PERLENGKAPAN PRAMUKA PENGGALANG YANG HARUS KAMU TAHU


Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas Artikel Tentang Perlengkapan Pramuka Penggalang yang harus kamu tahu. Pramuka penggalang adalah sebuah tingkatan setelah pramuka siaga, kita yang pernah ikut pramuka penggalang pastinya suka memakai perlengkapan yang di haruskan dipakai, lalu apa saja perlengkapan pramuka penggalang? Sebagai anggota pramuka penggalang, kita harus memakai perlengkapan yang harus ada sebagai pramuka penggalang.

Perlengkapan Pramuka Penggalang yang harus kamu tahu


Berikut perlengkapan pramuka penggalang yang harus kamu tahu.
  1. Seragam pramuka lengkap yang terdiri dari atasan dan bawahan berupa celana kompol berwarna coklat tua,
  2. Hasduk atau stangan leher,
  3. Kabaret
  4. Tanda tutup kepala,
  5. Lambang kepanduan dunia atau WOSM,
  6. Lambang Tunas Kelapa atau tanda Pelantikan,
  7. Lambang daerah provinsi kota,
  8.  Tanda kecakapan umum,
  9. Tanda Jabatan,
  10. Tanda regu yang biasa di simbolkan dengan flora dan fauna,

Baca Juga :


Penjelasan Pemasangan Atribut Pramuka Penggalang
  1. Tanda Tutup Kepala, yang mempunyai bentuk lingkaran untuk putri, dan berbentuk segi delapan untuk putra, untuk pemasangannya untuk putri di pasang di topi pramuka bagian depan, untuk pria di samping kiri kabaret pramuka.
  2. Tanda Pandu Dunia WOSM yang berwarna dasar ungu, untuk putri berbentuk lingkaran, yang di pasang di kerah baju sebelah kanan, sementara untuk putra berbentuk persegi di pasang di dada di atas papan nama sebelah kanan.
  3. Tanda Pelantikan, yang mempunyai dasar warna coklat tua, untuk putri berbentuk lingkaran, yang di pasangkan di kerah baju sebelah kiri, sementara untuk putra di pasang di dada sebelah kiri, di bawah lipatan baju.
  4. Papan nama, yang mempunyai warna dasar coklat, untuk pemasanganya untuk putra dan putri sama di pasang di dada sebelah kanan di atas lipatan baju dan di bawah tanda pandu dunia WOSM.
  5. Tanda lokasi Kwarcab, yang memuat nama kwartir cabang untuk pemasangannya baik putra maupun putri di pasang di lengan baju sebelah kanan paling atas,
  6. Tanda gugus depan, yang berisi nomor gugus depan di mana seorang anggota pramuka bergabung, untuk pemasangannya baik putra dan putri di pasang di lengan sebelah kanan, posisinya tepat di bawah tanda kwarcab, untuk anggota putri nomor gudepnya genap dan untuk putra ganjil.
  7. Lencana atau Badge Daerah, yang memuat lambang kwartir daerah dimana anggota pramuka tinggal, untuk pemasanganya di pasang di lengan baju pramuka sebelah kanan di bawah tanda gudep.
  8. Tanda kecakapan umum atau TKK penggalang terdiri dari tiga bentuk, sesuai tingkatan TKK, yakni lingkaran (purwa), persegi (madya), dan segi lima ( utama ), baik pada putra maupun putri di pasang di lengan baju sebelah kanan, di kanan kiri dan bawah lencana atau badge daerah. Untuk pemasung TKK di lengan baju maksimal 5 buah TKK. Jika memiliki TKK lainnya lebih dari lima selebihnya di pasang di tetapan TKK.
  9. Untuk tanda jabatan , terdiri dari tanda pratama, pemimpin regu, atau wakil pemimpin regu, dengan bentuk balok berwarna merah bersusun tiga, dua dan satu, untuk pemasangannya di atas dada sebelah kanan di bawah lipatan baju.
  10. Tanda Regu, dengan bentuk persegi dengan gambar sesuai regunya. Baik penggalang putri maupun penggalang putra untuk pemasanganya di pasang di lengan baju, sebelah kiri paling atas,
  11. Tanda Kecapan umum, terdiri dari tiga tingkatan Ramu rakit, terap, untuk pemasangannya di lengan baju sebelah kiri, di bawah tanda regu.


Sebagai seorang pramuka penggalang yang baik, hendaknya kita memperhatikan perlengkapan pramuka penggalang dan kamu harus tahu di mana di pasangnya,

Demikian Artikel Tentang Perlengkapan pramuka penggalang yang harus kamu tahu.
Semoga Artikel ini bermanfaat bagi penulis dan pembaca.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


1 Response to "PERLENGKAPAN PRAMUKA PENGGALANG YANG HARUS KAMU TAHU"

  1. Izin ya admin..:)
    Hanya Ada di DEWALOTTO semua bisa jadi jutawan jadi tunggu apa lagi yukkk...
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete