KANDUNGAN NUTRISI BUAH DELIMA DAN 4 MANFAAT BUAH DELIMA UNTUK KESEHATAN

Assalamu'alaikum Wr.Wb.


Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan Kandungan Nutrisi Buah Delima dan 4 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan. Pembaca yang budiman Buah Delima merupakan anggota familia Punicaceae yang memiliki sejarah etnofarmakologi. Pembaca yang budiman Di Indonesia dikenal beberapa kelompok delima berdasarkan warna buahnya yaitu merah, putih, dan hitam. Sebagai orang yang sering mengonsumsi buah delima hendaknya kita tahu kandungan nutrisi buah delima dan 4 manfaat buah delima untuk kesehatan. 

Apakah Tumbuhan Delima Merah ?

Pembaca yang budiman. Tumbuhan delima merah merupakan semak atau perdu meranggas yang dapat tumbuh dengan tinggi mencapai 5-8 meter. Tanaman Delima berasal dari Persia dan daerah Himalaya yang terletak di selatan India. Tanaman buah delima tersebar mulai dari daerah subtropik hingga tropik , dari dataran rendah hingga ketinggian di bawah 1000 m diatas permukaan laut. 

Pembaca yang budiman. Batang tanaman delima berbentuk kayu ranting yang bersegi, dan percabangan banyak tetapi lemah. Pada ketiak daunnya, terdapat duri. Saat masih muda, warnanya cokelat, dan berubah menjadi hijau kotor setelah tua. Daunnya tunggal dengan tangkai yang pendek dan letaknya berkelompok. Daun delima memiliki bentuk yang lonjong dengan pangkal yang lancip, ujung tumpul, tepi rata, pertulangan menyirip, dan permukaan mengkilap. Panjang daun bisa mencapai 1-9 cm dengan lebar lebar 0,5-2,5 cm.


Apa Saja Kandungan Nutrisi Buah Delima ?

Pembaca yang budiman. Kandungan nutrisi buah delima per 100 g buah terdiri atas air (78 g), protein (1,6 g), karbohidrat (14,5 g), dan mineral (0,7 g). Analisis lain menunjukkan bahwa terdapat kandungan gula inversi (20%), glukosa (5-10%), asam sitrat (0,5-3,5%), dan vitamin C (14 mg/100 g).  Pembaca yang budiman. Sebuah delima mengandung 5 mg kalsium, 12 mg fosfor, 0,5 mg zat besi, 5 mg sodium, 399 mg potassium, sedikit vitamin A,6 mg vitamin C, 2 mg magnesium, serta karotenoid, polifenol, dan flavonoid. 


Apa Saja 4 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan ?

Pembaca yang budiman. Kita jangan hanya tahu buah itu enak , tapi kita juga harus tahu apa saja manfaat dari buah tersebut, berikut manfaat buah delima untuk Kesehatan :

1. Penyedia Antioksidan

Pembaca yang budiman. Sari buah delima (jus), banyak mengandung flavonoid kaya dengan anti karsinogenik, yaitu senyawa antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas di dalam tubuh sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Mengkonsumsi buah delima mampu memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung, kanker kulit, dan kanker prostat. 

Pembaca yang budiman. Antioksidan yang terkandung di dalamnya membantu mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah arteri oleh kolestrol, khususnya bagi mereka yang berisiko tinggi, delima membantu mengatur gula darah, meningkatkan sensitivitas terhadap insulin, mampu melawan peradangan, dan meningkatkan berbagai faktor lain yang terlibat dalam sindrom metabolis yang kerap dikaitkan dengan obesitas dan pemicu diabetes. karena efek ini, delima dapat membantu penurunan berat badan, dan jus delima dapat menyebabkan kematikan sel kanker. 

2. Sebagai Pencegah Kanker 

Pembaca yang budiman. Buah Delima juga dapat mencegah kanker dan penurunan perkembangan kadua jenis kanker kulit, karsinoma sel basal, dan karsinoma sel skuamosa. Pembaca yang budiman. Fitonutrien dan antioksidan yang terkandung dalam buah delima mampu berinteraksi dengan materi genetik tubuh untuk melindunginya. 

3. Penyelamat Ginjal

Pembaca yang budiman. Kenapa Buah Delima dapat menjadi penyelamat ginjal itu karena kandungan antioksidan polifenol dalam delima dapat mencegah terjadinya komplikasi lanjutan bagi penderita gagal ginjal khususnya mereka yang sedang menjalani cuci darah. Pembaca yang budiman bahwa penderita penyakit ginjal yang minum jus delima dapat mengurangi infeksi dan kerusakan sel - sel ginjal yang disebabkan karena radikal bebas. 

4. Sebagai Anti Bakteri 

Pembaca yang budiman. Buah Delima mengandung zat kimia alkoloid dan tannin yang mempunyai sifat anti bakteri dan virus dan dapat menambah kekebalan tubuh. Pada bagian buah termasuk daging buah serta kulit dapat mencegah dan mengendalikan virus dan mikroba patogen dalam darah. 


Kesimpulan

Pembaca yang budiman. Di Indonesia Buah Delima dikenal beberapa kelompok delima berdasarkan warna buahnya yaitu merah, putih, dan hitam. Diantara ketiganya, buah delima merah adalah yang paling terkenal dan mudah ditemui. 

Kandungan Nutrisi Buah Delima adalah Per 100 gram terdiri atas 78 gram, protein 1,6 gram, lemak 0,1 gram, karbohidrat 14,5 gram dan mineral 0,7 gram. 

Demikian Artikel Tentang Kandungan Nutrisi Buah Delima dan 4 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan.
Semoga bermanfaat. 

Wassalamu'alaikum Wr.Wb. 




0 Response to "KANDUNGAN NUTRISI BUAH DELIMA DAN 4 MANFAAT BUAH DELIMA UNTUK KESEHATAN"

Post a Comment