Tata Cara Pembuatan Surat Umum dalam Gerakan Pramuka

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan yang baik ini Saya akan Artikel Tentang Tata Cara Pembuatan Surat Umum dalam Gerakan Pramuka. Pembaca yang budiman. Karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas Tata Cara Pembuatan Surat umum dalam Gerakan Pramuka, maka kita awali dengan kata.

Salam Pramuka
Untuk pemula dan menjadi kontributor media sangatlah tidak mudah karena harus di varifikasi oleh aturan-aturan tertentu, begitupun dengan tata cara penggunaan dan pembuatan surat menyurat dalam sebuah organisasi, terutama Organisasi Kepanduan atau yang biasa dikenal sebagai Gerakan Pramuka, Seluruh pelaksanaan organisasi pramuka Sudah mengacu kepada UU NO 12 Tahun 2010, AD/ART Gerakan Pramuka, Petunjuk Penyelenggara, dan Sistem Administrasi Kwartir untuk Administrasi surat menyurat.



Tata Cara Pembuatan Surat Umum dalam Gerakan Pramuka




Baiklah tanpa panjang lebar, saya akan membagikan Tata Cara Pembuatan Surat Umum dalam Gerakan Pramuka. 

Baca Juga :

Berikut penjelasannya.

1.     Kop Surat Dengan Nama "GERAKAN PRAMUKA" cantumkan Ranting dan gugus depan
2.     Logo sejajar dengan kop surat terletak di sebelah kiri dan kanan kop surat dengan tata letak Kitri sebelah kiri dan wosm sebelah kanan.
3.     Kop surat diberi garis panjang sepanjang marge mail dengan komposisi 2 garis hitam dengan ukuran yang berbeda.
4.     Baris selanjutnya yang berposisi disebelah kiri yaitu NOMOR surat Dan posisi kanan yaitu titik Mangsa atau Waktu Terbitnya surat.
5.     Dibawah nomor terdapat Lampiran dengan jumlah yang akan dilampirkan.
6.     Selanjutnya adalah Perihal atau fungsi surat yang akan diedarkan, contoh "Undangan Kegiatan"
7.     Tujuan surat dengan disertakan Kepada Yth. Yang dituju, dan Tempat tujuan surat
8.     Mukadimah atau Pembukaan yang diiringi Salam terlebih dahulu
9.     Selanjutnya adalah Isi dari surat tersebut, yang diawali dengan Sehubungan atau menindak lanjuti surat dan atau kegiatan sebelumnya
10. Waktu, dan tempat kegiatan yang akan dilaksanakan haruslah tertera pada Isi Surat
11. Penegasan, berfungsi untuk menegaskan surat tersebut kepada seseorang atau lembaga yang dituju.
12.  Penutup Yang diiringi ucapan terima Kasih
13. Lembaga Pengirim surat di sertakan jabatan, nama dan tanda tangan yang mengirim surat.
14. Stempel Lembaga harus di tempel basah atau asli agar menguatkan bahwa surat itu bersifat resmi dengan diketahui oleh pimpinan lembaga, agar tidak terjadi pemalsuan dokumen atas nama lembaga.
15. Tembusan, haruslah kepada pimpinan atau lembaga yang lebih tinggi dan berfungsi untuk menaikan elektabilitas surat bahwa surat tersebut Diketahui atau dihadiri oleh lembaga dan atau pimpinan yang lebih tinggi.

Demikian Tata cara pembuatan Surat umum dalam gerakan pramuka sebagai bahan referensi teman-teman dalam melakukan kegiatan. dan pada dasarnya sama saja dengan pembuatan surat biasa pada umumnya , hanya saja kadang kita bingung bagaimana cara mengolah kata agar menjadi kalimat yang efisien dan efektif dan tidak terkesan monoton.

Demikian Penjelasan Dari Saya, Apabila terdapat kekeliruan, mohon dikomentari agar tidak sesat dijalan, karena saya pun masih sama belajar untuk menggali ilmu, salam sejahtera bagi kita semua.

Ikhlas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana

Salam pramuka

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.


1 Response to "Tata Cara Pembuatan Surat Umum dalam Gerakan Pramuka"

  1. Hai semua silahkan kunjungin kami agent terpercaya yang menawarkan hadiah puluhan juta dengan cara yang simple saja jadi yuk berkunjung hanya di dewalotto ya thankss..
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete