muntah saat hamil

1. Jangan biarkan perut kosong

Rasa mual semakin memburut saat perut bunda kosong, maka dari itu cobalah untuk memasukkan makanan selingan seperti buah-buahan segar, atau bisa juga bunda mengisi perut dengan biscuit gandum utuh setiap hari. Perlu juga bunda rencanakan pola makan yang lebih sering, namun dalam porsi yang kecil, hal itu karena akan mudah di toleransi dan mencegah perut kosong, simpan cemilan yang mudah di jangkau seperti di samping tempat tidur sehinggga di pagi hari bunda akan mudah untuk memakannya saat di pagi hari.

2. Jangan kekurangan cairan tubuh

Saat hamil tingkatkan juga asupan cairan kedalam tubuh, hindari minuman yang manis dan perbanyak mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi kalsium seperti buah papaya, pisang, blewah, melon dan air kelapa.

Satu lagi yang penting yaitu natrium seperti kaldu ayam, kaldu sapi, dan jangan sampe bunda kekurangan cairan tubuh. Jika bunda mengalami kesulitan Bunda bisa minum menggunakan alat bantu seperti sedotan, minum juga air yang berkarbonasi atau minum air dengan jeruk segar, yang di peras atau hisap es batu yang terbuat dari jus yang di bekukan agar bunda tetap terdehidrasi.

3. Minum Jahe hangat

Bunda bisa membuat minuman jahe hangat, Bunda parut jahe lalu bunda masukkan kedalam cangkir yang di isi dengan air panas lalu seduh selama 3 menit, manfaat  minum jahe dapat membuat tubuh hangat dan mengurangi mual yang bunda alami.

4. Menghirup udara segar di pagi hari

Menghirup udara di pagi hari baik untuk ibu hamil karena dapat mengalihkan dari rasa sakit, hal ini membantu sekali bagi bunda yang mengalami mual, bagi ibu hamil yang tinggal di perkotaan bisa membuat rencana untuk keluar kota untuk menghirup udara yang segar di pagi hari. Sehingga bunda bisa menghirup udara yang bersih dan bebas polusi di pagi hari.

5. Makan-makanan yang rendah lemak

Ibu hamil sebaiknya fokus pada makan-makanan yang rendah lemak seperti yogurt, buah dan sayuran segar, pasta dan roti bakar atau biskuit gandum yang utuh, tapi jika Anda lebih suka roti putih dan biji-bijian bisa juga.

Itulah tadi tips mengatasi rasa mual dan muntah saat hamil, sebenarnya masih banyak namun hanya 5 saja yang saja bahas

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb. 

0 Response to " TIPS MENGATASI RASA MUAL DAN MUNTAH SAAT HAMIL"

Post a Comment