KEBERAGAMAN BANGSA INDONESIA

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas Artikel Tentang Keberagaman Bangsa Indonesia. Pembaca yang budiman. Dalam era perkembangan ilmu dan teknologi yang semakin hari semakin cepat, dunia seolah tidak memiliki batas, Namun, pada sisi lain kita masih menjumpai suatu kenyataan bahwa di dunia ini masih banyak sekali perbedaan – perbedaan yang mencolok menyangkut keberagaman umat manusia. 

Perbedaan itu ternyata dapat dilihat juga dari berbagai sisi kehidupan. Hal ini menunjukkan kepada kita bahwa pada dasarnya bangsa-bangsa di dunia ini pada umumnya terbentuk dan hidup heterogen. Hanya beberapa bangsa saja yang masyarakat bersifat homogen.

Di Indonesia, perbedaan – perbedaan itu bukan merupakan suatu hal yang baru. Indonesia adalah Negara dengan bangsa yang tingkat heterogennya sangat tinggi. Kita senantiasa berharap bahwa penekanan kebhinekaan yang ada di Indonesia hendaknya mengarah kepada bidang budaya dan menjauhkan dari konteks kesukuan atau subsuku. Dengan penekanan perbedaan dalam bidang budaya, kita akan lebih mudah menerima kondisi tersebut dibandingkan jika kita menekankan perbedaan itu dengan tolak ukur kesukuan atau subsuku. 


KEBERAGAMAN BANGSA INDONESIA


Dalam kondisi yang berbeda, kita juga harus memiliki kebijakan yang dapat mengakomodasi semua kepentingan. Hal ini menuntut sikap yang arif dan bijaksana dari semua komponen masyarakat. Jika hal ini tidak dapat diwujudkan, keanekaragaman yang di miliki bangsa Indonesia bukan merupakan suatu kebanggaan, melainkan alat untuk menjauhkan diri dari persatuan dan kesatuan. 

Kita dituntut untuk dapat berpikir positif dalam memandang semua perbedaan-perbedaan yang ada. Kesadaran bahwa perbedaan itu bukanlah kehendak kita, dapat menjadi dasar untuk saling menghormati dan menghargai antara satu suku dengan suku lain. Dengan demikian, kita dapat tercipta kondisi masyarakat yang damai dan tenteram dalam mengarungi kehidupan bernegara dan berbangsa. 

Tentu kita semua tidak menginginkan Negara ini menjadi bagian-bagian yang terpisah, atau berdiri sendiri-sendiri. Kita ingin Negara ini tetap besar dalam suasana persatuan dan kesatuan yang sangat kuat. 

Sejarah telah membuktikan kepada kita, sebesar apa pun suatu Negara, jika tidak memiliki persatuan dan kesatuan yang kuat akhirnya akan pecah. Contohnya, Uni Soviet, Yugoslavia, dan India. Negara-negara tersebut mengalami perpecahan dalam sejarah perjalanannya. Indonesia dihuni oleh lebih dari 316 bahasa daerah. Masing-masing suku bangsa mempunyai kebudayaan sendiri, baik dalam hal bahasa, adat istiadat, bentuk rumah, pakaian adat, maupun keseniannya. Maka dari itu, bangsa Indonesia mempunyai semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetap satu. Untuk mempersatukan bangsanya, bahasa Indonesia di jadikan bahasa persatuan dan tetap menjunjung tinggi bahasa daerah. 

Untuk itulah keanekaragaman yang di miliki Indonesia hendaknya dipandang sebagai potensi kekayaan. Keaneka ragaman tersebut harus digali dan dipeliahra sebagai asset bangsa yang sangat besar dan berarti dalam menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara. Kita harus menggali nilai-nilai kebersamaan meninggalkan pola atau pemikiran yang sebaliknya. 

Demikian Pembahasan kali ini semoga Artikel tentang keberagaman bangsa Indonesia ini bermanfaat. 

Wassalamu’alaikum Wr.Wb. 

1 Response to "KEBERAGAMAN BANGSA INDONESIA"

  1. Haloo kami datang lagi dengan program menarik hanya 20 rb bisa dapatin hadiah jutaan rupiah penasaran
    yuk bergabung dengan kami di DEWALOTTO ya buruan... :)
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete