CARA MERAKIT KOMPUTER DAN TAHAPAN PROSES PERAKITAN KOMPUTER

Assalamu'alaikum Wr.Wb.


Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas Artikel Tentang Cara Merakit Komputer dan Tahapan Proses Perakitan Komputer. Pembaca yang budiman. Masyarakat sekarang tidak bisa hidup tanpa komputer karena faktor kebutuhan di tempat dia bekerja.Hal ini merupakan kabar gembira karena masyarakat indonesia merupakan masyarakat yang mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman. 

Hal yang biasa menimbulkan pertanyaan bagi masyarakat awam yang ingin mulai memanfaatkan komputer adalah mengenal bagian-bagian fisik komputer itu sendiri. Dengan masyarakat yang mampu mengenal bagian-bagian fisik komputer itu sendiri akan memudahkan seseorang dalam merakit komputer.

Sumber Gambar : Komputer Update

Artikel ini akan memandu cara merakit komputer dan tahapan proses perakitan komputer.

Perlengkapan dan peralatan yang harus di sediakan. 

1. Cassing dan Power Supply
2. Mainboard / Motherboard
3. Processor
4. Heatsink + Kipas Pendingin
5. VGA Card (Kartu VGA)
6. Sound Card (Kartu Suara) jika ada
7. HDD (Hard Disk Drive)
8. FDD (Floppy Disk Drive)
9. CD ROM/RW atau DVD ROM/RW
10. Monitor
11. Keyboard
12. Mouse
13. Speaker Aktif
14. Kabel power (monitor + CPU)
15. Kabel IDE
16. Kabel FDD
17. Tang
18. Obeng

Pembaca yang budiman. Jangan lupa komponen komputer beserta untuk perakitan dipersiapkan lebih dulu untuk memudahkan perakitan. 

1. Komponen Komputer
2. Kelengkapan komponen seperti kabel, sekerup,jumper,baut dan sebagainya
3. Buku manual dan referensi dari komponen
4. Alat bantu berupa obeng pipih dan tang
5. Sofware sistem operasi, device driver dan program aplikasi.

Pembaca yang budiman. Kenapa di atas harus ada buku manual. Buku manual diperlukan sebagai rujukan untuk mengetahui diagram posisi dari elemen koneksi,port dan slot) dan elemen konfigurasi (jumper dan switch) beserta cara setting jumper dan switch yang sesuai untuk komputer yang dirakit. Diskette atau CD. Sofware diperlukan untuk menginstal Sistem operasi, device driver dari piranti, dan program aplikasi pada komputer yang selesai dirakit. 

Tahapan Proses Pada Perakitan Komputer

1. Penyiapan Motherboard

Periksa buku manual motherboard untuk mengetahui posisi jumper untuk pengaturan CPU speed, speed multiplier dan tegangan masukan ke motherboard. Atur seting jumper sesuai petunjuk, kesalahan mengatur jumper tegangan dapat merusakan prosesor. 

2. Memasang Prosesor

Prosesor lebih dahulu dipasang sebelum motherboard menempatkan cara memasang

3. Memasang Heatsink

Fungsi heatsink adalah membuang panas yang dihasilkan oleh prosesor lewat konduksi panas dari prosesor ke heatsink. Untuk mengoptimalkan pemindahan panas makan heatsink harus dipasang rapat pada bagian atas prosesor dengan beberapa clip sebagai penahan sedangkan permukaan kontak pada heatsink dilapisi gen pengantar panas. Bila heatsink dilengkapi dengan fan maka konektor power pada fan dihubungkan ke konektor fan pada motherboard.

4. Memasang Modul Memori

Modul memori umumnya dipasang berurutan dari nomor socket terkecil. Urutan pemasangan dapat dilihat dari diagram motherboard. Setiap jenis modul memori yakni SIMM, DIMM dan RIMM dapat dibedakan dengan posisi lekukan pada sisi dan bawah pada modul.

5. Memasang Motherboard pada Casing

Motherboard dipasang ke casing dengan sekerup dan dudukan (standooff). 

Demikian Artikel Tentang Cara Merakit dan Tahapan Proses Perakitan Komputer.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

1 Response to "CARA MERAKIT KOMPUTER DAN TAHAPAN PROSES PERAKITAN KOMPUTER"

  1. Dewalotto dan hanya dewalotto yang bisa memberi anda pengasilan tambahan dengan bermain bersama kami seru cepat dan havefun lohh...
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete