10 MANFAAT BUAH KEPEL UNTUK KESEHATAN

Assalamu'alaikum Wr.Wb. 

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan menjelaskan Artikel Tentang 10 Manfaat Buah Kepel untuk Kesehatan. Pembaca yang budiman. Anda pernah mendengar buah kepel sebelumnya, kalau belum saya kasih tahu. Buah kepel ini oleh para wanita bangsawan Keraton Yogyakarta digunakan sebagai parfum dan alat KB. di Jawa, penggunaanya secara tradisional terbatas di Kesultanan Yogyakarta kayunya cocok untuk perkakas rumah tangga batangnya yang lurus setelah direndam beberapa bulan dalam air, digunakan untuk bahan bangunan rumah dan diberitakan tahan lebih dari 50 tahun. Pembaca yang budiman. Buah Kepel tidak hanya yang disebutkan tapi ada 10 Manfaat Buah Kepel untuk Kesehatan. 

Apa pengertian Buah Kepel ? 

 Pembaca yang budiman. Buah Kepel di beberapa daerah di Indonesia dikenal juga sebagai buah kecindul, simpol,buraho,dan turalak. Pembaca yang budiman. Dalam bahasa Inggris tumbuhan langka ini kenal dengan nama Kepel Aple. Sedangkan dalam bahasa latin Stelechocarpus burahol. 

Baca Juga :


Pembaca yang budiman. Buah kepel adalah buah kegemaran para putri keraton yogyakarta karena memiliki nilai filosofi sebagai perlambang kesatuan dan keutuhan mental dan fisik, buah kepel juga dipercaya mempunyai khasiat di bidang kecantikan dan kesehatan. Pembaca yang budiman. Buah Kepel tumbuh memenuhi batang pohonnya. Bentuk buah kepel bulat lonjong dengan bagian pangkal agak meruncing. Warna buah kepel coklat agak keabu-abuan, dan ketika sudah tua akan merubah menjadi coklat tua. Daging buah berwarna agak kekuningan sampak kecoklatan membungkus biji yang berukuran cukup besar. Rasa buah kepel manis. 


Sumber gambar
kehati.jogjaprov.go.id



Apa saja 10 Manfaat Buah Kepel untuk Kesehatan ?

Pembaca yang budiman. Daging buah kepel dipercaya mempunyai manfaat memperlancar air kencing, mencegah inflamasi ginjal. Kayu pohon kepel dapat digunakan sebagai bahan industri atau bahan perabot rumah tangga dan bahan bangunan yang tahun 50 tahun. Pembaca yang budiman berikut 10 manfaat buah kepel untuk kesehatan. 

1. Menghilangkan Bau Badan 

Pembaca yang budiman. Pada zaman dahulu, buah kepel diyakini dapat menghilangkan bau tidak sedap yang muncul dari mulut, badan, dan zat sekresi manusia. Jadi kalau anda ada masalah dengan bau badan bisa coba buah ini untuk mengatasi bau badan anda.

2. Mengatasi Masalah Asam Urat

Pembaca yang budiman. Dalam buah kepel ada komponen yang bersifat antihyperuricemic, yaitu komponen yang bertusa untuk mengoreksi kelebihan atau kekurangan kadar asam urat dalam tubuh. Bila anda memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam darah hal ini disebabkan oleh munculnya asam urat pada purin. 

3. Mengobati Encok

Pembaca yang budiman. Bila anda mempunyai penyakit encok anda bisa. Mengonsumsi buah kepel untuk mengatasi encok dengan memanfaatkan daun yang tumbuh di pohonnya. Caranya ambil 7-8 helai dauh kepel dan rebus bersama dua gelas air 400 ml. Biarkan sampai mendidih dan volume air menyusut hingga sekitar satu cangkir saja 150 ml. setelah itu minum air tersebut saat hangat. Konsumsi secara rutin 2-3 kali sehari. 

4. Mobati Masalah Ginjal 

Pembaca yang budiman. Buah kepel bisa juga digunakan untuk mengatasi peradangan pada ginjal. Caranya mudah, yaitu dengan memakan dua buah kepel yang telah masak setiap hari. Namun perlu diperhatikan bahwa anda harus meminum ari dengan jumlah yang cukup agar kinerja ginjal tetap baik. Pembaca yang budiman buah kepel juga berpengaruh untuk mencegah pembentukan batu ginjal masalah yang umum muncul pada orang dengan gangguan ginjal. 

5. Mengatasi Masalah Kandung Kemih

Pembaca yang budiman. Saluran kandung kemih berhubungan dengan ginjal karena hasil sisa pemrosesan makanan oleh tubuh yang dilakukan di ginjal (berupa urine) akan terbuang melalui organ. Bila ginjal bersih sehat, tidak mengalamai masalah berupa adanya batu ginjal, maka saluran juga akan bersih. Dan karena saluran kemih adalah organ yang paling mungkin dihinggapi bakteri, jagalah kebersihannya agar proses pembuangan zat sekresi anda dapat tetap berjalan dengan lancar. 

6. Kaya akan Serat

Pembaca yang budiman. Buah kepel mengandung banyak serat sehingga baik bagi anda yang sedang mengatur pola makan. Serat juga membantu anda untuk merasa kenyang sehingga anda akan dapat mengontrol nafsu makan. Dengan begitu anda bisa menghindari kebiasaan buruk makan berlebih lewat porsi yang semestinya saat jam makan tiba. 

7. Sumber Energi yang baik

Pembaca yang budiman. Buah kepel yang masak rasanya bisa sangat manis. Karena hal inilah, buah kepel yang mengandung banyak gula dapat memberikan sumber energi lebih. 

8. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Pembaca yang budiman. Buah kepel merupakan prebiotik, yaitu jenis makanan yang dikonsumsi oleh probiotik bakteri. Dengan memakan buah kepel dapat menstimulasi perkembangan bakteri di dalam tubuh, terutama di usus, sehingga dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. 

9. Menurunkan Kadar Kolestrol

Pembaca yang budiman. Bila anda memiliki kadar kolestrol tinggi anda bisa merebus daun buah kepel 7-8 lembar ke dalam tiga gelas air, didihkan hingga air rebusan tersisa satu cangkir. Minum secara rutin setiap hari. 

10. Sebagai Alat Kontrasepsi

Pembaca yang budiman. Zaman dahulu perempuan yang ingin hamil dilarang mengonsumsi buah kepel. Bagi mereka yang memang tidak atau belum ingin hamil harus mengonsumsi buah kepel karena dapat membuat perempuan tidak subur secara temporer sehingga buah ini juga disebut alat kontrasepsi alami. Tapi untuk manfaat yang satu ini kami tidak berani jamin, ya, kebenarannya silahkan dicoba sendiri bila berani. 

Kesimpulan 

Buah Kepel di beberapa daerah di Indonesia dikenal juga sebagai buah kecindul, simpol,buraho,dan turalak. Pembaca yang budiman. Dalam bahasa Inggris tumbuhan langka ini kenal dengan nama Kepel Aple. Sedangkan dalam bahasa latin Stelechocarpus burahol. 

10 Manfaat Buah Kepel untuk Kesehatan ?

Pembaca yang budiman. Daging buah kepel dipercaya mempunyai manfaat memperlancar air kencing, mencegah inflamasi ginjal. Kayu pohon kepel dapat digunakan sebagai bahan industri atau bahan perabot rumah tangga dan bahan bangunan yang tahun 50 tahun. Pembaca yang budiman berikut 10 manfaat buah kepel untuk kesehatan. 

1. Menghilangkan Bau Badan 
2. Mengatasi Masalah Asam Urat
3. Mengobati Encok
4. Mobati Masalah Ginjal 
5. Mengatasi Masalah Kandung Kemih
6. Kaya akan Serat
7. Sumber Energi yang baik
8. Menyehatkan Sistem Pencernaan
9. Menurunkan Kadar Kolestrol
10. Sebagai Alat Kontrasepsi

Demikian Artikel Tentang 10 Manfaat Buah Kepel untuk Kesehatan
Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

0 Response to "10 MANFAAT BUAH KEPEL UNTUK KESEHATAN"

Post a Comment