SHOLAT AWWABIN DAN TATA CARA SHOLAT AWWABIN

Assalamu'alaikum Wr.Wb.


Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas Artikel Tentang Sholat Awwabin dan Tata Cara Sholat Awwabin. Sholat yang dilaksanakan sebelum dzuhur sekitar satu atau dua jam sebelum dzuhur. Shalat awwabin adalah shalat dhuha yang dilaksanakan pada waktu matahari telah menyengat. Kata awwabin merupakan bentuk plural أواين merupakan bentuk plural dari kata awwab أواب yang memiliki arti seorang yang banyak kembali kepada sang pencipta Allah dengan bertaubat dan dzikir. 

Pada waktu pelaksanaan sholat awwabin kebanyakan manusia saat itu berada dalam kondisi butuh istirahat dan ketenangan. Bila kita menjadikan waktu itu untuk melaksanakan ibadah dan sholat hal itu merupakan suatu perlawanan terhadap keinginan jiwa untuk santai kemudian membawanya menuju keridhaan Allah. Seorang yang selalu kembali kepada Allah dengan taubat dan dzikir mengingatnya. 



Sholat Awwabin adalah salah satu sunnah yang dianjurkan untuk dikejrakan antara sholat maghrib dan shalat isya. Sholat Awwabin dianjurkan untuk dikerjakan sendiri, tidak berjamaah. Untuk masalah jumlah rakaat ulama berbeda pendapat, sebagian mengatakan 20 rakaat, ada yang mengatakan 6 rakaat, 4 rakaat dan 2 rakaat. Menurut Syaikh Zainudin Al-Malibari, jumlah rakaat paling banyak dari sholat Awwabin adalah 20 rakaat sementara paling sedikit 2 rakaat. 

Dalam kitab Fathul Muin, Syaikh Zainudin Al-Malibari berkata ;

"Di antara sholat yang tidak disunahkan berjemaah adalah sholat Awwabin. Ia berjumlah 20 rakaat dan dilakukan antara sholat Maghrib dan Isya'. Diriwayatkan bahwa ia berjumlah 6 rakaat, 4 rakaat dan 2 rakaat, dan 2 rakaat ini adalah jumlah rakaat paling sedikit."

Adapun tata cara melakukan sholat Awwabin adalah sebagai berikut;

Pertama, niat sholat Awwabin pada saat takbiratul ihram. Lafadz niatnya sebagai berikut;

أصلي سنة الأوابين ركعتين لله تعالى

Usholli sunnatal awwabina rak'ataini lillahi ta'ala.

Kedua, pada setiap rakaat setelah membaca surat Al-fatihah disunahkan membaca surah Al-Ikhlas sebanyak 6 kali, surah Al-Falaq sekali dan surah Al-Nas sekali. Begitu juga pada rakaat kedua. 

Ketiga, setelah salam disunahkan untuk membaca doa berikut :

ْاَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَوْدِعُكَ إِيْمَانِيْ فِىْ حَيَاتِيْ وَعِنْدَ مَمَاتِيْ وَبَعْدَ مَمَاتِي فَاحْفَظْهُ عَلَيَّ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Artinya : Saya titipkan imanku baik ketika aku masih hidup, pada saat meninggal dan setelah meninggal jagalah iman tersebut untukku, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Demikian Artikel Tentang Sholat Awwabin dan Tata Cara Sholat Awwabin.

Semoga bermanfaat bagi pembaca dan penulis khususnya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

1 Response to "SHOLAT AWWABIN DAN TATA CARA SHOLAT AWWABIN"

  1. Haloo kami datang lagi dengan program menarik hanya 20 rb bisa dapatin hadiah jutaan rupiah penasaran
    yuk bergabung dengan kami di DEWALOTTO ya buruan... :)
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete