MANFAAT MENGONSUMSI BUAH TIN UNTUK KESEHATAN TUBUH

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan menjelaskan Artikel tentang Manfaat Mengonsumsi Buah Tin untuk kesehatan tubuh. Pembaca yang budiman. Buah tin atau dalam bahasa latin disebut juga Fikus Carica. Buah Tin buah oleh Allah di jadikan nama Surat dalam Al-Qur'an itu artinya buah ini memiliki ke istimewaan dan manfaat. Buah ini juga adalah buah kesukaan Nabi Muhammad SAW. 

Pembaca yang budiman. Ficus Carica merupakan sejenis buah yang berasal dari Asia Barat yang sangat terkenal dalam dunia Islam. Hal ini dikarenakan buah tin disebut oleh Allah SWT dalam firman Allah SWT dalam Alqur'an pada surat At-tin yaitu surat ke 95. Buah tin juga merupakan salah satu buah kesukaan Rasullah SAW. Diriwayatkan dari Abu Zar r.a. bahwa pada suatu hari Rasulullah mendapatkan hadiah satu bekas buah tin, kemudian Nabi Muhammad SAW mengajak sahabat - sahabat untuk makan dan Nabi pun juga ikut makan seraya berkata "Kalau aku perkataan tentang buah yang diturunkan dari syurga, niscaya aku katakan inilah karena buah-buahan syurga tidak berbiji.

Sumber Gambar : hellosehat.com

Apa Saja Kandungan Nutrisi Buah Tin ?

Pembaca yang budiman. Buah tin sangat kaya dengan nutrisi dalam tubuh. Diantara nutrisi - nutrisi tersebut antara lain protein, lemak, karbohidrat, vitamin, kalsium, zat besi, dan potassium. Kadar nutrisi buah tin adalah protin sebanyak 4.3 mg, serat 5.6 mg, energi 274 kkal, kalsium 126 mg, karbohidrat yaitu 63.4 mg, vitamin C sekitar 1 mg. 


Apa Manfaat Mengonsumsi Buah Tin untuk kesehatan ?

Pembaca yang budiman. berikut manfaat mengonsumsi buah Tin untuk kesehatan :

1. Mengatasi Hipertensi dan Jantung Koroner 

Pembaca yang budiman. Tekanan darah tinggi dapat muncul disebabkan karena adanya penyempitan pembuluh darah, apabila kondisi tersebut dibiarkan maka akan menyebabkan munculnya penyakit jantung koroner yang sangat berbahaya. 

Pembaca yang budiman. Buah tin mengandung senyawa mineral alami seperti magnesium, fosfor, omega 3, omega 6, dan fenol. Kandungan - kandungan mineral alami inilah yang cukup berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah munculnya penyakit jantung koroner. 


2. Mengurangi Kadar Kolestrol dalam Tubuh 

Pembaca yang budiman. Buah tin terkenal sebagai jenis buah yang mengandung serat larut cukup baik. Menurut ahli, kandungan serat larut berupa pektin dalam buah tin sangatlah berkhasiat untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. 

Pembaca yang budiman. Manfaat buah tin satu ini dapat muncul karena ketika pektin masuk dalam tubuh, kandungan tersebut akan mampu semua kolestrol dan membuangnya melalui sistem ekskresi. Baik itu ekskresi berupa BAB, keringat, ataupun dalam bentuk air seni. 

3. Mencegah Serangan Jantung

Pembaca yang budiman. Serangan jantung menjadi penyakit mematikan nomor satu di seluruh duni, kurang dari satu menit 1 orang meninggal dunia akibat penyakit. Maka dari itu, cegah penyakit jantung mulai dari sekarang. 

4. Baik untuk Penderita Diabetes

Pembaca yang budiman. Mungkin dokter akan menyarankan seorang penderita diabetes untuk tidak mengonsumsi makanan manis. Namun meskipun buah tin itu manis, kandungan glukosa dan fruktosa dalam buah ini tidak akan membuat kadar gula dalam darah naik. 

Pembaca yang budiman. Buah tin selain mengandung glukosa dan fruktosa, buah tin juga mengandung serat laut dan karbohidrat. Kedua kandungan inilah yang akan menghambat proses penyerapan gula berlebih pada bagian sistem pencernaan secara normal. 

5. Mencegah Kanker Mematikan 

Pembaca yang budiman. Penyakit serangan jantung. Kanker juga menjadi jenis penyakit mematikan nomor kedua di dunia. Munculnya kanker dapat disebabkan karena berbagai macam faktor, termasuk salah satuya adalah radikal bebas. 

Pembaca yang budiman. Adanya radikal bebas dapat merusak sel kulit dan mengaktifkan pertumbuhan sel secara abnormal (sel kanker). Untuk mencegahnya kita dapat menkonsumsi buah tin, sebab buah tin mengandung polyfenol yang bertindak sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. 

6. Mencegah Keropos Tulang dan Menguatkannya 

Pembaca yang budiman. Khasiat buah tin/ara selanjutnya adalah baik untuk tulang. Osteoporosis merupakan salah satu jenis penyakit tulang yang bisa dicegah dengan mengonsumsi buah tin secara rutin. Dalam buah tin terkandung senyawa kalsium yang cukup tinggi, bahkan para ahli gizi mengungkapkan kandungan kalsium dan fosfor dalam buah tin lebih tinggi dari pada kandungan dalam susu. 

7. Meninggikan badan secara alami

Pembaca yang budiman. Mengonsumsi buah tin setiap hari akan menambah tinggi karena kandungan alami kalsium fosfor, magnesium, mangan, buah satu ini cukup berkhasiat untuk menambah tinggi badan secara maksimal. 

8. Menggemukan badan

Pembaca yang budiman. Program diet sehat tidak hanya bertujuan untuk menguruskan badan namun beberapa orang yang krempeng memerlukan berat badan lebih. untuk meningkatkan berat badan silahkan mengonsumsi buah tin bersamaan dengan susu sebelum tidur. 

9. Mengatasi susah tidur atau insomnia

Pembaca yang budiman. Gejala susah tidur dapat muncul disebabkan karena berbagai macam faktor, mulai dari konsumsi minuman berkafein (kopi) sampai dengan kondisi stres dan taruma. selain mengatasi stres. Bagi yang susah tidur solusinya dengan mengonsumsi buah tin. 

10. Mampu mengatasi anemia (kekurangan darah)

Pembaca yang budiman. Manfaat buah tin bagi anemia sangatlah luar biasa. Buah satu ini dipercaya mampu mengoptimalkan pembentukan hemoglobin (HB) dalam darah kita dengan demikian, buah tin bisa manfaatkan untuk mengatasi anemia. 

Pembaca yang budiman. Khasiat buah tin untuk penambah darah ini dapat muncul disebabkan karena kandungan zat besi yang cukup tinggi. Dimana kandungan zat besi inilah yang menjadi bahan baku pembentukan hemoglobin darah. 

11. Sumber Nutrisi yang cukup baik dan lengkap

Pembaca yang budiman. Buah tin tidak mengandung lemak jahat, garam, dan kolestrol, akan tetapi mengandung kalsium, serat dan kalium yang cukup tinggi. Selain itu buah tin juga mengandung sodium yang cukup rendah. 

Pembaca yang budiman. Buah tin juga mengandung kaya akan senyawa benzaldehida (Senyawa anti-kanker seperti beta-karoten). Menariknya lagi buah satu ini juga diperkaya dengan kandungan vitamin penting untuk tubuh, seperti vitamin A,B, dan C. 

12. Mengatasi Susah BAB (Sembelit)

Pembaca yang budiman. Khasiat buah tin tidak hanya mampu menyembuhkan sembelit kronis tetapi dengan konsumsi secara rutin buah ini juga cukup baik untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan tubuh. 

13. Baik untuk wasir dan ambeien 

Pembaca yang budiman. Khasiat buah tin untuk wasir atau ambeien telah disebutkan secara jelas dalam hadist Nabi Muhammad SAW. Pembaca yang budiman. Setelah dilakukan penelitian mendalam mengenai hal tersebut ternyata memang benar, dalam buah tin ini mengandung senyawa flavonoid cukup tinggi yang mampu mencegah radikal bebas dan peradangan penyebab wasir semakin parah. 

14. Mencegah Tumor Jinak dan Ganas 

Pembaca yang budiman. Tumor jinak merupakan sebuah penyakit pada permukaan organ tubuh yang disebabkan karena adanya pertumbuhan sel secara abnormal. Dikatakan jinak, karena benjolan yang muncul tidak merusak jaringan disekitarnya. 

Pembaca yang budiman. Buah tin mengandung benzaldehide dan phenol, kandungan kedua senyawa ini dipercaya mampu menghentikan pertumbuhan parasit, jamur, dan virus yang menjadi penyebab meunculnya tumor jinak. 

15. Mengatasi gangguan sistem pernapasan

Pembaca yang budiman. Asma merupakan gejala sesak napas yang disebabkan karena adanya infeksi peradangan pada bagian saluran pernafasan tubuh, lebih tepatnya pada bagian alveolus (saluran menuju paru).

16. Mengobati bisul-bisul dan abses

Pembaca yang budiman. Bisul dan abses merupakan penyakit pada bagian kulit munculnya penyakit ini disebabkan karena adanya alergi dan infeksi bakteri/kuman tertentu. dengan kandungan antibakterialnya buah tin cukup berkhasiat untuk mengatasi adanya penyakit kulit. 

17. Mempercepat Penyembuhan Luka baru 

Pembaca yang budiman. Luka sayatan benda tajam, luka terbakar, dan luka biru lainnya bisa disembuhkan dengan menggunakan buah tin sebab buah satu ini mengandung antiseptik yang mampu mempercepat penyembuhan luka. 

18. Mengobati Sakit Tenggorokan

Pembaca yang budiman. Kurangnya kelembaban pada tenggorokan bisa menyebabkan bagian organ terasa sakit, bahkan jika dibiarkan akan menyebabkan munculnya pendarahan. Penyakit tenggorokan ini sering disebut juga dengan sore throat. 

Pembaca yang budiman. Buah tin mengandung lendir yang cukup tinggi, kandungan lendir inilah yang mampu sakit tenggorokan dengan cara melembabkannya secara alami. 

Demikian Artikel tentang manfaat mengonsumsi buah tin untuk kesehatan.

Semoga bermanfaat. 

Wassalamu'alaikum Wr.Wb. 

1 Response to "MANFAAT MENGONSUMSI BUAH TIN UNTUK KESEHATAN TUBUH"

  1. Izin ya admin..:)
    Hanya Ada di DEWALOTTO semua bisa jadi jutawan jadi tunggu apa lagi yukkk...
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete