Apa itu Multikulturalisme - husnuls492.com

Apa itu Multikulturalisme

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas Artikel Tentang Apa itu Multikulturalisme. Berbicara mengenai masyarakat multicultural, maka pembahasan ini akan mengarah pada multiculturalisme. Hal ini disebabkan adanya keeratan hubungan antara masyarakat multicultural dengan multikulturalisme. Keragaman struktur budaya dalam masyarakat membentuk suatu masyarakat yang multikultur. Kehidupan masyarakat multicultural rentan menyebabkan konflik sosial. Multikulturalisme dibentuk sebagai acuan utama supaya terwujudnya kedamaian di tengah keragaman. 

Apa itu Multikulturalisme


Manfaat dibentuknya multikulturalisme sebagai acuan utama terwujudnya kedamaian di tengah keragaman. Lalu apa yang di maksud dengan multikulturalisme. Ideologi multikulturalisme mengakui dan mengagungkan perbedaan dalam kesederajatan baik secara individual maupun secara kebudayaan.Masyarakat Indonesia termasuk dalam sebuah masyarakat multikulturalisme karena dilihat sebagai sebuah kebudayaan yang berlaku umum di dalam masyarakat tersebut yang corak seperti sebuah mozaik. Di dalam mozaik mencakup semua kebudayaan dari masing-masing suku bangsa yang sangat jelas dan tercampur oleh warna budaya lain yang membentuk masyarakata yang lebih besar. 

Taylor seorang Politics of recognition mengatakan Ide multiculturalisme merupakan suatu gagasan untuk mengatur keberagaman dengan prinsip-prinsip dasar pengakuan akan keberagaman itu sendiri. 
Gagasan ini menyangkut pengaturan relasi antara kelompok mayoritas dan minoritas. Keberadaan kelompok imigran dan masyarakat adat dan lain-lain. Sementara itu, Parsudi Suparlan, mengungkapkan bahwa multikulturalisme adalah sebuah ideology yang mengakui dan mengagungkan perbedaan dalam kesederajatan, baik secara individual maupun secara kebudayaan. 
Multikulturalisme menekankan kebudayaan dalam kesederajatan. Multikulturalisme dapat di jadikan paradigma baru dalam upaya merajut kembali hubungan antara manusia yang belakangan selalu hidup dalam suasana penuh konfliktual.Kita dapat memahami multikulturalisme secara sederhana sebagai suatu konsep keanekaragaman budaya 

dan kompleksitas dalam masyarakat. Multikulturalisme mengajak  masyarakat untuk menjungjung tinggi toleransi, kerukunan, dan perdamaian bukan konflik atau kekerasan dalam arus perubahan sosial. Kita dapat menjadikan multikulturalisme solusi untuk mengatasi konflik sosial ini,karena  multikulturalisme adalah kesediaan menerima kelompok lain secara sama sebagai kesatuan tanpa memedulikan perbedaan budaya, etnis gender, bahasa, ataupun agama. Sementara itu focus multikulturalisme terletak pada pemahaman akan kehidupan yang penuh dengan perbedaan sosial budaya, baik secara individual maupun kelompok dalam masyarakat. Dalam hal ini, individual dilihat sebagai refleksi dari kesatuan sosial dan budaya. 

Bagi Indonesia, multikultural merupakan suatu strategi dan integrasi, sosial yang mengakui dan menghormati keanekaragaman budaya sehingga dapat difungsikan secara efektif dalam mengatasi setiap setiap isu-isu sapartisme dan disintegrasi sosial. Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari multikultural, multikultural mengajarkan kita semangat kemanunggalan atau ketunggalan (Tunggal Ika) yang paling potensial melahirkan persatuan kuat, dan pengakuan adanya pluralitas (Bhineka)budaya bangsa inilah yang akan menjamin persatuan bangsa. 

Demikian Artikel Saya kali ini semoga bermanfaat. Amin

Wassalamu'alaikum Wr.Wb. 


1 Response to "Apa itu Multikulturalisme"

  1. Dewalotto dan hanya dewalotto yang bisa memberi anda pengasilan tambahan dengan bermain bersama kami seru cepat dan havefun lohh...
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete

Anda mungkin menyukai postingan ini :