KETAHUI BUAH MARKISA DAN 10 MANFAAT BUAH MARKISA

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas Artikel Tentang Ketahui Buah Markisa dan 10 Manfaat Buah Markisa. Pembaca yang budiman. Buah markisa kita tahu memiliki rasa asam bercampur manis memberikan cita rasa yang nikmat. Pembaca yang budiman. Buah markisa adalah salah satu dari banyak buah yang berkembang di wilayah tropis dan subtropis. Buah ini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan yang sesuai dengan karekteristik pohon ini. Pembaca yang budiman. Kita sebagai orang yang suka mengonsumsi buah markisa hendaknya kita Ketahui Buah Markisa dan 10 Manfaat Buah Markisa.




Ketahui Buah Markisa dan 10 Manfaat  Buah Markisa.  Pembaca yang budiman. Buah markisa banyak juga berkembang di negara kita tercinta Indonesia manfaat buah ini cukup besar sehingga menjadi daya tarik masyarakat untuk mengonsumsi buah ini. Buah markisa memiliki nutrisi berupa vitamin yang sangat tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi sebagai pemelihara daya tahan tubuh. Buah yang memiliki daging berwarna oranye ini mengandung vitamin yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh manusia. Oleh karena itu buah markisa dibutuhkan sebagai sumber pemenuhan kebutuhan vitamin yang ada dalam tubuh manusia. 


Ketahui Buah Markisa dan 10 Manfaat Buah Markisa. Pembaca yang budiman. Buah markisa ada 4 jenis sebagai berikut :

1. Markisa Manis (sweet granadila)

Pembaca yang budiman. Markisa yang berwarna kekuning-kuningan dengan nama latin (Passiflora lingularis) adalah jenis markisa manis (swee granadila), mempunyai bentuk bulat lonjong, buah muda berwarna ungu hijau dan buah masak berwarna kuning tua dengan rasa yang menyegarkan.

2. Markisa Ungu (Purple Passion)

Pembaca yang budiman. Markisa berwarna ungu dengan nama latin (Passiflora edulis var. edulis) adalah markisa masam (purple passion). yang mempunyai bentuk buah bulat lonjong, buah muda berwarna hijau tapi yang masak berwarna coklat ungu, dengan rasa buah asam segar dan beraroma harus. Buah ini dari penyemaian biji sampai dengan panen perdana diperlukan waktu 1,5 tahun untuk di dataran tinggi. 

3. Markisa Kuning (Yellow Granadilla)

Pembaca yang budiman. Markisa Kuning (Passiflora edulis var flavicarpa) adalah jenis markisa masam yang umumnya ditanam didataran rendah hingga menengah, markisa ini mempunyai bentuk bulat lonjong, berwarna kuning ketika telah masak dan berwarna hijau ketika masih muda, markisa ini jarang pemanfaatannya dikonsumsi langsung umumnya diolah menjadi adalah eskrim, serbat, nentar, sari buah, konsentrat, squash, selai, dan jeli. 

4. Markisa Besar (Giant Granadila)

Pembaca yang budiman. Markisa Erbis (Passiflora Quadrangularis) adalah jenis markisa masam yang umumnya ditanam didataran rendah hingga menengah, Markisa ini memiliki volume buah yang lebih banyak, Namun markisa besar justru tidak menarik karena rasa buahnya relatif tawar dengan aroma yang tidak kuat. 


Ketahui Buah Markisa dan 10 Manfaat Buah Markisa.  Pembaca yang budiman. tadi di atas adalah pemaparan jenis-jensi buah markisa. sekarang kita akan bahas 10 Manfaat Buah Markisa.

Berikut 10 manfaat buah markisa :

1. Serat dan Protein

Pembaca yang budiman. Meskipun beberapa orang lebih memilih untuk mengkonsumsi markisa dalam bentuk jus, namun memakannya secara langsung memberikan manfaat gizi tambahan. Secangkir markisa utuh mengandung 24,5 gram serat dan lebih dari 5 gram protein. 

2. Karatenoid

Pembaca yang budiman. Secangkir buah markisa mengandung vitamin A sekitar 25% dari nilai harian yang disarankan. Sangat penting untuk menjaga penglihatan yang baik, kulit yang sehat, pertumbuhan sel dan reproduksi. Markisa mengandung setidaknya 13 karotenoid yang berbeda, termasuk zeta, beta dan alpha karoten, b-cryptonoxanthin dan lycope, semua phytochemical non nutrisi yang mambantu tubuh memproduksi vitamin A. Karotenoid larut dalam lemak, sehingga memungkinkan penyerapan yang lebih baik dari vitamin A. 

3. Antioksidan

Pembaca yang budiman. Buah markisa kaya vitamin C, antioksidan yang melindungi diri dari kerusakan akibat radikal bebas penyebab mencegah penuaan dini dan menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat. Dengan 1 porsi markisa memberikan semua vitamin C yang dibutuhkan setiap hari. Hal ini juga memberi 10% dari folat yang dibutuhkan. 

4. Zat Besi

Pembaca yang budiman. Buah markisa merupakan sumber yang kaya besi tidak hanya itu kandungan vitamin C dari buah markisa juga membantu tubuh menyerat zat besinya. 

5. Mengontrol Tekanan Darah

Pembaca yang budiman. Satu porsi buah markisa setiap hari, dapat memenuhi 1/4 kebutuhan harian kalium. Kalium adalah mineral penting dalam tubuh salah satunya adalah peranannya sebagai vasodilator. Kalium menenangkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Selain itu, kalium diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat dari sel-sel tubuh. 

6. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Pembaca yang budiman. Besi tembaga dan keduanya komponen penting dari produksi sel darah merah, sehingga memperbesar pembuluh darah dan kemudian oksigen bisa mengalir bebas ke daerah - daerah yang diperlukan tubuh, merangsang aktivitas metabolisme dalam semua sistem organ dan meningkatkan produktivitas. 

7. Menyehatkan Pencernaan

Pembaca yang budiman. Buah markisa merupakan sumber serat larut yang baik dalam pulp dan bertindan sebagai pencahar massal, menggerakan makanan melewati saluran pencernaan. Hal tersebut akan mengurangi tanda-tanda sembelit dengan mengatur buang air besar dan gangguan pencernaan lainnya. 

8. Menyehatkan fungsi mata 

Pembaca yang budiman. Vitamin A dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mata, termasuk penceghan makula, katarak, dan kebutaan. Selain itu, tentang penampilan kulit bukan hanya kandungan antioksidan yang tinggi buah markisa yang mengurangi keriput, tapi vitamin A secara langsung khusus berfungsi untuk meningkatkan kesehatan kulit. 

9. Mengoptimalkan Sistem Imunitas

Pembaca yang budiman. Sejak zaman kuno, buah markisa telah dibudidayakan karena dorongan untuk sistem kekebalan tubuh. Penguatan kekebalan tubuh ini adalah karena adanya vitamin C, karoten, dan cryptoxanthin. Bahkan, buah markisa memiliki lebihd ari 100% dari total asupan yang diperlukan vitamin C untuk diet sehat. 

10. Pencegah Kanker

Pembaca yang budiman. Buah markisa juga merupakan sumber yang kuat akan aktivitas anti karsinogenik dalam tubuh. Antioksidan dalam buah markisa terutama menghilangkan radikal bebas, yang menyebabkan kanker. Buah markisa juga mengandung vitamin A, berbagai flavonoid, dan senyawa fenolik, yang semuanya telah dikaitkan dengan sifat anti-kanker, terutama hal kanker mulut dan paru-paru. 

Kesimpulan 

Pembaca yang budiman. Buah markisa banyak juga berkembang di negara kita tercinta Indonesia manfaat buah ini cukup besar sehingga menjadi daya tarik masyarakat untuk mengonsumsi buah ini. Buah markisa memiliki nutrisi berupa vitamin yang sangat tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi sebagai pemelihara daya tahan tubuh. Buah yang memiliki daging berwarna oranye ini mengandung vitamin yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh manusia. Oleh karena itu buah markisa dibutuhkan sebagai sumber pemenuhan kebutuhan vitamin yang ada dalam tubuh manusia. 

10 manfaat buah markisa :

1. Serat dan Protein
2. Karatenoid
3. Antioksidan
4. Zat Besi
5. Mengontrol Tekanan Darah
6. Meningkatkan Sirkulasi Darah
7. Menyehatkan Pencernaan
8. Menyehatkan fungsi mata 
9. Mengoptimalkan Sistem Imunitas
10. Pencegah Kanker

Demikian Artikel Tentang Ketahui Buah Markisa dan 10 Manfaat Buah Markisa.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk pembaca dan penulis khususnya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.




1 Response to "KETAHUI BUAH MARKISA DAN 10 MANFAAT BUAH MARKISA "

  1. Izin ya admin..:)
    Hanya Ada di DEWALOTTO semua bisa jadi jutawan jadi tunggu apa lagi yukkk...
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete