MANFAAT BUAH TOMAT UNTUK KESEHATAN TUBUH DAN ZAT YANG TERKANDUNG DALAM TOMAT

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas Artikel Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan Tubuh dan Zat yang terkandung dalam Tomat. Pembaca yang budiman. Tomat merupakan jenis buah-buahan yang tergolong dalam sayuran. Kebiasaan penggunaanya menjadikan tomat termasuk dalam jenis ini. Pembaca yang budiman. Dari segi ekonomis tomat banyak dikonsumsi masyarakat.


Pembaca yang budiman. Tomat tumbuh di Amerika Tengah, Amerika Selatan, Eropa, Asia. Tanaman tomat berasal dari Amerika Tropis. Tanaman ini tidak tahan hujan, sinar matahari terik, hidup di tanah yang gembur dan subur, tumbuh bersandar pada tanaman lain dengan tinggi 0,5-2,5 m, bercabang banyak, berambut dan berbau kuat.


Terbagi berapa klasifikasi tomat ?

Pembaca yang budiman. Secara taksonomi tomat termasuk dalam klasifikasi sebagai berikut :
1. Kingdom : Plantae
2. Divisi : Spermatophyta
3. Subdivisi : Angiospermae
4. Klas : Dicotylodenae
5. Ordo : Tubiflorae
6. Sub Ordo : Myrtales
7. Famili : Solanaceae
8. Genus : Lycopersium
9.Spesies : Lycopersicon esculentum Mill 

Pembaca yang budiman. Kuntum bunganya terdiri dari lima helai daun kelopak dan lima mahkota. Daun tomat berwarna hijau dan berbulu. Bunga tanaman tomat berwarna kuning. Buahnya berbentuk bulat, bulat lonjong, bulat pipih, atau oval. Buah yang masih muda berwarna hijau muda sampai hijau tua. 

Pembaca yang budiman. Buah yang sudah tua berwarna merah cerah atau gelap, merah kekuning-kungingan, atau merah kehitaman. Pigmen karotenoid yang terdapat pada buah misalnya likopen yang terdapat pada buah tomat, semangka dan pepaya, akan memberikan warna merah. Buahnya memiliki daging buah yang lembut lunak, dan kadang-kadang banyak mengandung biji. 

Pembaca yang budiman. Buah tomat memiliki rasa manis, asam, dan sedikit dingin. Buah tomat memiliki beberapa varietes. Buah tomat menurut bentuknya, dapat digolongkan menjadi : Tomat Cherry (Lycopersicon esculentum Mill,var. Cerasiforme (Dun) Alef), Bentuknya seperti kelengkeng. Tomat tegak (Lycopersicon esculentum Mill, var. validim bailey) Tomat Kentang atau Tomat Daun Lebar ( (Lycopersicon esculentum Mill, var. pyriforme Alef). Tomat Biasa ( (Lycopersicon esculentum Mill, var.commune). 

Apa kandungan kimia yang terkandung dalam tomat ?

Pembaca yang budiman. Menurut Satria Putra, (2013:229) nilai nutrisi per 100 gram dapat dilihat di table di bawah ini. 

KOMPONEN                 Kadar

Energi :                           18 kkal
Protein :                          1 gr
Lemak :                           0,2 gr
Karbohidrat :                  4 gr
Vitamin C :                    13 MG
Air :                                95 gr
Diet Serat :                     1 gr
Gula :                              2,6 gr

Kandungan lainnya : Likopen, Saponin,Solanin dan histamin.

Apa Manfaat Tomat untuk kesehatan ?

Pembaca yang budiman. Banyak khasiat tomat untuk kesehatan tubuh diantaranya :

1. Menangkal Radikal bebas. 
Tomat mempunyai kandungan Lycopene, yaitu semacam anti oksidan yang sangat berguna untuk menghancurkan radikal bebas akibat polusi kendaraan, asap rokok dan zat berbahaya lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Lycope juga diketahui berperan aktif dalam mencegah rusaknya sel yang bisa mengakibatkan kanker, seperti kanker prostat, kanker mulut rahim dan sebagainya. 

2. Mengurangi resiko serangan jantung. 
Buah tomat juga bisa menurunkan resiko terkena gangguan maupun penyakit jantung, karena buah tomat dipercaya mampu mencegah penggumpalan darah sehingga aliran darah pada tubuh bisa lancar.

3. Menghambat pertumbuhan sel kanker.
Sel kanker mampu dihambat disebabkan kandungan likopen tinggi. Kandungan likopen tinggi setelah dimasak. Bogadenta, (2012:87) tomat yang dimasak memiliki antioksidan dengan konsentrasi paling tinggi.

4. Mencegah penuaan dini. 
Tomat ampuh berperan dalam menghambat penuaan dini pada kulit, hal ini mampu dibuktikan dengan adanya eksperimen - eksperimen. Bogadenta, (2012:87) sebuah eksperimen dilakukan pada dua puluh relawan. Sepuluh dari mereka, setiap hari diberi 55 g pasti tomat dan 10 g minyak zaitun, sementara sepuluh peserta lainnya hanya diberikan minyak zaitun. Dalam jangka waktu tiga bulan, kulit peserta yang mengonsumsi tomat memperlihatkan bahwa kulit mereka terlindungi dari sinar ultraviolet yang berbahaya sebesar 33%. Selain itu, mereka juga memiliki tingkat procollagen yang lebih tinggi, sehingga kulit tetap kenyal dan awet muda. 

5. Menjaga kesehatan mata 
Tingginya kadar vitamin A pada tomat sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Bila rutin mengkonsumsi buah tomat, baik dimakan langsung atau dijadikan minuman jus, penglihatan terus terjaga dan tidak mudah rabun sampai tua.

6. Mengobati jerawat. 
Jerawat merupakan masalah kulit yang biasa dihadapi oleh sebagian besar remaja saat ini. Banyak pilihan pengobtan yang dilakukan, terutama obat-obat sintetis yang memiliki efek samping misalnya terjadi kanker kulit. Namun salah satu alternatif lain yang ampuh mengobatinya adalah dengan buah tomat. Menurut Bogenta. (2012 : 88) zat likopen dalam tomat ini bersifat antiinflasi, yaitu dapat menyembuhkan luka dan jerawat. 

Kesimpulan.
Pembaca yang budiman. Tomat merupakan buah dengan manfaat banyak, tomat diperlukan tubuh. Tomat juga memiliki kandungan gizi yang cukup banyak. 

Demikian Artikel tentang manfaat buah tomat untuk kesehatan tubuh dan zat yang terkandung dalam tomat.
Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb. 

0 Response to "MANFAAT BUAH TOMAT UNTUK KESEHATAN TUBUH DAN ZAT YANG TERKANDUNG DALAM TOMAT"

Post a Comment