KHASIAT DAN MANFAAT BUAH MENGKUDU BAGI KESEHATAN

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan menjelaskan Artikel Tentang Khasiat dan Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan. Mengkudu Bahasa Jawa : Pace, kemudu,kudu Bahasa sundanya Cengkudu, Bahasa Madura Kodhuk, Bahasa Bali Tibah. berasal dari daerah Asia Tenggara, tergolong dalam famili Rubiaceae.

Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3-8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Darimana Asal Tanaman Mengkudu ?

Asal-usul mengkudu tidak terlepas dengan keberadaan bangsa Polinesia yang menetap di Kepulauan Samudra Pasifik. Bangsa Polinesia dipercaya berasal dari (Asia Tenggara). Pada tahun 100 SM, bangsa yang terkenal berani mengembara. Tanpa sebab yang jelas mereka menyeberangi lautan meninggalkan tanah air mereka. 


Ada kesan para pengembara itu di kecewakan oleh suatu hal dan maksud menjauhkan diri dari kehidupan sebelumnya. Setelah lama mengembara mereka sampai di sekitar Polinesia, yaitu kepulauan di sekitar Pasifik Selatan. Para petualang tersebut langsung jatuh hati saat melihat indahnya pemandangan, kondisi pantai, dan Pulaunya. 

Mengkudu dianggap barang keramat sejak 1500 tahun lalu penduduk kepulauan yang kini disebut hawai itu mengenal mengkudu dengan sebutan noni. Mereka menduga tumbuhan bernama latin Morinda citrifolia tersebut memiliki banyak manfaat. Mereka memandangnya sebagai Hawaii Magic Plant, karena buah ini dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit. 


Apa Khasiat Buah Mengkudu ?
  1. Menstabilkan tekanan darah dan aras kolestrol - otot jantung
  2. Gangguan dalam tubuh-kencing manis, sakit kepala, ginjal, buah pinggang,pundi kencing, pundi hempedu dan tiroid
  3. Mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor
  4. Sistem pernafasan-resdug,asma,bronkitis, hingus meleleh, batuk, sakit tekak,batuk kering, kolera dan bayi yang demam. 
  5. Gangguan penghadaman,perut kembung, ulcer,gastrik, cirit, beret, muntah-muntah, tidak hadam, buasir, keracunan makanan
  6. Mulut dan Tekak - Radang Tekak, Sakit Gusi dan Sakit Gigi
  7. Sakit Tulang dan Sendi
  8. Penyakit Kulit ,Bisul,luka, kurap,radang
  9. Gangguan Haid
  10. Menghilangkan gatal celah kelangkangan,pelipatan,ulat air dan penyakit kulit
  11. Memulihkan kesan umum penuaan (Awet Muda)
  12. Menghilangkan ketagihan rokok
  13. Membantu Sistem kesuburan lelaki dan wanita
  14. Meredakan kesakitan (Analgesik)
  15. Meningkatkan tenaga tubuh badan
  16. Mengurangkan stress (Tekanan)
  17. Anti - Oxidant
  18. Salah satu bahan penting bagi memacu pertumbuhan jaringan dalam tubuh badan manusia yang merupakan hasil interaksi bahan kimia antara proxeronine dan proxeronase.
  19. Interaksi dua bahan kimia proxeronine dan proxeronase bisa membantu membesarkan saluran pada usus kecil sekaligus mempercepat penyerapan bahan nutrien ke dalam sistem pencernaan. 
  20. Untuk mengembalikan kesegaran tubuh dan ketahanan protein tubuh merupakan bahan awet muda.
  21. Mengkudu juga kaya dengan bahan antioksidan, yaitu bahan yang dapat membantu memperlambat proses penuaan. Biasanya buah mengkudu dipetik dan diperam diatas garam. atau di dalam beras. Bila telah masak dapat dimakan layaknya buah lainnya. Bahkan buah mengkudu dapat dicampur dengan gulua untuk dimakan.
  22. Daun muda mengkudu dapat digunakan sebagai sayuran atau dimakan bersama dengan nasi. Kulitnya berguna untuk mengobati penyakit Malaria. Bunga mengkudu dapat digunakan untuk merawat penyakit mata. Akar mengkudu berguna untuk merawat hidung tersumbat dan pendarahan otak. 
  23. Salah satu bahan penting bagi memacu pertumbuhan jaringan dalam tubuh badan manusia yang merupakan hasil interaksi bahan kimia antara proxeronine dan proxeronase.
  24. Interaksi dua bahan kimia proxeronine dan proxeronase bisa membantu membesarkan saluran pada usus kecil sekaligus mempercepat penyerapan bahan nutrien ke dalam sistem pencernaan. 
  25. Berfungsi untuk mengembalikan kesegaran tubuh dan ketahan protein tubuh yang merupakan bahan awet muda.
  26. Mengkudu juga kaya dengan bahan antioksidan, yaitu bahan yang dapat membantu memperlambat proses penuaan. Biasanya buah mengkudu dipetik dan diperam diatas garam. atau di dalam beras. Bila telah masak dapat dimakan layaknya buah lainnya. Bahkan buah mengkudu dapat dicampur dengan gula untuk di makan. 
Kesimpulan

Bagi orang Indonesia Buah mengkudu bukanlah sesuatu yang asing. Ia dikenal secara turun temurun sebagai obat untuk berbagai macam penyakit, diantaranya : menghilangkan rasa sakit, menyembuhkan luka, gangguan pencernaan, tekanan darah tinggi, menambah nafsu makan, masalah haid, dan lain-lain.

Demikian Artikel Saya tentang Khasiat dan Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.


0 Response to "KHASIAT DAN MANFAAT BUAH MENGKUDU BAGI KESEHATAN"

Post a Comment