MANFAAT BUAH MENTIMUN DAN KANDUNGAN-KANDUNGAN YANG TERDAPAT PADA BUAH MENTIMUN

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Artikel Tentang Manfaat Buah Mentimun dan Kandungan - Kandungan yang terdapat pada Buah Mentimu. Pembaca yang budiman. Mentimun merupakan tumbuhan yang biasa dimakan oleh masyarakat secara mentah (lalap). Mentimun alias timun dapat pula dimakan sebagai teman nasi. 

Pembaca yang budiman. Buah mentimun ternyata banyak kandungan gizi yang mengandung vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Mentimun berasal dari Cina bagian tengah dan barat. Mentimun juga ditemukan juga di India timur laut dan Myanmar. Mentimun atau biasa disingkat dengan sebutan timun itu dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Oleh karena itu didataran rendah orang masih banyak bertanam timun, misalnya di Dramaga, dan ciomas (Bogor).

Mentimun alias timun dikenal memiliki banyak manfaat lain selain sebagai lalapan dan bahan acar. Karena mentimun banyak mengandung vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Karenanya, bisa pula digunakan sebagai obat sariawan, merawat kulit dan wajah, melancarkan buang air seni, menurunkan tekanan darah tinggi, obat jerawat, dan obat demam. Jadi, tidak salah kalau banyak orang yang menyukainya.

           Apa Manfaat Mentimun ?
Timun (cucumis sativus) merupakan buah-buahan murah dan mudah yang dapat di jumpai di sepanjang musim. Dan timun adalah tanaman merambat yang mempunyai sulur dahan berbentuk spiral. Biasanya ditanam di sawah dan di ladang-ladang sebagai tanaman untuk sayur ataupun rujak. Timun ada beberapa jenis, antara lain watang, turus, suri, dan krai.timun dikenal  memiliki banyak manfaatnya dalam kehidupan dan manfaatnya beragam mulai dari sebagai obat alami, obat kecantikan, bahkan juga untuk pemberantas hama dan membersihkan rumah.sebagai obat herbal antara lain untuk menyembuhkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, pelangsing badan, atasi selulit, obat diare, sariawan, thypus.
Timun mentah bersifat menurunkan panas dalam, meningkatkan stamina, dan lain-lain. Selain itu, timun juga mengandung flavonoid dan polifenol sebagai antiradang serta mengandung asam malonat yang berfungsi menekan gula agar tidak berubah menjadi lemak, yang baik untuk mengurangi berat badan.Kandungan seratnya yang tinggi berguna untuk melancarkan buang air besar, menurunkan kolesterol, danmenetralkan racun. Mentimun juga mengandung kukurbitasin C, yang berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit hepatitis.

            Apa  Kandungan-kandungan yang terdapat pada timun ?
Kandungan zat gizi per 100 gram berat timun: energi 12 kalori,protein 0,7 gr, lemak 0,1 gr, karbohidrat 2,7 gr,kalsium 10 mg,fosfor 21 mg,besi 0,3 mg, vitamin A 0 RE, vitamin C 8. 0mg, vitamin B 0,3 gr. Kandungan mineral yang ada pada timun adalah potassium,magnesium, kalium,zat besi,fosfor.karean kandungan potassium,madgesium dan fosfor ini, timun bagus untuk obat alami hipertensi.


            Apa Khasiat kulit timun ?
Ketika kita mengkonsumsi buah timun, sebaiknya makanlah dengan kulit-kulitnya.karena Zat silika banyak terdapat pada kulit timun. bagi tubuh kita, zat ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan kuku. Dalam kesehariannya, tubuh kita membutuhkan sekitar 5 mg Silika dan semuanya bisa kita dapatkan hanya dengan mengkonsumsi satu buah timun.

            Apa  Khasiat buah timun ?
  •  Kandungan silikon, fluorin, dan kalium, dan sebaliknya, rendah kalori, sehingga mampu membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak di dalam tubuh.
  • Timun dapat memberikan rasa sejuk dalam mulut untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan atau luka sariawan. Selain itu juga, timun bisa mengobati sariawan, bengkak pada mata akibat kelelahan.
  • Kandungan air ketimiun sangat tinggi (hingga 90%)sehingga timun dapat memperlancar buang air kecil dan Menurunkan Darah Tinggi.
  • Untuk mengatasi mata yang sering mengantuk.
  •  Obat Jerawat.
  • Obat Demam.
  • kandungan racun alkoloid jenis hipoxanti pada biji timun untuk mengobati anak – anak yang menderita cacingan.
  • Mentimun juga sering berkhasiat sebagai obat kecantikan alami.
  •  Timun juga dapat menurunkan berat badan karena kandungankalorinya sangat rendah dan kaya akan serat.
       Timun berkhasiat sebagai obat anti serangga.
       1.  Dapat Mengobati sengatan lebah.
       2. Sebagai Obat thypus.
       3.  Rasa pahit yang terdapat pada timun dapat menjadi sebagai obat anti kanker.


      Kesimpulan

Dari pembahasan di atas saya dapat menyimpulkan bahwa mentimun adalah salah satu buah yang memiliki banyak khasiatnya,mulai dari kulit hingga isinya. Dan khasiatnya sendiri telah banyak menyembuhkan dari berbagai penyakit. Mulai dari penyakit yang ringan hingga pada penyakit yang berat. Dan  timun  juga tidak hanya bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit,tetapi timun juga bermanfaat untuk obat anti serangga dan obat kecantikan alami.

Demikian Artikel Tentang Manfaat Buah Mentimun dan Kandungan-Kandungan yang terdapat Pada Buah Mentimun. 
Semoga bermanfaat. 
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.


0 Response to "MANFAAT BUAH MENTIMUN DAN KANDUNGAN-KANDUNGAN YANG TERDAPAT PADA BUAH MENTIMUN"

Post a Comment