SEJARAH PRAMUKA DI INDONESIA DAN DUNIA


Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas Artikel Tentang Sejarah Pramuka di Indonesia dan Dunia. Pembaca yang budiman. Sejarah Pramuka di Indonesia dan dunia sebelum masuk ke Indonesia.  Gerakan Pramuka ini dimulai dari Eropa bagaimana detail sejarah awalnya hingga bisa kita kenal gerakan Pramuka di Indonesia dan dunia seperti sekarang ini untuk mengetahui lebih dalam tentang pramuka Mari simak pemaparan sejarahnya berikut ini mengenai sejarah Pramuka tentu kita tidak akan bisa lepas dari peran serta seorang tokoh Sentral yang menjadi bapak pramuka dunia siapalagi kalau bukan Lord Robert Baden Powell of gilwell.

Jadi ada baiknya sebelum kita membahas secara lebih terperinci tentang bagaimana sebenarnya Pramuka bermula. Mari kita sejenak menengok profil dan biografi dari seorang badan Powell, beliau lahir pada tanggal 22 Februari 1857 di Inggris dan diberi nama oleh orang tuanya yaitu Robert stephenson smyth. Powell yang melekat pada namanya merupakan nama ayah yang berprofesi sebagai seorang Profesor dalam bidang geometri di Oxford University sebuah pengalaman yang memilukan menimpa Steven San kecil tatkala sang ayah Harus dipanggil terlebih dahulu menghadap Tuhan (meninggal).



Steven San banyak memiliki pengalaman menyenangkan dan menarik dari kakaknya. Beberapa yang  menjadi kegemarannya adalah seperti latihan renang, menggambar, berlayar dan juga berkemah pastinya. Karakter sebagai anak yang cekatan dan cerdas memang seperti sudah melekat dalam diri baden-powell sedari kecil. Beberapa Alat musik seperti Violin biola dan piano bisa dengan mudah dimainkannya. Selain itu dalam dunia sosial ia juga terkenal periang dan humoris. Oleh karenanya tidak heran jika ia memiliki banyak teman dan disenangi baik oleh teman sejawat maupun oleh guru di sekolahnya. Selain mengulik latar belakangnya Sekarang mari kita telaah sejarah pramuka dari istilah kepanduan.

Kepanduan atau kepramukaan adalah sistem pendidikan dalam gerakan tersebut yang disesuaikan dengan kepentingan keadaan hingga perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia. Pramuka diaplikasikan di luar lingkungan keluarga maupun sekolah dalam wujud atau format kesibukan. Pramuka adalah kegiatan menarik dan bermanfaat bagi anggota pramuka. Mereka terlibat dalam sejumlah kegiatan yang menyenangkan dan menyehatkan yang akan membiasakan mereka untuk disiplin teratur terarah dan praktis di alam terbuka.

Mereka akan dipandu prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan yang menyasar pada pembentukan kepribadian akhlak dan budi pekerti yang luhur, tersebut tentunya mengikuti dasar-dasar yang dibuat oleh baden-powell saat membentuk scout adalah Lord Robert Baden Powell yang kali pertama menggagas gerakan bernama Scout disebut juga dengan scouting atau Scout Movement pada 25 Juli 1907. Baden-powell yang saat itu menyandang gelar Letnan Jendral tentara Inggris mengadakan perkemahan di Pulau brownsea selama 8 hari bersama 22 orang anak laki-laki  Scout Sendiri dibuat dengan tujuan meningkatkan perkembangan Pemuda baik dari fisik mental dan spiritual.  Selama 8 hari lamanya mereka berkemah dan banyak kisah serta perjuangan yang dilakukan selama perkemahan tersebut, yang mana apa-apa yang terjadi saat itu akhirnya yang memberikan andil besar dan menjadi cikal bakal dalam sejarah pramuka dunia, hingga sampai ke Indonesia setelah merampungkan buku berjudul scouting for Boys pada 1908 Baden Powell dengan bantuan dari adik perempuannya agnes  membentuk gerakan kepramukaan perempuan bernama girls guide  pada 1912.

Organisasi  tersebut lantas dikelola oleh sang bapak pramuka selang 4 tahun atau pada 1916 terbentuklah kelompok Pramuka Siaga Cup atau anak serigala adapun pedomannya yang berjudul The Jungle Book. Sampai disitu baden-powell membentuk Rover Scout pada 1918 untuk pemuda-pemuda yang sudah berumur 17 tahun lantas pada 1922 dia menulis buku berjudul rovering to success yang berkisah tentang pemuda yang harus mengayuh sampan menuju pantai bahagia. 

Catatan terpenting dalam kepramukaan dunia adalah kegiatan jamboree dunia.  Jambore adalah pertemuan besar Para Pramuka yang penyelenggaraan perdananya dilakukan pada 1920 pada tahun itu pula dewan internasional Pramuka dibentuk dengan anggota awal sebanyak 9 orang. Biro dewan ini berpusat di London Inggris biro pramuka putra internasional memiliki setidaknya 5 kantor wilayah masing-masing di Kosta Rika Mesir Swiss Nigeria dan Filipina.

Sementara Biro Pramuka perempuan mempunyai 5 kantor pusat di London serta 5 Kantor Wilayah yang tersebar di Amerika Latin, Eropa Asia Pasifik dan Saudi Arabia.  Kegitan jamboree pertama kali di laksanakan di Olympia Hall London. Ada 27 negara yang diundang ke pertemuan tersebut dengan baden-powell yang menjabat sebagai chief Scout of the word setelah menyimak Penjelasan diatas mungkin bisa disimpulkan sejarah Pramuka atau Scout secara singkat adalah sebagai berikut baden-powell senantiasa merangkum pengalamannya saat melakukan latihan kepanduan yang tengah dirintis. Maka pada 1908 sang Bapak Pandu Dunia pun menerbit kan kumpulan tulisan berjudul scouting for Boys panduan tersebut tanpa disangka  berhasil meraih atensi bukan hanya di Inggris tetapi juga di negara-negara lainnya hal ini mendorong baden-powell untuk mendirikan organisasi Pandu khusus perempuan bernama Girls-guide dengan bantuan adiknya agnes pengelolaan  Girls Guides lantas diteruskan istri Baden Powell pada 1916. 

Demikian Artikel Tentang Sejarah Pramuka di Indonesia dan Dunia. 

Semoga Artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan penulis. Amin

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

1 Response to "SEJARAH PRAMUKA DI INDONESIA DAN DUNIA"

  1. Izin ya admin..:)
    Hanya Ada di DEWALOTTO semua bisa jadi jutawan jadi tunggu apa lagi yukkk...
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete