LANGKAH-LANGKAH OBSERVASI

Assalamu’alaikum Wr.Wb. 

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas Artikel Tentang Langkah-Langkah Observasi Berikut Langkah-langkah observasi, yaitu sebagai berikut. 




a) Menentukan tujuan penelitian

Sebelum terjun ke lapangan, seorang peneliti harus mengetahui terlebih dahulu tentang tema yang diambil dalam penelitian. Berdasarkan tema itulah peneliti menentukan topik penelitian. 

b) Menentukan kelompok subjek yang akan di observasi 

Subjek penelitian adalah kelompok yang akan diobservasi dan diharapkan mereka dapat memberikan sejumlah informasi nonverbal kepada peneliti. 

c) Menerobos masuk ke kelompok subjek yang diteliti 

Memasuki kelompok subjek peneliti bukanlah suatu perkara yang mudah, apalagi jika antara peneliti dengan subjek terdapat perbedaan, seperti budaya, bahasa, dan lain-lain. Kesulitan ini dapat diatasi, misalnya menggunakan pertemanan dengan orang yang ada dalam lingkungan subjek atau bisa juga dengan menggunakan jasa perantara. 

d) Mengakrabkan diri dengan subjek yang diteliti

Situasi akrab sangatlah penting untuk menjadikan subjek menjadi pribadi-pribadi yang terbuka, sehingga situasi penelitian tidak berlangsung dalam situasi yang formal. 

e) Melakukan penelitian dengan mengamati dan mencatat keadaan lapangan dalam jangka waktu tertentu. 

f) Pengamatan hendaknya dilakukan secara professional. Artinya, peneliti tidak mencolok, sehingga orang yang diteliti berada dalam situasi yang normal, tidak dibuat-buat atau bahkan overacting.

g) Mengatasi krisis yang terjadi

Apabila ada masalah yang mucul, seorang peneliti harus dapat mengatasinya secara baik. 

h) Keluar dari penelitian pengamatan 

Peneliti harus mengetahui bahwa setelah data yang diperlukan diperoleh, ia harus mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang terlibat dan memohon maaf bila terjadi kesalahan – kesalahan selama pelaksanaan penelitian. Peneliti harus menunjukkan kesan bahwa masyarakat adalah guru-guru yang terbaik dalam memahami realitas sosial. 

i) Menganalisis data dan menulis laporan penelitian. 

Demikian Artikel kali ini semoga bermanfaat. 

Wassalamu’alaikum Wr.Wb. 






1 Response to "LANGKAH-LANGKAH OBSERVASI "

  1. Haloo kami datang lagi dengan program menarik hanya 20 rb bisa dapatin hadiah jutaan rupiah penasaran
    yuk bergabung dengan kami di DEWALOTTO ya buruan... :)
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete