MANFAAT DAN KHASIAT BUAH ATAP (KOLANG-KALING) UNTUK KESEHATAN TUBUH DAN KANDUNGAN BUAH ATAP (KOLANG - KALING)

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan Manfaat dan Khasiat Buah Atap (Kolang-Kaling) untuk Kesehatan Tubuh dan Kandungan Buah Atap (Kolang-Kaling) Pembaca yang budiman. Kolang-kaling (buah atap) adalah nama cemilan kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan. 

Apa Pengertian Buah Kolang-Kaling (Buah Atap) ?

Pembaca yang budiman. Kolang-kaling yang dalam bahasa Belanda biasa disebut glibbertjes ini dibuat dari biji pohon aren (Arenga pinnata) yang berbentuk pipih dan bergetah. Untuk membuat kolang-kaling para pengusaha kolang-kaling biasanya membakar buah aren sampai hangus, kemudian diambil bijinya untuk direbus selama beberapa jam. Biji yang sudah direbus tersebut kemudian direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehingga terfermenfasikan. 


Apa Kandungan Buah Kolang-Kaling (Buah Atap) ?

Pembaca yang budiman. Kolang-kaling memiliki kadar air sangat tinggi, hingga mencapai 93,8% dalam setiap 100 gramnya. Pembaca yang budiman. Kolang-kaling juga mengandung 0,69 gram protein, 4 gram karbohidrat, serta kadar abu sekitar satu gram dan serat kasar 0,95 gram. 

Pembaca yang budiman. Selain memiliki rasa yang menyegarkan, mengonsumsi kolang-kaling juga membantu memperlancar kerja saluran cerna manusia. Kolang-kaling merupakan salah satu buah khas dalam bulan Ramadhan yang disajikan dalam bentuk kolak dan es buah. 


Pembaca yang budiman. Kandungan karbohidrat yang dimiliki kolang-kaling bisa memberikan rasa kenyang bagi orang yang mengonsumsinya. Selain itu juga menghentikan nafsu makan dan mengakibatkan konsumsi makanan jadi menurun, sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet.


Sumber Gambar : antarafoto.com
Pembaca yang budiman. Bentuk dan tekstur buah kolang-kaling ini membuatnya terlihat unit, dan sangat cocok sebagai pelengkap es buah. Selain rasanya yang lezat dan bentuknya yang sangat menarik, juga mempunyai kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Apa Manfaat dan Khasiat Buah Atap (Kolang-Kaling ) untuk Kesehatan Tubuh ?

1. Untuk memperkuat Tulang 

Pembaca yang budiman. Orang-orang sangat rajin untuk mengkonsumsi susu karena kandungan kalsium yang tinggi untuk tubuh, sehingga susu sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh, terutama untuk anak-anak yang memang dalam masa pertumbuhan. 

Pembaca yang budiman. Susu memiliki risiko berupa kalori yang tinggi, sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan juga sangat tidak baik karena dapat membuat tubuh menjadi kegemukan. Pembaca yang budiman. Buah kolang - kaling pada setiap 100 gram kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium, sedangkan susu sapi murni pada setiap 100 gram susu sapi murni mengandung 125 mg kalsium. 


Sehingga dengan mengkonsumsi buah atap (kolang-kaling) bisa dijadikan alternatif yang cukup baik sebagai sumber kalsium selain dari susu. 


2. Sebagai makanan diet 

Pembaca yang budiman. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahlinya, bahwa pada 100 gram buah kolang-kaling ini mengandung hingga 0,69 gram protein, karbohidrat sebanyak 4,0 gram, kadar abu sebesar 1 gram, dan serat kasar sebesar 0,95 gram. 

Pembaca yang budiman. Kadar air pada buah Atap (Kolang-kaling) ini sangat tinggi yaitu hingga 94% yang dengan kadar air tinggi tersebut membuat buah kolang-kaling menjadi sangat segar di tubuh ketika kita mengkonsumsi buah atap (buah kolang-kaling). 

3. Sebagai obat radang sendi

Pembaca yang budiman. Buah atap (buah kolang kaling) memiliki kandungan zat galaktomanan yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan atau minimalnya dapat meredakan penyakit pada radang sendi. 

Dalam proses pengobatan, maka kamu dapat memakan buah kolang-kaling ini sebanyak 100 gram atau lebih sedikitnya pada setiap hanya. Untuk mengkonsumsi buah atap (kolang-kaling) dalam keadaan yang demikian maka disarankan untuk dikonsumsi dengan direbus tanpa memakai segala macam perwarna dan gula. 

4. Buah Atap (Buah Kolang-Kaling) kaya akan kangungan serat

Pembaca yang budiman. Buah kolang-kaling mengandung air dan serat yang cukup banyak, dimana serat ini sebuah zat yang bermanfaat bagi kesehatan penernaan kita, dimana dengannya kita dapat terhindar dari namanya susah buang air besar, sembelit dan bahkan diare sekalipun. 

Pembaca yang budiman. Dengan mengkonsumsi 5 sampai 10 butir kolang-kaling pada setiap harinya, itu sangat berkhasiat untuk memperlancar penernaan kamu, selain itu kolang-kaling juga populer dan sangat baik untuk menjalankan program diet yang sehat. 

5. Buah Atap (Buah kolang-kaling) berkhasiat untuk memperkuat tulang

Pembaca yang budiman. Buah kolang - kaling ini memiliki manfaat dan khasiat untuk memperkuat tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. Dimana didalamnya terdapat kandungan kalsium 91 miligram kalsium untuk tiap 100 gram kolang-kaling. 

6. Kaya akan Kalsium

Pembaca yang budiman. Buah Atap (Buah Kolang-Kaling) yang akan kalsium sangat baik untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya masalah kesehatan tulang, gigi dan persendian tubuh yang tidak dapat berfungsi seperti sedia kala. 

Pembaca yang budiman. Buah kolang-kaling ini dapat di konsumsi sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan kalsium, utamanya untuk sebagian orang yang alergi pada susu sapi. Dengan mengkonsumsi 100-200 gram kolang-kaling dalam sehari, yang tentunya tanpa pemanis buatan ataupun pewarna maka bermanfaat untuk mencegah dan mengobati masalah pada radang persendian. 

7. Melancarkan Penernaan

Pembaca yang budiman. Kandungan serat kasar terkandung pada buah kolang -kaling hingga 39%, dimana ini berkhasiat agar dapat melancarkan penernaan tubuh, kandungan serat disertai karbohidrat yang cukup tinggi membuat kolang-kaling bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. 

8. Sebagai Obat gatal-gatal

Pembaca yang budiman. Buah atap (buah kolang-kaling) memang sudah diragukan lagi sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, akan tetapi getah pada koloang - kaling juga katanya memiliki manfaat untuk dijadikan obat gatal pada tubuh. 

9. Untuk mengatasi masalah perut

Pembaca yang budiman. Buah kolang-kaling dapat mengobati rasa panas di perut. Ketika cuaca panas, maka minuman dengan bahan kolang-kaling mampu menjaga tubuh dehidrasi dan mengatasi ulang mineral yang hilang. Dengan begitu, kolang-kaling cukup efektif dimanfaatkan dalam mengobati masalah pencernaan dan juga penyakit perut lainnya. 


Kesimpulan

Kolang-kaling yang dalam bahasa Belanda biasa disebut glibbertjes ini dibuat dari biji pohon aren (Arenga pinnata) yang berbentuk pipih dan bergetah. Untuk membuat kolang-kaling para pengusaha kolang-kaling biasanya membakar buah aren sampai hangus, kemudian diambil bijinya untuk direbus selama beberapa jam. Biji yang sudah direbus tersebut kemudian direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehingga terfermenfasikan. 

Kolang-kaling memiliki kadar air sangat tinggi, hingga mencapai 93,8% dalam setiap 100 gramnya. Kolang-kaling juga mengandung 0,69 gram protein, 4 gram karbohidrat, serta kadar abu sekitar satu gram dan serat kasar 0,95 gram. 

Demikian Artikel Tentang Manfaat  dan Khasiat Buah Atap (Kolang-Kaling) untuk  Kesehatan Tubuh dan Kandungan  Buah  Atap  (Kolang - Kaling).
Semoga bermanfaat. 

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.


0 Response to "MANFAAT DAN KHASIAT BUAH ATAP (KOLANG-KALING) UNTUK KESEHATAN TUBUH DAN KANDUNGAN BUAH ATAP (KOLANG - KALING)"

Post a Comment