Konsekuensi Multikultural Masyarakat Indonesia

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Artikel Tentang Konsekuensi Multikultural Masyarakat Indonesia.Pembaca yang budiman.Indonesia dengan wilayah yang begitu luas dan sangat majemuk memiliki konsekuensi dari kondisi tersebut. Konsekuensi itu ada yang mengarah kepada hal-hal yang positif, tetapi ada juga yang negatif. Sejarah telah membuktikan bahwa, untuk menegaskan persatuan dan kesatuan bukanlah hal yang mudah melainkan penuh dengan dinamika yang kadang berhadapan dengan berbagai macam situasi dan tantangan-tantangan yang mengarah kepada perpecahan kehidupan berbangsa dan bernegara. 


Konsekuensi Multikultural Masyarakat Indonesia


1. Konflik 

Konflik merupakan gejala social yang ada dalam setiap kehidupan manusia. Menurut Berstein, konflik merupakan sesuatu yang tidak dapat dicegah, yang secara potensial memiliki kegunaan fungsional dan konstruktif. Namun, dapat pula tidak bersifat fungsional dan destruktif jadi, konflik mempunyai potensi untuk memberikan pengaruh yang positif maupun yang negative dalam berbagai taraf interaksi manusia. 

Kondisi Negara Indonesia yang penuh dengan keanekaragaman menghadapi tantangan dan cobaan yang sangat besar dalam melaksanakan pembangunan. Sebab, bukan suatu hal yang mudah membangun bangsa yang begitu besar dengan pola dan kebiasaan serta karakter yang berbeda-beda. Apalagi jika suatu masyarakat sangat tertutup dengan perubahan, tentu saja sangat menghambat proses pembangunan yang ingin di capai. 
Berbagai macam potensi terjadi konflik di Indonesia harus senantiasa disadari oleh kita semua Sejarah perjalanan bangsa telah menunjukkan konflik yang muncul di berbagai daerah sangatlah mengkhawatirkan. 

Sumber – sumber konflik antarasuku atau golongan di Negara-negara berkembang seperti Indonesia, pada umumnya ada lima macam, yaitu sebagai berikut. 

a. Konflik bisa terjadi jika warga dari masing-masing suku bangsa bersaing dalam hal mendapatkan lapangan pekerjaan yang sama. 

b. Konflik dapat terjadi jika warga dari satu suku bangsa mencoba memaksakan unsur – unsur dari kebudayaanya kepada warga dari suku bangsa yang lain. 

c. Konflik yang sama dasarnya, tetapi lebih fanatic dalam wujudnya bisa terjadi jika warga dari satu suku bangsa mencoba memaksakan konsep-konsep agamanya terhadap warga dari suku bangsa lain yang berbeda agama. 

d. Konflik akan terjadi jika satu suku bangsa berusaha mendominasi suku bangsa lain secara politis 

e. Potensi konflik terpendam ada dalam hubungan antara suku-suku bangsa yang telah bermusuhan secara adat. 

2. Integrasi 

Masyarakat multicultural Indonesia juga akan melahirkan integrasi atau persatuan. Integrasi social berarti penyatuan atau mempersatukan hubungan anggota –anggota masyarakat. Integrasi dalam struktur masyarakat yang multikultur bukan berarti menghilangkan keragaman budaya masing-masing kelompok sosial. Namun, integrasi merupakan aktivitas yang ditujukan untuk penyatuan antar kelompok sosial yang beragam ke dalam satu tujuan menjadi kesatuan bangsa. Oleh karena itu, Integrasi akan menghasilkan pemahaman tentang suatu bangsa yang memiliki karakter majemuk. 

Integrasi dalam masyarakat multikultur merupakan penyatuan antar kelompok menjadi satu kesatuan bangsa tetap menjaga keragaman suku bangsa, ras, agama, adat istiadat, dan perbedaan budaya lainnya. Pentingya integrasi dalam masyarakat majemuk akan melahirkan kenyamanan dan keteraturan hidup karena anggota masyarakat akan selalu berdampingan dengan mengutamakan dengan mengutamakan persatuan di dalam perbedaan. Hal tersebut dengan semboyang Negara Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika yang berarti walaupun berbeda –beda tetapi tetap satu jua. 

Untuk mewujudkan masyarakat multicultural terintegrasi, tidak cukup hanya mengandalkan ideology nasional yang terkadang hanya dijadikan symbol-simbol semata. Wujud nyata seperti peerilaku gotong royong, yang menjadi bagian dari karakter masyarakat Indonesia perlu terus dilestarikan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, unsur-unsur penyebab pecahnya persatuan akan hilang. Pada akhirnya, setiap individu dalam masyarakat dapat menumbuhkan bahwa kita adalah satu yaitu Indonesia. 

Demikian Artikel Tentang Konsekuensi Multikultural Masyarakat Indonesia.

Semoga bermanfaat bagi pembaca dan penulis. Amin

Wassalamu'alaikum Wr.Wb. 

1 Response to "Konsekuensi Multikultural Masyarakat Indonesia"

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete