MANFAAT BUAH KECAPI BAGI KESEHATAN TUBUH

Assalamu'alaikum Wr.Wb.


Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas Artikel Tentang Manfaat Buah Kecapi Bagi Kesehatan Tubuh. Pembaca yang budiman. Buah kecapi dalam kehidupan kita sehari-hari mungkin tidak asing lagi karena sering kita menemuinya dijalan - jalan karena sering dijual  . Buah kecapi adalah nama sejenis buah dan juga pohon penghasilnya. Nama lain buah kecapi adalah kechapi (Mai.) Sentol,santol atau wild mangosteen (inggris), dan lain-lain. 

Darimana Asal Mula Kecapi ?

Pembaca yang budiman. Buah kecapi diperkirakan berasal dari Indocina dan Semenanjung Malaya. Berabad - abad silam, tumbuhan buah kecapi ini dibawa dan dimasukkan ke India, Indonesia (Borneo,Maluku,Tapanuli), Mauritius, dan Filipina, di mana buah kecapi ini menjadi populer, buah kecapi ditanam secara luas dan mengalami naturalisasi. 

Sumber Gambar 
sumberharapan.com

Pembaca yang budiman. Buah kecapi banyak ditanam karena rasa manis atau agak masam kulit buah kecapi yang berdaging tebal kerap dimakan dalam keadaan segar atau dimasak lebih dulu, dijadikan manisan. Tidak hanya buahnya, kayu buah kecapi juga digunakan sebagai bahan konstruksi rumah, bahan perkakas atau kerajinan, mudah dikerjakan dan mudah dipoles. 



Ada berapa macam Kecapi ?

Pembaca yang budiman. Kecapi ada dua macam, yakni dengan daun tua sebelum gugur berwarna kuning dan berwarna merah. 

Pembaca yang budiman. Buah kecapi dengan rasa manis atau agak masam memiliki beberapa manfaat. Berikut ini beberapa manfaat buah kecapi bagi kesehatan :

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Pembaca yang budiman. Mengkonsumsi buah kecapi akan menjadikan tubuh senantiasa sehat bebas penyakit hal tersebut disebabkan oleh karena buah kecapi mengandung zat antioksidan dan vitamin C didalamnya. 

2. Menurunkan Kolestrol 

Pembaca yang budiman. Kolestrol merupakan musuh bagi tubuh, karena kolestrol menyebabkan penumpukan lemak yang berakibat pada tersumbatnya aliran darah, akibatnya menghasilkan penyakit-penyakit kardiovaskular seperti stroke dan jantung. 

Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa coba mengonsumsi buah kecapi karena dalam buah kecapi terdapat serat dan senyawa yang disebut pektin. 

3. Mengontrol Gula Darah

Pembaca yang budiman. Bila anda mengalami diabetes tapi anda ingin makan buah yang manis anda tidak usah takut anda bisa mengonsumsi buah kecapi, karena buah kecapi memiliki rasa manis dan aman untuk diabetes anda karena buah kecapi memiliki glikemik yang rendah. 

4. Meminimalisir Resiko Kanker

Pembaca yang budiman. Kanker adalah penyakit mematikan yang disebabkan oleh rusaknya sel tubuh akibat serangan radikal bebas. Anda bisa mencegah penyakit kanker dengan mengkonsumsi buah kecapi karena buah kecapi mengandung zat antioksidan. 

5. Menghindari Osteoporosis

Pembaca yang budiman. Buah kecapi mengandung mineral seperti kalsium dan fosfor. Kalsium dan fosfor efektif merawat kesehatan gigi, termasuk menjaga gigi tetap segar dan menghindari tulang mengalami pengeroposan. 

6. Merawat Kesehatan Usus 

Pembaca yang budiman. Khasiat buah kecapi bagi kesehatan selanjutnya adalah merawat kesehatan usus karena buah kecapi membantu perkembangan bakteri baik dalam usus. 

7. Merawat Kesehatan Mulut 

Pembaca yang budiman. Selain rajin menggosok gigi, cara menjaga kesehatan mulut adalah dengan mengkonsumsi buah kecapi, karena buah kecapi dapat membantu meningkatkan produksi air liur, yang mana air liur berperan untuk mematikan bakteri yang ada di dalam mulut. 

8. Menghindari Obesitas 

Pembaca yang budiman. Bila anda tidak ingin obesitas anda bisa mengonsumsi buah kecapi karena dalam buah kecapi membantu anda melancarkan pencernaan, sekaligus memberikan efek kenyang yang lebih lama sehingga pola makan anda terkontrol. 

9. Mempertahankan Kekencangan Kulit

Pembaca yang budiman. Dalam buah kecapi terdapat vitamin C yang mana manfaat vitamin C bagi kulit adalah untuk mempertahankan kekencangan dan kekenyalan kulit. 

10. Mengobati Alergi 

Pembaca yang budiman. Alergi adalah suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menjadi sangat sensitif terhadap elemen-elemen asing yang masuk ke dalam tubuh, seperti debu atau bahkan makanan. Akibatnya, tubuh akan memunculkan reaksi alergi seperti timbul ruam kemerahan pada kulit, kulit gatal, atau batuk dan bersih. 

Pembaca yang budiman. Alergi tidak benar-benar bisa disembuhkan. Namun, gejalanya bisa diredakan. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah kecapi. Karena buah kecapi mengandung zat asam yang berfungsi meredakan alergi. 

Kesimpulan 

Buah kecapi diperkirakan berasal dari Indocina dan Semenanjung Malaya. Berabad - abad silam, tumbuhan buah kecapi ini dibawa dan dimasukkan ke India, Indonesia (Borneo,Maluku,Tapanuli), Mauritius, dan Filipina, di mana buah kecapi ini menjadi populer, buah kecapi ditanam secara luas dan mengalami naturalisasi. 

Manfaat buah kecapi bagi kesehatan :

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 
2. Menurunkan Kolestrol 
3. Mengontrol Gula Darah
4. Meminimalisir Resiko Kanker
5. Menghindari Osteoporosis
6. Merawat Kesehatan Usus 
7. Merawat Kesehatan Mulut 
8. Menghindari Obesitas 
9. Mempertahankan Kekencangan Kulit
10. Mengobati Alergi 

Demikian Artikel Tentang Manfaat Buah Kecapi Bagi Kesehatan Tubuh. 

Semoga bermanfaat bagi penulis dan pembaca pada umumnya. 

Wassalamu'alaikum Wr.Wb. 





1 Response to "MANFAAT BUAH KECAPI BAGI KESEHATAN TUBUH"


  1. Dewalotto dan hanya dewalotto yang bisa memberi anda pengasilan tambahan dengan bermain bersama kami seru cepat dan havefun lohh...
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete