CARA MEMBEDAKAN PRINTER INKJET DAN LASERJET - husnuls492.com

CARA MEMBEDAKAN PRINTER INKJET DAN LASERJET

 

CARA MEMBEDAKAN PRINTER 
INKJET DAN LASERJET

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul, pada kesempatan kali ini Saya akan membahas Cara membedakan printer inkjet dan laserjet seiring perkembangan zaman yang semakin maju kemudahan pun bisa kita rasakan mulai dari transportasi, interaksi sosial, maupun dalam hal media cetak, kalau dulu kita mengetik menggunakan mesin tik yang memerlukan waktu lama untuk menyelesaikannya sekarang dengan kemajuan teknologi kita bisa langsung cetak menggunakan printer dalam hitungan menit file kita sudah tercetak.




Saat ini sudah banyak printer dengan berbagai model dan merk yang berbeda namun yang paling banyak kita temui adalah printer inkjet dan laserjet. Meski fungsinya sama namun ada beberapa perbedaan antara printer inkjet dan laserjet, apakah itu perbedaanya, sebelum kita bahas lebih jauh tentang perbedaanya kita bahas dulu apa itu printer inkjet dan laserjet.

Printer Inkjet

Printer inkjet merupakan salah satu printer yang didalamnya terdapat 2 buah catridge yang penggunaannya untuk tinta hitam dan tinta berwarna. Jenis printer ini menggunakan tinta sebagai elemen utama untuk mencetak, untuk di pasaran sendiri jenis printer ini cukup laris dan mempunyai berbagai ukuran ada yang kecil, sedang dan besar, dokumen yang dapat dicetak oleh dokumen ini beresolusi sekitar 5760x1440 dpl.

Printer inkjet memiliki keunggulan yaitu dapat menghasilkan dokumen atau foto dengan kualitas tinggi, memiliki harga yang cukup terjangkau dapat mencetak dengan kecepatan tinggi hingga bisa mencetak file dari berbagai sumber seperti media card dan kamera digital.

Untuk kekurangannya sendiri yaitu boros cattridge tinta, cattridge tinta rawan rusak, kurang cocok untuk mencetak dalam skala besar hingga tinta yang mudah luntur.

Printer Laserjet

Printer laserjet dikenal juga dengan printer lasejet/LD karena printer ini menggunakan sinar laser untuk mencetak dokumen atau gambar. Untuk cara kerja dari printer ini hampir mirip dengan mesin foto copy karena arus elektrostatis akan ditembuskan hingga  slinder dan toner pada kertas. Toner tersebutlah yang akan ditempelkan di kertas. Untuk keunggulannya memiliki kualitas yang tinggi, bagus dan jelas. Selain itu tulisan juga tidak mudah luntur dengan air karena menggunakan teknologi khusus. Printer ini mampu mencetak kertas dengan berbagai ukuran serta memiliki kecepatan yang cukup tinggi. Karena printer ini hanya membutuhkan tinta yang sedikit. Sehingga kamu bisa menghemat pengeluaran.

Perbedaan Printer Inkjet dan laserjet

Dari segi harga dan biaya, saat kita membeli sesuatu kita menginginkan barang yang murah dan memiliki biaya operasional yang sedikit untuk harga sendiri printer inkjet dan laserjet tidak terlampau jauh semua kembali lagi kepada merk dan fitur yang ditawarkan. Untuk itu kamu harus membaca dahulu deskripsi dari produk tersebut agar kamu paham spesifikasi dari printer yang ingin kamu beli.

Ukuran Printer

Saat kamu akan membeli printer, ukuran printer juga harus kamu pertimbangkan sebelum kamu membelinya kamu harus mengukur terlebih dahulu space kosong yang tersedia untuk kamu yang memiliki tempat yang terbatas baiknya menggunakan printer inkjet karena printer ini memiliki ukuran yang kecil dibanding printer laserjet.

Kecepatan

Perbedaan dari printer inkjet dan laserjet terletak dari kecepatan cetaknya untuk mencetak dokumen hitam putih untuk printer inkjet hanya mampu mencetak  kurang lebih 6 lembar sedangkan untuk printer laserjet dapat mencetak hingga 20 lembar permenit.

Kualitas Mencetak

Perbedaan dari kualitas cetak printer injek dapat menghasilkan gambar yang lebih bagus dibanding printer laserjet meski kecepatan cetaknya lebih lambat.

Perawatan Printer

Agar printer dapat bekerja lebih optimal kita sebagai penggunanya perlu melakukan perawatan diantara printer inkjet dan laserjet printer inkjet lebih mudah dirawat kamu hanya perlu membersihkan bagian fisik luarnya saja agar bersih dan terhindar dari debu.

Sedangkan untuk printer laserjet perawatannya lebih sulit karena printer sering menyangkut saat proses pencetakan jika sudah terjadi kerusakan seperti itu lumayan sulit untuk memperbaikinya kamu harus bawa ke tempat servis terdekat untuk harga sperpartnya lebih mahal dari printer yang inkjet.

Jenis Tinta

Perbedan printer inkjet dan laserjet selanjutnya terletak pada jenis tinta, tinta yang digunakan oleh printer inkjet menggunakan 4 jenis warna yaitu warna hitam, cyan, blue dan magenta semua warna tersebut dapat memenuhi semua warna yang diminta oleh pengguna.

Itulah tadi perbedaan cara membedakan printer inkjet dan laserjet

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 

0 Response to "CARA MEMBEDAKAN PRINTER INKJET DAN LASERJET"

Post a Comment

Anda mungkin menyukai postingan ini :