9 MANFAAT ASAM JAWA UNTUK TUBUH MANUSIA

Assalamu'alaikum Wr.Wb.


Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan menjelaskan Manfaat Asam Jawa untuk Tubuh Manusia. Pembaca yang budiman Asam jawa yang bernama ilmiah Tamarindus indica L. adalah sebuah tanaman daerah tropis dan termasuk tumbuhan berbuah polong. Batang pohon asam yang cukup keras dapat tumbuh menjadi besar dan daunnya rindang. 

Pembaca yang budiman. Pohon asam bertangkai panjang, sekitar 17 cm dan bersirip genap dan bunganya berwarna kuning kemerah-merahan dan buah polongnya berwarna coklat dan tentu saja berasa khas asam. Biasanya didalam buah polong buah juga terdapat biji berkisar 2-5 yang berbentuk pipih dengan warna coklat agak kehitaman.

Pembaca yang budiman. Sejak dulu tanaman asam, khususnya asam jawa, dikenal sebagai obat tradisional, bumbu dapur, kayu bangunan, dan merupakan salah satu komoditas ekspor potensial. Tanaman asam berpotensial untuk dikembangkan secara intensif dan berpola komersial karena nilai sosial dan ekonominya cukup tinggi.


Pembaca yang budiman. Tanaman asam dapat berfungsi untuk memperindah dan melindungi perkarangan rumah, jalan-jalan didalam kota, dan jalan raya. Asam jawa dihasilkan oleh pohon yang bernama ilmiah Tamarindus Indica. Spesies ini adalah satu satunya anggota marga Tamarindus. 

Pembaca yang budiman. Nama lain dari asam jawa adalah asam Melayu Asem Jawa, Sampalok Tagalog ma-kham Thailand dan Tamarind Inggris. Buah yang telah tua dan sangat masak biasa disebut asam kawak, Nama simplisia Asam Jawa : Tamarindi Fruktus. 


Apakah 9 Manfaat Asam Jawa ?

Pembaca yang budiman. Dari kandungan senyawa kimia yang dimiliki oleh Tamarindus Indica L memiliki berbagai kegunaan untuk tubuh manusia. Berikut 9 manfaat buah asam jawa :

1. Asam Tartrat, asam malat, asam sitrat, asam suksinat, asam asetat : memperlancar BAB, memperlancar peredaran darah, mendinginkan.

2. Pektin menurunkan kolestrol melalui mekanisme pengikatan kolestrol dan asam empedu kemudian mendorong dan mengeluarkannya dari saluran pencernaan.

3. Flavonoid memperlancar BAB, penghilang rasa sakit, antiradang, dan membantu pengeluaran keringat. 

4. Tanin antiseptik

5. Pro vitamin A : merupakan antioksidan yang menjaga kesehatan dan menghambat proses penuaan, dan juga dapat mencegah dan menekan pertumbuhan sel kanker serta melindungi asam lemak tidak jenuh ganda dari proses oksidasi. Dan jika tubuh perlu vitamin A maka pro vitamin A/Beta karoten di hati akan diubah menjadi vitamin A. 

6. Vitamin C dibutuhkan untuk pembuatan kolagen (protein berserat yang membentuk jaringan ikat pada tulang ), pengangkut lemak, pengangkut elektron dari berbagai reaksi enzimatik, pemicu gusi yang sehat, pengatur tingkat kolestrol, pemicu sistem kekebelan tubuh. 

7. Kalsium mengisi kepadatan tulang, pembentukan gigi, membantu bekuan darah, transmisi saraf, stabilitas asam basa (PH) darah, dan mempertahankan keseimbangan air. 

8. Kalium/potasium memelihara keseimbangan cairan dan elektrolit serta keseimbangan asam basa di dalam tubuh, juga berperan dalam transmisi saraf dan relaksasi otot serta sebagai katalisator dalam banyak reaksi bilogik, terutama dalam metabolisme energi, sintetis glikogen, dan protein. 

9. Antioksidan selain kandungan vitamin C dari asam jawa, terdapat antioksidan dalam tubuh lain yang bermanfaat bagi tubuh manusia yaitu Fenol, Fenol merupakan antioksidan alami yang lazim ditemui dalam buah-buahan dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. 

Kesimpulan 

Pembaca yang budiman. Asam jawa Tamarindus Indica Linn adalah salah satu tanaman yang banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia . Buah asam muda jawa adalah mengandung senyawa kimia antara lain asam appel, asam sitrat, asam anggur, asam tartrat, asam suksinat, pectin dan gula invert.  Asam jawa yang masak di pohon diantaranya mengandung nilai kalori sebesar 239 kal per 100 gram, protein 2,8 gram per 100 gram, lemak 0,6 gram per 100 gram. 

Demikian Artikel 9 Manfaat Asam Jawa untuk Tubuh Manusia.
Semoga Bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb. 

0 Response to "9 MANFAAT ASAM JAWA UNTUK TUBUH MANUSIA "

Post a Comment