KETAHUI KANDUNGAN GIZI BUAH BLEWAH DAN MANFAAT BUAH BLEWAH BAGI KESEHATAN

Assalamu'alaikum Wr.Wb.


Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan Artikel Tentang Ketahui Kandungan Gizi Buah Blewah dan Manfaat Buah Blewah bagi Kesehatan. Pembaca yang budiman. Buah Blewah dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional, sementara buah blewah yang sudah diolah sebagai campuran minuman es, bisa ditemukan di berbagai tempat keramaian, seperti pasar, sekolah, warung dan sebagaianya. Kita sebagai pengonsumsi buah blewah harus tahu kandungan gizi buah blewah dan manfaat buah blewah bagi kesehatan supaya kita tahu manfaat dari mengonsumsinya dengan kita tahu kita bisa mengendalikan konsumsi kita terhadap buah blewah.

Apa Kandungan Gizi Buah Blewah ?

Pembaca yang budiman. Buah Blewah memiliki kandungan nutrisi yang bervariasi. Nutrisi yang terdapat pada buah blewah sangatlah bermanfaat sekali untuk tubuh. Pembaca yang budiman berikut kadnungan yang terdapat dalam buah blewah :

1. Beta Karoten
2. Vitamin C
3. Serat
4. Karbohidrat
5. Potasium
6. Kalsium
7. Fosfor
8. Zat besi
9. Niasin
10. Protein

Pembaca yang budiman. Buah Blewah diketahui memiliki banyak kandungan gizi mineral dan vitamin serta serat makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.  Buah Blewah mengandung kadar vitamin A yang tinggi, yaitu 338IU per 100 gram buah sehingga mampu mencukupi hingga 68% kebutuhan harian vitamin A. Kandungan vitamin C juga cukup tinggi, yaitu 36,7 mg per 100 gram buah hingga mampu mencukupi 61% kebutuhan harian vitamin C. 


Pembaca yang budiman. Kandungan nutrisi yang dimiliki buah blewah sangat bervariasi. Semangkuk buah blewah mengandung antara lain, 3,1 mg beta-karoten; 68 mg vitamin C; 1,3 mg karbohidrat, 494 mg potasium; dan 14 mg sodium.



Pembaca yang budiman. Kandungan vitamin C dalam buah blewah segar seberat itu setara dengan 60 mg vitamin C suplemen. Karena vitamin C sangat mudah rusak dan beraksi dengan udara, maka makanlah blewah segar sesaat setelah dikupas. Bila dikonsumsi segar, buah ini akan sangat membantu mengatasi gangguat kulit. Karena buah blewah kaya sekali vitamin-vitamin, antioksidan, penyegar dan peremaja kulit. 

Apa Manfaat Buah Blewah Bagi Kesehatan ?

1. Menangkal radikal bebas

Pembaca yang budiman. Mengingat kadar beta karoten yang cukup tinggi, buah blewah baik dikonsumsi karena dapat menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung dan kanker. Pembaca yang budiman. Anjuran agar kita mengonsumsi beta karoten sekitar 5-6 mg perhari untuk memelihara kesehatan jantung. Merujuk saran itu, kiranya kita tak butuh langkah rumit untuk mendapatkan asupan beta karoten. Kita cukup mengonsumsi buah bleweh secara rutin dan jantung pun akan tetap sehat terawat. 

2. Menyehatkan Mata 

Pembaca yang budiman. Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin A merupakan cara terbaik untuk selalu menjaga kesehatan mata. Buah blewah juga merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak sehingga sangat baik untuk kesehatan mata, serta kandungan betakarotennya juga mampu untuk mencegah serangan radikal bebas. 

3. Penangkal Insomnia

Pembaca yang budiman. Sifat Sedatif (Obat Tidur) juga dimiliki oleh buah blewah. Manfaat buah blewah yang tidak dimiliki buah pada umumnya adalah kandungan sedatif pada buah dapat membantu mengobati insomnia sehingga penderita insomnia dapat mudah tidur setelah rajin mengonsumsi buah blewah. 

4. Mengembalikan Cairan Tubuh yang hilang

Pembaca yang budiman. Buah blewah mengandung isotonik dan air dalam jumlah yang tinggi. Kandungan isotonik dan air tadi dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang dengan cepat sehingga mencegah dehidrasi. 

5. Menurunkan Tekanan Darah 

Pembaca yang budiman. Bagi penderita hipertensi bisa memanfaatkan buah blewah untuk membantu mengatasi sebab kandungan kalium dan potasium dalam buah blewah mampu mengontrol dan menurunkan tekanan darah.

6. Baik untuk ibu hamil

Pembaca yang budiman. Asam folat merupakan senyawa yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu perkembangan janin supaya lebih sehat. Pembaca yang budiman. Dalam buah blewah terdapat kandungan folat yang cukup sehingga cukup baik dikonsumsi oleh ibu hamil. 

7. Aman dikonsumsi penderita diabetes

Pembaca yang budiman. Buah Blewah merupakan buah yang memiliki kandungan gula alami sehingga sangat aman jika dikonsumsi bagi penderita diabetes. Gula yang dikandung dalam buah blewah merupakan gula fruktosa (lama hancur). 

8. Baik dikonsumsi bagi Penderita radang ginjal

Pembaca yang budiman. Kandungan kalium dalam buah blewah mampu membantu meningkatkan fungsi limpa dan ginjal. Selain itu buah blewah juga baik untuk menurunkan suhu tubuh dan menghilangkan panas dalam. 

9. Aman dikonsumsi penderita hipertensi dan kolestrol

Pembaca yang budiman. Buah blewah tidak memiliki kandungan kolestrol sama sekali. Jadi, ini sangat aman bagi penderita masalah kolestrol dan tekanan darah tinggi.

10. Menjaga kesehatan gusi

Pembaca yang budiman. Vitamin C yang tinggi buah blewah berkhasiat menjaga kesehatan mulut dan gusi.

11. Membantu Pencernaan

Pembaca yang budiman. Konsumsi buah blewah juga membantu pencernaan dan menjaga kesehatan saluran urin termasuk mencegah infeksi pada saluran kemi. Manfaat ini didapat dari kandungan vitamin A dan serat makanan dalam buah blewah. 

12. Batu Ginjal

Pembaca yang budiman. Buah Blewah dapat mengurangi risiko batu ginjal dan tulang keropos

13. Mengatasi Maag

Pembaca yang budiman. Mengkonsumsi Buah blewah secara teratur dapat memperbaiki kurang nafsu makan, maag, dan infeksi saluran kemih.

14. Mencegah kanker rahim

Pembaca yang budiman. Kurang mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seperti beta karoten, vitamin C dan asam folat dapat beresiko terkena kanker rahim. Namun dalam buah blewah kebutuhan anda akan 3 nutrisi tersebut sudah bisa terpenuhi. 


Kesimpulan 

Pembaca yang budiman. Buah blewah diketahui memiliki banyak kandungan gizi mineral dan vitamin serta serat makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Buah blewah mengandung kadar vitamin A yang tinggi, yaitu 3338IU per 100 gram buah sehingga mencukupi hingga 68% kebutuhan harian vitamin A. Kandungan vitamin C juga cukup tinggi, yaitu 36,7 mg per 100 gram buah sehingga mampu mencukupi 61% kebutuhan harian vitamin C. 

Demikian Artikel Tentang Ketahui Kandungan Gizi Buah Blewah dan Manfaat Buah Blewah Bagi Kesehatan
Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

0 Response to "KETAHUI KANDUNGAN GIZI BUAH BLEWAH DAN MANFAAT BUAH BLEWAH BAGI KESEHATAN"

Post a Comment