FUNGSI PENELITIAN

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas Artikel Tentang Fungsi Penelitian Pada dasarnya, penelitian memiliki fungsi untuk menemukan, mengembangkan, serta menguji kebenaran suatu pengetahuan. Secara garis besar, dapat dikemukakan bahwa fungsi penelitian adalah sebagai berikut. 





  • Penjajakan (eksploratif), yaitu suatu penelitian berfungsi untuk menemukan sesuatu yang baru, sehingga hasil-hasil penelitian ini dapat mengisi kekosongan atau kekurangan ilmu. 
  • Pengujian (verifikatif), yaitu suatu penelitian berfungsi untuk menguji kebenaran suatu pengetahuan yang sudah ada. 
  • Pengembangan (developmental), berarti bahwa suatu penelitian berfungsi untuk mengembangkan pengetahuan yang sudah ada. 



Jenis-jenis Penelitian

Secara umum, penelitian dapat dibagi dalam enam kelompok besar, yaitu berdasarkan tujuan, metode/pendekatan, bidang studi, tempat penelitian, cara pembahasan, dan jenis data yang terkumpul. Pembagian jenis-jenis penelitian menurut kriteria tersebut dapat diuraikan sebagai berikut. 

Penelitian berdasarkan tujuannya dibedakan menjadi dua, yaitu penelitian dasar dan penelitian terapan. 

a. Basic Research/Penelitian Dasar

Penelitian dasar yaitu penelitian murni untuk mengembangkan dan memperdalam suatu ilmu pengetahuan. Contohnya, penelitian tentang tata surya, genetika, dan lain-lain. 

b. Applied Research/Penelitian Terapan

Penelitian terapan adalah penelitian yang dilakukan untuk mengumpulkan informasi dan membantu memecahkan suatu persoalan dalam kehidupan sehari-hari dan diarahkan untuk penggunaan secara praktis dalam kehidupan. Hasil penelitian digunakan untuk perbaikan kehidupan. Misalnya, penelitian metode pembelajaran yang efektif, penelitian tentang anti virus HINI (flu babi), penelitian mesin, dan lain-lain. 

Berdasarkan metode yang digunakan penelitian dibagi menjadi empat macam, yaitu penelitian historis, penelitian survey, penelitian eksperimen, dan penelitian observasi. 

a. Penelitian Historis

Penelitian historis merupakan penelitian yang berusaha mengkaji peristiwa yang telah terjadi di masa lalu. Contohnya, penelitian tentang system pemerintahan pada zaman Kerjaaan Majapahit, kehidupan manusia purba, dan lain-lain. 

b. Penelitian Survei 

Penelitian survey adalah penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi dari berbagai individu/kelompok. Penelitian ini dilakukan dengan cara pengambilan angket, wawancara, atau mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data.

c. Penelitian Eksperimen

Penelitian eksperimen adalah penelitian yang memanipulasi (mengatur, merekayasa) situasi alamiah menjadi situasi artificial/buatan sesuai dengan tujuan penelitian. Misalnya, pengaruh penggunaan suplemen makanan. Cara meneliti hal tersebut, kita dapat memperbandingkan sampel yang mengkonsumsi suplemen dan sampel yang tidak mengonsumsi suplemen. 

d. Penelitian Observasi

Penelitian observasi yaitu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh informasi dengan mengamati tingkah laku objek penelitian secara langsung. Saat melakukan penelitian ini, peneliti mencatat maupun merekam langsung data yang diperoleh. 

Demikian Artikel kali ini, semoga bermanfaat. Amin

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.



1 Response to "FUNGSI PENELITIAN"

  1. Hanya di DEWALOTTO BO terpercaya permainan terlengkap dengan proses tercepat dan pelayanan 24jam dari kami yang siap melayanin anda semua jadi tunggu apa lagi yuk segera bergabung..
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete