APA ITU OBSERVASI ?

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas Artikel tentang Apa itu Observasi ? Pembaca yang budiman. Observasi adalah kegiatan pemusatan perhatian terhadap suatu objek dengan menggunakan seluruh pancaindra. Oleh sebab itu, observasi dapat dilakukan melalui penghlihatan, pendengaran, peradaban, dan pengecapan.

APA ITU OBSERVASI ?


Observasi dapat dikatakan sebagai alat pengumpul data apabila observasi/pengamatan tersebut memiliki kriteria sebagai berikut.

a)      Pengamatan telah direncanakan secara sistematik.
b)      Pengamatan harus berkaitan dengan tujuan penelitian.
c)       Pengamatan harus dicatat secara sistematis.
d)      Pengamatan dapat dicek dan dikontrol kebenarannya.

Berikut Hal-hal yang biasanya digunakan menjadi bahan pengamatan seorang peneliti dalam metode observasi adalah sebagai berikut.

a)    Partisipan, menyangkut siapa saja yang terlibat dalam kegiatan yang diamati, status mereka, dan hubungan mereka dengan kegiatan tersebut.
b) Kegiatan, menyangkut apa yang dilakukan oleh partisipan, apa yang mendorong mereka melakukannya, bagaimana bentuk kegiatan tersebut, dan apa akibat kegiatan tersebut.
c)   Tujuan, mengukur apa yang diharapkan partisipan, baik dalam bentuk tindakan, ucapan, ekspresi muka, maupun gerak tubuh.
d)     Ruang atau tempat, menyangkut lokasi peristiwa yang diamati langsung.
e)     Waktu, menyangkut jangka waktu kegiatan yang diamati.
f)     Benda atau alat, menyangkut jenis, bentuk, bahan, dan kegunaan benda atau alat-alat yang dipakai pada saat kegiatan pengamatan.

Berdasarkan keberadaan pengamat di lapangan, observasi dapat dibedakan sebagai berikut.

a)      Pengamatan terlibat (observasi patisipasinya)
Observasi partisipasi merupakan observasi yang dilakukan oleh seorang peneliti dengan cara melibatkan diri atau terjun langsung ke dalam lingkungan objek yang diteliti. Dalam observasi ini, ada dua macam partisipasi, yaitu partisipasi sebagai dan partisipasi secara penuh. Partisipasi sebagian maksudnya peneliti hanya terlibat dengan objek peneliti pada waktu – waktu tertentu yang sesuai dengan pengambilan data. Sementara itu, partisipasi secara penuh berarti peneliti melibatkan diri secara penuh ke dalam objek pengamatan. Observasi partisipasi sebagian misalnya, ketika peneliti ingin melibatkan kehidupan petani, peneliti tidak harus terlibat secara penuh sebagian petani seperti turun ke sawah, memanen padi, dan lain-lain, tetapi cukup tinggal bersama mereka kemudian mengamati dan terlibat dalam kehidupannya. Adapun partisipasi penuh misalnya kita ingin mengetahui kehidupan gelandangan, maka peneliti terjun langsung dan berbaur dengan mereka.

b)      Observasi tak terlihat (observasi nonpartisipan)
Observasi nonpartisipasi merupakan observasi yang dilaksanakan tetapi penelitian tidak terlihat secara langsung ke dalam objek pengamatan. Walaupun demikian, peneliti tetap dapat memperoleh gambaran mengenai objeknya. Misalnya, seorang peneliti yang ingin mengetahui kehidupan para gelandangan dan pengemis di pasar-pasar, ia tidak perlu terjun langsung menjadi gelandang atau pengemis. Peneliti cukup mengamati perilaku, kegiatan, atau aktivitas – aktivitas yang lain dari para gelandangan dan pengemis tersebut.

Demikian Artikel Saya kali ini, semoga bermanfaat. 

Wassalamu'alaikum Wr.Wb. 






1 Response to "APA ITU OBSERVASI ?"

  1. Hallo kami dari DEWALOTTO ingin membagikan rejeki kepada anda semua hanya dengan bermain bersama kami yuk silahkan buktikan sendiri ya..
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete