MENGENAL TANAMAN JERUK NIPIS DAN MANFAAT TANAMAN JERUK NIPIS

Assalamu'alaikum Wr.Wb.


Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan menjelaskan Artikel Tentang Mengenal Tanaman Jeruk Nipis dan Manfaat Tanaman Jeruk Nipis. Pembaca yang budiman. Tanaman Jeruk Nipis Buahnya banyak dimanfaatkan buahnya yang biasanya bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3-6 cm, umumnya mengandung daging buah masam, agak serupa rasanya dengan lemon. Kita sebagai yang suka mengonsumsi buah jeruk nipis hendaknya juga mengenal tanaman jeruk nipis dan manfaat tanaman jeruk nipis supaya kita punya semangat untuk selalu mengonsumsi jeruk nipis.


Apakah Tanaman Jeruk Nipis ? 

Pembaca yang budiman. Tanaman Jeruk Nipis dikenal di pulau Sumatera dengan nama Kelangsa (Aceh), di pulau Jawa Tanaman Jeruk Nipis dikenal dengan nama Jeruk Nipis (Sunda) dan Jeruk Pecel (Jawa), di pulau Kalimantan dikenal dengan nama lemau nepi, di pulau Sulawesi dengan nama lemo ape, lemo kapasa (Bugis) dan lemo kadasa (Makasar), di Maluku dengan nama puhat em nepi (Buru), ahusi hisni, aupfisis (Seram), inta, lemonepis, ausinepsis, usinepese (Ambon) dan Wanabeudu (Halmahera) sedangkan di Nusa Tenggara disebut Jerut Alit, Kapulungan, lemo (Bali), dangaceta (Bima). 

Pembaca yang budiman. Jerut Nipis termasuk salah satu jenis citrus Geruk. Jeruk Nipis termasuk jenis tumbuhan perdu yang banyak memiliki dahan dan ranting. Tingginya sekitar 0,5-3,5 m. Batang pohonnya berkayu ulet, berduri, dan keras. Sedangkan permukaan kulit luarnya berwarna tua dan kusam. 

Apa Manfaat Tanaman Jeruk Nipis ?

Pembaca yang budiman. Jeruk Nipis mengandung unsur-unsur senyawa kimia yang bermanfaat, misalnya asam sitrat, asam amino (triptofan,lisin), minyak atsiri ( sitral, limonen, felandren,lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid,nonildehid), damar, glikosida, asam sitrun, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang vitamin B1 dan C.


Pembaca yang budiman. Selain itu Jeruk Nipis juga mengandung senyawa saponin dan flavonoid yaitu hesperind yang bermanfaat untuk antiinflamasi, antioksidan, dan menghambat sintesis prostaglandin. Jeruk Nipis juga mengandung 7 % minyak essensial yang mengandung citral, limonen, fenchon, terpineol, bisa bolene, dan terpenoid lainnya. 

Pembaca yang budiman. Sebagai herbal alami, Jeruk Nipis bermanfaat untuk menghilangkan sumbatan vital energi. obat batuk peluru berdahak, peluru kencing dan keringat serta membantu proses pencernaan. 

Pembaca yang budiman. Jeruk Nipis memiliki banyak manfaat berikut manfaat Jeruk Nipis.

1. Ambeien

Sebanyak 10 gram akar pohon Jeruk Nipis dicuci bersih, lalu direbus dengan 1 liter selama 1/2 jam, lalur saring. Diminum hangat-hangat 3 kali sehari.

2. Amandel

Kulit 3 Jeruk Nipis dicuci, dipotong-potong, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa 3/4, saring. Air tersebut dipakai untuk berkumur- kumur. Lakukan 3-4 kali sehari. 

3. Anyang-anyang

Dua Jeruk Nipis dicuci, diperas lalu diberi gula batu secukupnya dan 1 gelas air panas. Aduk hangat -hangat, minum sekaligus sehari sekali. 

4. Batuk

Satu Jeruk Nipis dicuci, diperas, dicampur dengan 1 Sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata lalu disaring. Diminum 2-3 kali sehari. Atau perasan Jeruk Nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata, diminum 1 kali sehari sampai sembuh. 

Pembaca yang budiman diatas tadi adalah sebagian manfaat Jeruk Nipis karena masih banyak sebenarnya manfaat dari jeruk nipis. 

Kesimpulan 

Pembaca yang budiman. Jeruk Nipis atau Limau Nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama sama. Tumbuhan ini dimanfaatkan buahnya, yang biasanya bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3-6 cm, umumnya mengandung daging buah masam, agak serupa rasanya dengan lemon. 

Pembaca yang budiman. Manfaat Jeruk Nipis banyak sekali diantaraya sebagai obat Ambeien dengan cara mengolahnya sebagai berikut Sebanyak 10 gram akar pohon Jeruk Nipis dicuci bersih, lalu direbus dengan 1 liter selama 1/2 jam, lalur saring. Diminum hangat-hangat 3 kali sehari.

Demikian Artikel Tentang Mengenal Tanaman Jeruk Nipis dan Manfaat Tanaman Jaruk Nipis 
Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

0 Response to "MENGENAL TANAMAN JERUK NIPIS DAN MANFAAT TANAMAN JERUK NIPIS"

Post a Comment