Integrasi sebagai sarana persatuan dan kesatuan bangsa


Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas Artikel Tentang Integrasi sebagai sarana persatuan dan kesatuan bangsa. Pembaca yang budiman. Integrasi suatu proses penyatuan antara dua unsur yang bertujuan terciptanya suatu keinginan yang berjalan dengan baik dan benar. 

Integrasi sebagai sarana persatuan dan kesatuan bangsa


Integrasi sebagai sarana persatuan dan kesatuan bangsa

1. Pengertian

Integrasi sosial adalah suatu proses penyatuan antara dua unsur atau lebih yang mengakibatkan terciptanya suatu keinginan yang berjalan dengan baik dan benar. jika di artikan dalam kehidupan sosial, integrasi sosial adalah suatu proses mempertahankan kelangsungan hidup sebagai sebuah sistem.

Dalam pengertian sebuah Negara seperti Indonesia Integrasi kemudian dimaknai sebagai proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda dalam kehidupan nasional sehingga tercapai suatu kehidupan yang serasi sebagai sebuah Negara besar dengan berbagai macam perbedaan yang ada di sertai luas wilayah Negara yang begitu besar, maka integrasi mutlak diperlukan demi kelangsungan hidup dalam bernegara dan berbangsa.

Pada satu sisi, berbagai macam perbedaan yang ada dalam masyarakat merupakan kekayaan yang tak terhingga apabila kita dapat memanfaatkan semua potensi itu dengan baik. Luas wilayah yang sangat besar juga memberikan sumbangan potensi kekayaan yang sangat melimpah. Namun, pada sisi yang harus kita sadari juga bahwa dengan perbedaan dan luas wilayah yang terbentang begitu panjang ternyata dapat menimbulkan masalah-masalah baru. Masalah – masalah tersebut seperti, perbedaan karakter dan system kehidupan yang berbeda sehingga pada akhirnya dapat mengancam keutuhan kehidupan bangsa Indonesia.

Ada syarat-syarat yang mengindikasikan berhasilnya suatu integrasi sosial menurut William F. Ougburn dan Meyer Nimkoff, menurutnya berhasilnya integrasi sosial adalah sebagai berikut.

  • Anggota masyarakat merasa bahwa mereka berhasil mengisi kebutuhan satu sama lain.
  • Telah dicapai consensus bersama mengenai nilai-nilai dasar yang dijadikan acuan utama dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
  • Nilai-nilai dan norma-norma dasar tersebut telah hidup dan berkembang cukup lama dan konsisten serta tidak berubah-ubah. Selain itu juga telah dipahami, dihayati. Dan diamalkan dengan pedoman yang sama oleh seluruh warga Negara atau warga masyarakat.
  • Masing-masing individu dan kelompok sosial yang berbeda-beda mau dan mampu mengendalikan diri serta saling menyesuaikan diri satu sama lain.
  • Selalu menempatkan persatuan dan kesatuan serta kepentingan untuk keselamatan bangsa dan Negara di atas kepentingan pribadi an golongan.
  • Masing-masing pihak memajukaan pergaulan yang komunikatif dan akomodatif demi mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.
Demikian Artikel tentang integrasi sebagai sarana persatuan dan kesatuan bangsa.

Semoga bermanfaat. Amin

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

1 Response to "Integrasi sebagai sarana persatuan dan kesatuan bangsa"

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete