10 MANFAAT MENGKONSUMSI BUAH ANGGUR UNTUK KESEHATAN TUBUH

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan menjelaskan Artikel 10 Manfaat Mengkonsumsi Buah Anggur untuk Kesehatan Tubuh. Pembaca yang budiman. Anggur merupakan tanaman asli Eropa dan Asia Tengah yang kini sudah ditanam di berbagai belahan bumi, termasuk Indonesia. 


Apa Pengertian Buah Anggur ? 

Pembaca yang budiman. Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu yang merambat. Dilihat dari sejarahnya Anggur berasal dari Armenia, tetapi budidaya anggur sudah dikembangkan di Timur Tengah sejak 4000 SM. Sedangkan teknologi pengolahan anggur menjadi wine pertama dikembangkan orang Mesir pada 2500 SM.


Pembaca yang budiman. Dari mesir budidaya dan teknologi pengolahan anggur masuk ke Yunani dan menyebar ke daerah Laut Hitam sampai Spanyol, Jerman, Prancis dan Australia. Sejalan dengan perjalanan Columbus anggur dari asalnya ini mulai menyebar ke Mexico, Amerika Selatan, Afrika Selatan, Asia termasuk Indonesia dan Australia. 

Pembaca yang budiman. Penyebaran buah anggur menjadikan buah anggur mempunyai beberapa sebutan seperti Grape di Eropa dan Amerika, orang china menyebut Pu tao dan di Indonesia disebut anggur. Anggur termasuk tanaman marga Vitis. Tidak semua jenis dari marga ini dapat dimakan, yang bisa dimakan hanya dua jenis yaitu Vitis vinefera dan Vitis labrusca. 


Apakah Ciri Buah Anggur ?

Tanaman anggur jenis Vitis Vinifera mempunyai ciri :

1. Kulit tipis, rasa manis dan segar.
2. Kemampuan tumbuh dari dataran rendah hingga 300 m dari permukaan laut beriklim kering.
3. Termasuk jenis Gros Colman, Problinggo Biru dan Putih, Situbondo Kuning. Alphonso Lavalle dan Golden Champion. 

Apa Kandungan Kimia Buah Anggur ?

Pembaca yang budiman. Anggur dimanfaatkan sebagai buah segar maupun untuk diolah sebagai produk lain seperti minuman fermentasi hasil perasan anggur yang mengandung alkohol biasa disebut Wine, dikeringkan menjadi kismis dan untuk keperluan industri selai dan jeli. 

Apa 10 Manfaat Mengkonsumsi Buah Anggur untuk Kesehatan Tubuh ?

Pembaca yang budiman. Buah anggur tidak hanya sumber vitamin A,C, B6 dan folate yang baik. Tetapi juga sumber mineral penting lainnya seperti potassium, calcium, iron, phosphorus, magnesium dan selenium. 

Pembaca yang budiman. Semua vitamin yang terkandung dalam buah anggur sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.  Berikut 10 manfaat mengkonsumsi buah anggur untuk kesehatan tubuh.

1. Asma

Pembaca yang budiman. Anggur memiliki kekuatan assimilatory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Hal ini sangat baik bagi penderita asma karena dapat mengurangi masalah sesak nafas. 

2. Antibakteri

Pembaca yang budiman. Anggur merah memiliki kandungan antibakterial dan antivirus yang kuat, sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi. 

3. Alzheimer

Pembaca yang budiman. Penelitian menunjukan bahwa anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan menghindari dari penyakit Alzheimer. Hal ini disebabkan anggur mengandung resveratol, yakni sebuah polifenol yang mengurangi tingkat amylodal beta peptides pada penderita Alzheimer. 

4. Kanker Payudara

Pembaca yang budiman. Penelitian juga menunjukkan bahwa jus anggur yang berwarna ungu membantu dalam mencegah kanker payudara yang secara sifnifkan mengurangi massa tumor pada payudara. 

5. Sembelit

Pembaca yang budiman. Anggur mengandung asam organik, gula, selulosa yang dikenal sebagai pencahar. Manfaat ini sangat baik untuk mengatasi keluhan sembelit atau susah buang air besar. 

6. Kelelahan 

Pembaca yang budiman. Jus Anggur mengandung energi instan. Jus anggur yang kaya akan zat besi dapat mengurangi kelelahan diimbangi dengan istirahat yang cukup. 

7. Penyakit Jantung

Pembaca yang budiman. Tingkat oksida nitrat dalam darah akan meningkat ketika mengkonsumsi buah anggur, buah anggur bermanfaat untuk mencegah pembekuan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidannya juga dapat menghentikan oksidasi kolestrol LDL yang menghambat pembuluh darah. 

8. Pencernaan

Pembaca yang budiman. Buah Anggur bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan. 

9. Migrain

Pembaca yang budiman. Minum jus anggur murni tanpa campuran air di setiap pagi dapat menyembuhkan penyakit migrain atau sakit kepala sebelah. 

10. Gangguan Ginjal

Pembaca yang budiman. Buah anggur dapat menyingkirkan asam pada ginjal. Hal ini berarti mengurangi gangguan pada tekanan ginjal. 

Kesimpulan 

Pembaca yang budiman. Betapa besarnya mengkonsumsi buah anggur. selain mendapatkan rasa yang enak, manis dan asam dari anggur, kita bisa bersamaan mendapatkan khasiat yang luar biasa untuk kesehatan diri kita yang sudah semakin hari semakin tua umurnya. 

Demikian Artikel 10 Manfaat Mengkonsumsi Buah Anggur untuk Kesehatan Tubuh . 
Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb. 

1 Response to "10 MANFAAT MENGKONSUMSI BUAH ANGGUR UNTUK KESEHATAN TUBUH"

  1. Hanya di DEWALOTTO BO terpercaya permainan terlengkap dengan proses tercepat dan pelayanan 24jam dari kami yang siap melayanin anda semua jadi tunggu apa lagi yuk segera bergabung..
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete