KELEBIHAN DAN KEKURANGAN OBSERVASI

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas Kelebihan dan Kekurangan Observasi. Observasi sebagai alat pengumpulan data tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan, berikut kelebihan dan kekurangan observasi.



KELEBIHAN DAN KEKURANGAN OBSERVASI


Kelebihan Observasi

a)  Terdapat kemungkinan untuk mencatat hal-hal perilaku, pertumbuhan, dan sebagianya, saat kejadian atau perilaku tersebut terjadi.
b)     Dapat memperoleh data dari subjek, terutama yang tidak dapat ataupun tidak mau berkomunikasi secara verbal, seperti seperti bayi.
c)   Objek penelitian yang selalu sibuk, lebih diteliti melalui observasi daripada diberi angket atau mengadakan wawancara.
d)    Memungkinkan pencatatan serempak terhadap berbagai gejala, karena dibantu observer atau alat lainnya.

Kelemahan Observasi

a)  Diperlukan waktu yang lama untuk memperoleh hasil observasi langsung terhadap sesuatu kejadian. Misalnya, untuk mengetahui upacara penguburan jenazah pada suatu suku tertentu, observer harus menunggu sampai ada orang yang meninggal.
b) Pengamatan terhadap suatu fenomena yang telah terjadi dapat dilakukan secara langsung. Misalnya, untuk mengamati sejarah kehidupan seseorang yang tidak akan bisa dilaksanakan.
c)  Ada beberapa kegiatan yang datanya tidak mungkin diperoleh melalui observasi. Misalnya, masalah kehidupan rumah tangga seseorang rahasia pribadi seseorang, dan lain-lain.
d)  Ada kecenderungan responden responden yang mengetahui dirinya sedang diobservasi, akan bertingkah laku sesuai yang diinginkan oleh observer.
e)  Observasi dapat terhenti karena adanya gangguan-gangguan yang tidak dapat dihindari seperti hujan, bencana alam, kebakaran, dan lain-lain.

Demikian Artikel kali ini semoga bermanfaat. Bagi pembaca dan penulis. Amin

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.



1 Response to "KELEBIHAN DAN KEKURANGAN OBSERVASI"

  1. Wahh ini dia kami memberikan hadiah gede nyata dan BONAFIT dengan bergabung dengan kami hanya di DEWALOTTO proses cepat pelayanan ramah yukk...
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete