CARA MERAWAT HARDISK LAPTOP AGAR AWET DAN TAHAN LAMA - husnuls492.com

CARA MERAWAT HARDISK LAPTOP AGAR AWET DAN TAHAN LAMA

Hardisk pada laptop atau komputer merupakan salah satu komponen yang fatal. Terlebih jika anda banyak menyimpan data di hardisk tersebut. Karena itu merawat hardisk sangat penting. Sama seperti merawat komponen lain seperti baterai laptop.

Timbul pertanyaan mengawapa merawt hardisk itu penting ? alasannya karena harga hardisk lumayan mahal memang sih kalau laptop anda masih garansi dan ada kerusakan pada laptop masih bisa diganti oleh produsen laptop. Jika masa garansi sudah habis tentunya anda harus membelinya.




Untuk itu, daripada anda repot harus mengeluarkan dana buat hardisk sebaiknya anda harus tahu cara merawat hardisk agar awet dan tidak cepat rusak. Berikut admin berikan langkah-langkah merawat hardisk.

1. Hindari menggunakan partisi berlebihan

Umumnya hardisk memiliki kapasitas penyimpanan mulai dari 320GB ke atas. Biasanya kapasitas bakal dibagi-bagi penyimpanannya atau yang biasa disebut partisi. Misalnya partisi C untuk sistem operasi dan partisi D untuk data.


Baca Juga :

PERBEDAAN WHATSAPP MESSENGER DAN WHATSAPP BISNIS


Sebaiknya di laptop tidak memiliki partisi yang terlalu banyak. Kalau dua partisi dirasa kurang anda bisa membagi ke dalam 3 partisi. Misalnya Local disk C untuk sistem, Local Disk D untuk data kerjaan atau tugas dan partisi E untuk menyimpan program.

2. Defrag Hardisk

Cara selanjutnya untuk merawat hardisk dengan melakukan fragmentasi hard disk, mengapa harus melakukannya  umumnya, karena data yang terlalu banyak di hard disk akan membuat kemampuan hardisk menurun. Untuk melakukan defrag hardisk anda bisa memilih defrag bawaan windows atau bisa juga menggunakan program defrag pihak ketiga seperti ultradefrag, defragler dan lain-lain.

Sebelum anda melakukan defrag, terlebih dahulu anda cek fragmentasinya jika sudah diatas 10, barulah anda bisa melakukan defrag. Prosesnya biasanya agak lama terutama jika kapasitas hardisk besar.

Apa manfaat defrag ? tentunya membuat hardisk agar tidak cepat rusak karena banyak data menumpuk, defrag juga berguna untuk meningkatkan proses read and write hardisk.

3. Mematikan Laptop dengan benar

Cara selanjutnya agar merawat hardisk laptop agar tidak cepat rusak dengan mematikan laptop dengan benar. Terlihat sepele memang tapi anda harus ingat ketika laptop menyala, hardisk bekerja. Saat dimatikan mendadak tentu hal ini akan menyiksa hardisk yang sedang memproses atau membaca data program. Biasakan selalu mematikan laptop dengan cara menekan shut down, jangan paksa menutup laptop dalam keadaan menyala. Matikan terlebih dahulu  apalagi jika anda mau berpergian. Memang ribet sih dengan cara ini tapi ini demi kebaikan hardisk laptop anda agar awet.

4. Hindari Laptop dari Guncangan

Selanjutnya sebisa mungkin jagalah laptop dan simpan dengan baik. Hindari guncangan pada laptop yang bisa berakibat kerusakan pada hardisk.Apabila laptop masih menyala anda bisa membawanya tanpa mematikan terlebih dahulu, tidak ada yang tahu saat anda sedang jalan sambil membawa laptop laptop anda jatuh dan terbentur. Tentu ini akan membuat guncangan pada hardisk dan membuat hardis berpotensi rusak atau bahkan mati total.

5. Tidak terlalu banyak menyimpan data

Jika anda mempunyai laptop dengan hard disk yang kapasitasnya tidak sesuai kebutuhan anda sebaiknya anda tidak menyimpan semua data di hard disk laptop.Jangan sampai bar penyimpanan hard disk anda sudah berwarna merah.

Data yang terlalu banyak akan membuat hard disk bekerja secara ekstra. Sebaiknya jika anda membutuhkan kapasitas hard disk yang besar anda bisa membeli hard disk eksternal untuk menyimpan berbagai data.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "CARA MERAWAT HARDISK LAPTOP AGAR AWET DAN TAHAN LAMA"

Post a Comment

Anda mungkin menyukai postingan ini :