5 MANFAAT PUASA BAGI KESEHATAN TUBUH

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Bertemu kembali dengan saya husnul, pada kesempatan yang baik ini saya akan menjelaskan artikel yang berjudul 5 manfaat puasa bagi kesehatan tubuh.Puasa artinya menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang membatalkan. Puasa dimulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim. Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 183. 

ياايهاالذين امنواكتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتكين

Artinya : Hai orang - orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang - orang sebelum kamu agar kamu bertakwa 


Rukun islam yang ketiga adalah puasa. Puasa terdiri dari puasa sunnah dan wajib namun tata caranya tetap sama.





Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay




Waktu haram puasa adalah waktu saat umat Muslim dilarang berpuasa. Hikmah puasa adalah ketika semua orang bergembira, seseorang itu perlu turut bersama merayakannya.

Puasa tidak diboleh kan pada hari - hari
Hari Raya Idul Fitri
Hari Raya idul adha
Hari-Hari Tasyrik

Puasa jangan di pandang hanya aktifitas menahan lapar dan haus saja, disamping itu puasa memiliki manfaat.Ibadah Puasa wajib dikerjakan bagi kaum muslim yang telah baligh. Orang-orang haya tahu bahwa puasa ramadhan itu wajib tapi sedikit yang tahu manfaatnya diantaranya adalah puasa menghilangkan racun didalam tubuh kita mengurangi gula darah dan lemak.


Berikut manfaat puasa untuk kesehatan :

1. Puasa membersihkan racun

Membersihkan racun dalam tubuh yang di timbulkan dari makanan olahan yang mengandung zat tambahan yang di konsumsi setiap hari. Proses penyaringan melalui organ hati tidak cukup.karena sebagian racun tersimpan dalam lemak. lemak dalam tubuh kita dibakar pada saat puasa.

Jarang berolah raga dapat menjadi penyebab dari tumbuhnya tingkat ages.Bahkan mereka pun berkontribusi

2. Puasa Mengistirahatkan Sistem Pencernaan

 Puasa mengistirahatkan pencernaan kita , kerja pencernaan yang tidak terlalu berat disiang harI, Namun fungsi pencernaan tetap bekerja pada tingkat yang rendah sehingga keseimbangan cairah dalam tubuh terjaga.

3. Puasa Mengatasi Peradangan

Membantu menurunkan efek peradangan dan alergi berdasarkan hasil penelitian contoh penyakit radang rheumatoid arthritis, dan penyakit kulit seperti psoriasis.

Baca Juga :Keutamaan Sholat di awal waktu dan manfaat sholat diawal waktu


4. Puasa Mengurangi Gula Darah

Gula darah akan turun disebabkan karena anda tidak makan berjam-jam. Tubuh akan merespon dengan menggunakan glukosa yang tersimpan dalam jaringan tubuh untuk menghasilkan puasa saat sedang puasa.Perlu diperhatikan untuk penderita diabetes perlu berkonsultasi terlebih dahulu untuk puasa dalam waktu lama. akan tetapi bagi mereka yang memiliki gula darah tinggi dan tidak menderita diabetes akan mendapat keungungan dari puasa ini

5. Puasa Membantu Mengatasi Kegemukan

 Puasa akan mengatasi kegemukan tanpa efek samping bagi orang tanpa riwayat penyakit sebelumnya. Respon pertama tubuh terhadap puasa adalah pemecahan glukosa yang tersimpan.

Kesimpulan
Puasa tidak bermakna kalau tidak membawa pelakunya kepada kedekatan terhadap Allah. Orang awam akan cepat berbuka begitu waktu buka tiba. Tetapi orang yang rohaninya ikut berpuasa, tidak akan pernah berhenti berpuasa secara rohani walaupun secara fisik ia juga berbuka sebagaimana orang lain.

Adapun pengaruh puasa bagi terdapat beberapa pengaruh bagi kesehatan, baik itu kesehatan jasmani ataupun kesehatan rohani.Dari berbagai penelitian, berpuasa terbukti memberi kesempatan beristirahat bagi organ pencernaan, termasuk system enzim maupun hormon diri dan puasa juga dapat menguatkan pertahanan kulit, sehingga dapat mencegah penyakit kulit yang disebabkan oleh kuman-kuman besar yang masuk dalam tubuh manusia.

Puasa juga bisa menghindarkan kita dari potensi terkena serangan jantungdan mengurangi resiko stroke.Puasa juga dapat memperbaiki kolesterol darah.Sedangkan pengaruh bagi rohani salah satunya adalah dengan berpuasa maka mental maupun kejiwaan dapat lebih terkontrol, serta puasa juga dapat membantu mengurangi stress pada manusia dan insomnia karena masalah.

Semoga Artikel saya bermanfaat bagi penulis dan pembaca pada umumnya

Wasalamu'alaikum Wr.Wb. 

0 Response to " 5 MANFAAT PUASA BAGI KESEHATAN TUBUH"

Post a Comment