Apa itu Laporan Penelitian ?

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas Artikel Tentang Apa itu Laporan Penelitian ? Pembaca yang budiman. Laporan Penelitian Laporan adalah dokumen (sesuatu yang memberikan bukti-bukti) tertulis yang berfungsi sebagai media komunikasi antara peneliti dan pembaca. Syarat-syarat penulisan laporan penelitian di antaranya sebagai berikut. 

Apa itu Laporan Penelitian ?


a. Penelitia/penulis harus mengetahui kepada siapa laporan ditujukan. 
b. Penulis harus menyadari bahwa pembaca tidak mengikuti semua kegiatan penelitian, sehingga sudah seharusnya langkah demi langkah penelitian dijelaskan dengan baik. 
c. Penulis harus menyadari bahwa latar belakang pengetahuan, pengalaman, dan minat dari pembaca laporan tidak sama. 
d. Laporan penelitian merupakan elemen penting dalam proses kemajuan ilmu pengetahuan sehingga harus dibuat dengan bahasa yang komunikatif, baik dan benar, serta penyusunannya sistematis. 
Bentuk laporan beragam dan dipengaruhi oleh karakter pembaca, jenis laporan ilmiah, dan outline/susunan laporannya. 

Berikut ini penjelasannya. 

1. Pembaca 

Pembaca laporan penelitian secara umum dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu sebagai berikut. 
a. Masyarakat umum, laporannya harus praktis dan langsung dapat digunakan oleh masyarakat (biasanya berbentuk brosur)

b. Masyarakat ilmiah, bentuknya berupa skripsi, tesis, disertasi, monograf, dan artikel ilmiah. Semuanya berisi penjelasan yang mendalam. 

c. Sponsor peneliti, laporannya harus sesuai dengan keinginan sponsor karena mereka yang membiayai penelitian tersebut. 

2. Jenis Laporan Ilmiah

Jenis laporan ilmiah terbagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut. 

a. Laporan monograf, berisi proses penelitian menyeluruh sesuai dengan metodologi ilmiah dan faktanya riil/nyata.

b. Artikel ilmiah, difokuskan pada masalah penelitian tunggal yang objektif atau mengambil aspek tertentu dari laporan lengkap. 

c. Laporan untuk administrator, dibuat tidak terlalu lengkap karena tidak merinci tentang rencana pelaksanaan penelitian dan hanya melaporkan hasil penelitian saja. 

3. Outline/Susunan Laporan 

Outline / susunan laporan meliputi pernyataan tentang masalah penelitian, prosedur penelitian, hasil dan penemuan – penemuan, serta implikasi yang ditarik dari penelitian tersebut. Secara garis besar, laporan penelitian terdiri atas tiga bagian besar, yaitu : bagian pendahuluan, bagian isi/badan laporan, dan bagian penutup. 

a. Bagian Pendahuluan (Preliminary Materials)

1) Halaman Judul 

Pada halaman ini, dicantumkan judul penelitian yang ditulis jelas, ringkas, dan menggambarkan isi. Selain itu, dicantumkan juga nama penyusun, nama lembaga, nama tempat, dan tahun penyusunan laporan. 

2) Kata Pengantar 

Kata pengantar adalah uraian pendek dari penulis tentang penelitiannya. Pada halaman ini, diuraikan tentang tujuan penelitian, masalah yang dihadapi, siapa sponsor ataupun pembimbing, dan ucapan terima kasih kepada pihak yang membantu penelitian. 

3) Daftar isi 

Daftar isi memuat gambaran menyeluruh tentang isi laporan dan menunjukkan bagian-bagian laporan sehingga hubungan antara satu dengan yang lainnya akan dapat diketahui. Semua bagian laporan dicantumkan secara urut sesuai dengan halamannya. 

4) Daftar table gambar dan grafik 

Apabila tidak ada tabel, gambar, maupun grafik, maka halaman ini tidak perlu dibuat, Daftar tabel dibuat nomor urut dan disertai dengan judul tabel lengkap dengan halamannya. 

b. Bagian Isi Laporan (Body of the Paper)

1) Bab Pendahuluan 

Pada bagian ini, ditampilkan perumusan masalah, ruang lingkup, kegunaan teoretis, serta kegunaan praktis dari penelitian yang dilakukan. Bagian ini mencakup latar belakang dan tujuan penelitian. 

2) Bab tinjauan pustaka 

Bagian ini memberikan gambaran tentang hal-hal yang sudah ditulis oleh peneliti lain, dan mengapa penelitian ini penting dilakukan. Peneliti juga mengungkapkan alur berpikirnya dengan merangkum penemuan yang telah lalu dan memberikan jembatan dengan hal yang akan dilakukan. 

3) Bab metodologi penelitian 

Bab ini menjelaskan subjek, objek, ruang lingkup penelitian, teknik pengumpulan data, cara pengolahan data, dan analisis data yang digunakan. Metodologi biasanya dikemukakan dalam proposal penelitian (rancangan penelitian).

4) Bab pelaksanaan penelitian 

Pada bab ini, peneliti menguraikan tentang proses pelaksanaan peneliti, baik validitas instrument maupun proses pengumpulan dan analisis datanya. 

5) Bab hasil penelitian dan pembahasan 

Bab ini merupakan inti dari laporan penelitian. Pada bab ini, peneliti menguraikan seluruh hasil penelitian, membandingkan, dan menguraikan jawaban dari rumusan masalah. 

6) Bab simpulan dan saran 

Simpulan dibuat singkat, padat, dan jelas. Adakalanya, pada bagian ini diberikan saran-saran pemecahan masalah penelitian untuk dilaksanakan dan adanya masalah-masalah baru yang perlu diteliti lagi lebih lanjut. 

c. Bagian Penutup 

1) Daftar Pustaka

Daftar pustaka berisi daftar semua buku sumber yang digunakan untuk menunjang penelitian yang dilakukan. Hal yang perlu dikemukakan adalah nama penulis, tahun penerbitan, judul buku, tempat penerbitan, dan nama penerbitan. 

2) Lampiran

Lampiran memuat hal-hal yang perlu diketahui pembaca, antara lain contoh format kuesioner, format wawancara atau pedoman pengamatan, serta dokumen penting lainnya, seperti foto ataupun naskah tertentu. 

Demikian Artikel tentang Apa itu Laporan Penelitian semoga bermanfaat. Amin

Wassalamu'alaikum Wr.Wb. 

1 Response to "Apa itu Laporan Penelitian ?"

  1. dewa kemenangan hanya ada di dewalotto dengan peluang menang dan beragam jenis permainan mendorong anda supaya bisa memainkan permainan kami
    yuk silahkan kunjungin ya hnya di dewalotto :)
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete